Pipa Saluran Pembuangan Di Rumah Anda Buntu, Berikut Tips Mudahnya

Tips Mengatasi Pipa Tersumbat - Lagi asik-asik mandi ternyata air dari kamar mandi tidak bisa keluar dengan lancar pada lubang pembuangan, atau lagi nyuci piring di washtafel ternyata air sisa cucian meluber karena saluran pembuangan tidak lancar...

Apakah Anda pernah mengalami saluran pembuangan air tersumbat..? Ya..kondisi seperti ini memang kerap dialami oleh banyak orang, pipa saluran pembuangan kamar mandi atau washtafel buntu. Hal ini sangat membuat tidak nyaman, karena kamar mandi menjadi banjir atau washtafel menjadi meluap...
Bagaimana cara untuk menangani pipa saluran pembuangan di rumah yang mampet ? Jika Anda bertanya pada tukang, maka solusinya adalah langsung dijebol lantainya. Tentu ini sangat tidak ekonomis, Anda akan mengeluarkan uang lebih untuk membayar tukang tersebut. Padahal untuk menangani pipa saluran yang mampet dapat dilakukan dengan mudah..


Tips Praktis, Cara mengatasi pipa saluran air buntu, Solusi mengatasi pipa pembuangan air tersumbat, Mengatasi pipa tersumbat dengan soda api, Mengtasi pipa bundtu dengan baking soda, Soda kue untuk pipa yang buntu, berhasil mengtasi pipa pembuangan air yang tersumbat,


1. Penyebab Pipa Saluran Pembuangan Mampet atau Buntu

Sebelum kita membahas mengenai cara menanggulangi pipa saluran kamar mandi atau pipa pembuangan di rumah yang buntu, kita bahas dulu mengenai penyebab apa saja yang mengakibatkan saluran pembuangan bisa buntu.

Saluran pembuangan bisa buntu karena beberapa hal, diantaranya:
  • Pembuangan sisa makanan ke dalam saluran washtafel, pikirkan kembali untuk membuang sisa-sisa makanan ke dalam saluran pembuangan karena akan menyebabkan pipa tersumbat kotoran.
  • Lemak dan minyak sisa makanan yang tidak dibersihkan, lemak-lemak ini akan membuat pipa menjadi kotor dan berkerak, sehingga akan terjadi penyumbatan jika berlangsung lama.
  • Membuang sampah ke ke saluran kamar mandi seperyi tissue dan lain-lain, ini bisa mengakibatkan aliran air melambat dan lama kelamaan terakumulasi oleh kotoran-kotoran lain yang mengendap sehingga saluran akan buntu.
  • Pada beberapa kejadian di Rumah saya adalah adanya sisa kapur (plamir dinding) yang digunakan untuk melapisi dinding sebelum dilakukan pengecatan. Ini adalah kerjaan tukang yang kurang bertanggung jawab. Sisa kapur yang jatuh ke lanntai dibuang ke lubang pembuangan saat proses pembangunan awal.


2. Cara Mengatasi Pipa Saluran Buangan Air Yang Buntu

Langkah paling baik agar saluran pembuangan air tidak tersumbat adalah berpikir kembali untuk membuang sesuatu ke dalam saluran tersebut, namun jika sudah terjadi buntu maka Anda pun haru smemikirkan cara yang tepat agar tidak terlalu lama terjadi buntu dan genangan air yang berbau tidak sedap.

Cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi Pipa saluran pembuangan air saat buntu dapat dilakukan dengan beberapa metode, berikut tips yang bisa Anda pilih...

Menggunakan Bahan Kimia Untuk Mengatasi Pipa Saluran Pembuangan Air Yang Buntu


Penggunaan bahan kimia ini bertujuan untuk membantu menghancurkan sampah-sampah yang mengakibatkan saluran air tersumbat. Penggunaan bahan kimia paling banyak dilakukan karena dinilai lebih mudah dan cepat.

Bahan kimia yang digunakan adalah Soda Api, bahan ini memiliki sifat basa yang dapat menghancurkan kotoran-kotoran yang terendap di saluran pembuangan air rumah Anda. Untuk mendapatkannya juga terbilang cukup mudah, Anda bisa membeli di toko bangunan di dekat rumah Anda. Bentuk Soda api adalah serbuk kristal.

Bagaimana Cara Menggunakan Soda Api Untuk Mengatasi Saluran Air Yang Mampet atau Tersumbat ?

Tidak perlu khawatir, caranya cukup mudah. Anda hanya perlu menyiapkan soda Api sesuai dengan keinginan Anda (jangan terlalu banyak dan jangan terlalu sedikit).

Siapkan air panas sekitar 1 liter (disesuaikan dengan jumlah soda api), kemudian campurkan soda api ke air panas agar cepat larut. Kemudian tuang ke lubang pipa pembuangan yang tersumbat. Biarkan selama 2-3 jam terlebih dahulu, jangan gunakan untuk mandi atau kegiatan cuci piring agar bahan kimia benar-benar bereaksi.

Setelah itu baru Anda bisa menggunakan seperti biasa, jika pada pemberian pertama belum berhasil. Maka lakukan kembali seperti cara  awal.

Ingat, karena bahannya merupakan bahan kimia. Sebaiknya gunakan sarung tangan dan masker agar tidak terkena kulit secara langsung atau terhirup..


Menggunakan Bahan Alami Untuk Mengatasi Pipa Saluran Pembuangan Air Yang Tersumbat


Penggunaan bahan kimia seperti soda api memang terbilang cukup ampuh, namun karena sifat kimianya dapat mencemari lingkungan dan juga risiko terhadap kesehatan kulit dan pernapasan Anda, maka ada cara yang lebih alami.

Cara ini juga bisa Anda jadikan alternatif solusi untuk mengtasi pipa saluran pembuangan air di rumah Anda, walaupun secara efektifitas lebih cepat menggunakan soda api.

Bahan alami yang digunakan adalah baking soda dan cuka.

ya..bahan pembuat kue ini juga bisa Anda manfaatkan untuk memperlancar saluran pembuangan air yang tersumbat. Namun, penggunaan baking soda untuk memperlancar saluran pembuangan air yang tersumbat ini lebih cocok diterapkan di saluran pembuangan cucian piring (wastafel).

Penasaran bagaimana cara agar pipa saluran tidak tersumbat dengan menggunakan baking soda dan cuka. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan:

  1. Siapkan baking soda, Cuka, dan air panas.
  2. Lalu masukan baking soda secukupnya ke dalam saluran air.
  3. Kemudian siram baking soda tersebut dengan menggunakan cuka. Diamkan beberapa saat hingga cuka seluruhnya masuk ke dalam saluran air (Jika dianggap perlu siram kembali saluran air tersebut dengan cuka).
  4. Tuangkan air panas ke dalam saluran air tersebut. Tunggu hingga air panas mengalir seluruhnya ke dalam saluran.
  5. Setelah itu, siram dengan menggunakan air dingin.
  6. Tutup saluran air dengan alat penutup karet, lalu isi tempat pencuci air tersebut dengan menggunakan air dingin. Biarkan air menggenang di dalam tempat pencuci piring tersebut.
  7. Jika sudah, buka penutup menutup saluran wastafel tersebut. Anda bisa melihatnya langsung, dimana air yang tergenang akan sedikit demi sedikit mengalir ke dalam pipa dan itu tandanya saluran air sudah tidak tersumbat lagi.
  8. Lakukan berkali-kali agar mencegah saluran pipa wastafel buntu kembali

Menggunakan Cara Mekanis Untuk Mengatasi Pipa Saluran Pembuangan Air Yang Tersumbat


Cara ini merupakan solusi terakhir jika usaha-usaha di atas sudah tidak bisa mengatasi pipa saluran pembuangan air yang mampet. Biasanya penyebabnya adalah adanya onggokan material yang keras sehingga tidak mampu hancur oleh bahan kimia dan campuran baking soda dengan cuka di atas.

Cara mekanis ini bukan perarti Anda harus menyewa tukang ledeng untuk membenahi saluran air rumah Anda yang buntu, ini bisa Anda lakukan sendiri.

Namun, sebelum Anda melakukannya sebaiknya Anda tahu terlebih dahulu bagaimana saluran pembuangan air di rumah Anda. Arah dan bentuk pipa pembuangan, dimana ada belokan atau sambungan dengan pipa lain yang potensial tersumbat.

Biasanya penyumbatan terjadi pada persimpangan pipa atau belokan pipa dengan penggunaan elbow atau "T". disanalah biasanya kotoran mengendap sedikit demi sedikit, atau jika ada benda atau bahan sisa pembangunan yang ikut aliran juga akan berhenti di area tersebut.

Berhentinya pengotor inilah yang menyebabkan pipa saluran pembuangan di rumah Anda tersumbat, karena akumulasi rambut atau kotoran-kotoran lain.

Setelah Anda mengetahui dengan pasti dan dapat memperkirakan dimana pengendapan terjadi, maka Anda bisa melakukan perbaikan saluran yang mampet tanpa membongkar lantai.

Cara yang pernah saya lakukan adalah dengan menggunakan besi cor ukutan 6 (yang masih bisa bengkok atau lentur), pada ujungnya saya bengkokkan dan beri kain bekas (ingat, ikat dengan kencang agar tidak lepas di dalam pipa). dan jangan membuat kait terlalu besar, dikhawatirkan sulit keluar karena nyangkut di dalam.

Kenapa harus diberi kain, karena bertujuan agar ujung besi cor tersebut besar dan bisa untuk mendorong kotoran yang menyumbat (Jika kondisi ujungnya tetap lurus, maka hanya akan menusuk kotoran saja tidak bisa mendorongnya).

masukkan besi cor yang telah diberi kain ujungnya ke dalam lubang pembuuangan, lakukan secara hati-hati agar tidak tersangkut di dalam. Setelah dinilai kotoran penyumbat terlepas, lakukan penyiraman dengan air yang banyak dan jika ada gunakan pompa air bertekanan agar lebih bersih.

Cara ini cocok untuk mengatasi pipa saluran air kamar mandi yang tersumbat, karena relatif lurus.

Itulah 3 solusi yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi pipa saluran pembuangan air yang tersumbat, namun sekali lagi bahwa pencegahan memang lebih baik dari pada Anda repot-repot mencari cara untuk mengatasi pipa yang tersumbat tersebut. Pikirkan kembali ketika Anda ingin membuang sampah sisa makanan atau apapun ke dalam saluran pembuangan. Selamat mencoba...dan jangan lupa share Artikel ini.....


EmoticonEmoticon