Tanaman Yang Diabaikan Ini Ternyata Bisa Dijadikan Obat Herbal


Tanaman Herbal Untuk Obat Keluarga - Tanaman Obat Keluarga atau sering disebut dengan Apotek Hidup memang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan keluarga, Tanaman-tanaman herbal ini bisa dijadikan sebagai obat-obatan ketika anggota keluarga Anda ada yang mengalami sakit.

Biasanya tanaman yang dibudidayakan pada apotek hidup atau tanaman obat keluarga (toga) adalah tanaman seperti jahe, kunyit, kumis kucing, temu lawak, lengkuas, dan lain sebagainya. Pada umumnya tanaman ini ditanam pada sebidang tanah di sekitar rumah yang dapat dimanfaatkan sewaktu-waktu untuk pengobatan keluarga.

Tanaman Sayuran, Tanaman Obat Herbal, macam-macam tanaman obat keluarga, Membudidayakan tanaman herbal, Jenis dan manfaat tanaman-tanaman herbal, Sambiloto dan manfaat


Tanaman Obat Keluarga sebagai Obat Herbal - Penggunaan tanaman obat ini sebenarnya sudah dimulai sejak jaman mesir kuno, pada waktu itu banyak masyarakat yang diberi obat dari bawang putih untuk mengatasi penyakit yang berkembang di daerah tersebut. Kebiasaan ini pun diikuti oleh negara-negara lain. Indonesia sendiri mengenal cara pengobatan dengan tanaman herbal sudah sejak lama.

Pada tahun 1888 didirikan Chemis Pharmacologisch Laboratorium sebagai bagian dari Kebun Raya Bogor dengan tujuan menyelidiki bahan-bahan atau zat-zat yang terdapat dalam tumbuh-tumbuhan yang dapat digunakan untuk obat-obatan. Selanjutnya penelitian dan publikasi mengenai khasiat tanaman obat-obatan semakin berkembang.

Berikut beberapa tanaman obat dengan manfaat yang dapat diperoleh:

1. Jahe


Jahe merupakan tanaman yang masuk dalam family Zingiberaceae dan masuk dalam spesies Zingiber Officinale. Tanaman ini banyak kita jumpai hampir diseluruh wilayah di Indonesia karena cara menanam jahe cukup mudah.
 
Ubi atau rimpang jahe memiliki rasa yang pedas dan menghangatkan, tanaman ini banyak dimanfaatkan sebagai bahan minuman penghangat badan. Rimpang jahe berkhasiat untuk membangkitkan nafsu makan, melancarkan ASI, mengobati batuk, perut kembung, mulas, sakit kepala, selesma, dan luka (obat luar).

2. Kencur


Tanaman kencur merupakan jenis tanaman obat yang tergolong dalam jenis temu-temuan (Zingiberaceae). Tanaman ini banyak juga dimanfaatkan sebagai bumbu masakan dan jamu (jamu beras kencur). Kencur (Kaempferia galanga L.) ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, diantaranya:
  1. Mengobati sakit tenggorokan dan batuk
  2. Menghilangkan keluhan perut kembung
  3. Menghilangkan darah kotor
  4. Mengobati diare
  5. Menghilangkan radang lambung.

3. Daun Kumis Kucing

Tanaman Sayuran, Tanaman Obat Herbal, macam-macam tanaman obat keluarga, Membudidayakan tanaman herbal, Jenis dan manfaat tanaman-tanaman herbal, manfaat daun kumis kucing, daun kumis kucing

Daun Kumis Kucing memang dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Daun Kumis Kucing bermanfaat untuk mengobati encok, masuk angi, sembelit, radang ginjal, batu ginjal, kencing manis, reumatik, menurunkan kadar glukosa darah. Kumis kucing juga digunakan sebagai antibakteri.

Untuk menanamnya juga terbilang cukup mudah, tanaman ini dapat tumbuh dengan stek batang. Potong batang kumis kucing lalu tancapkan pada tanah yang lembab.



4. Tanaman Daun Dewa


Tanaman Sayuran, Tanaman Obat Herbal, macam-macam tanaman obat keluarga, Membudidayakan tanaman herbal, Jenis dan manfaat tanaman-tanaman herbal, manfaat daun kumis kucing, daun kumis kucing, Manfaat daun dewa bagi kesehatan
Source : Wikipedia

Jika Anda melihat tanaman ini mungkin Anda tidak akan pernah berfikir bahwa tanaman ini merupakan tanaman obat, Daun Dewa mempunyai nama latin (Gynura divaricata), orang China menyebutnya Samsit. Tinggi tanaman ini sekitar 30-40 cm, merupakan tumbuhan tegak, batang daun pendek lunak berbentuk segi lima, dengan penampang berbentuk lonjong dan berambut pada sisi luar.

Manfaat daun dewa bagi kesehatan adalah:
  • Analgesik (meredakan rasa nyeri)
  • Anti Inflamasi (anti radang)
  • Khasiat daun dewa melancarkan sirkulasi darah.
  • Daun dewa digunakan untuk obat menurunkan tekanan darah tinggi.
  • Khasiat daun dewa mengobati luka memar.
  • Daun dewa sebagai obat pereda rasa nyeri. 
  • Khasiat daun dewa sebagai obat anti radang.
  • Daun Dewa obat untuk menghentikan pendarahan.
  • Khasiat daun dewa sebagai obat meluruhkan kencing. 
  • Daun dewa adalah obat penurun panas. 
  • Khasiat daun dewa sebagai obat kencing manis atau diabetes mellitus.
  • Daun dewa obat pembersih racun dalam tubuh.

5. Belimbing Wuluh

 
Buah belimbing wuluh yang memiliki rasa asam ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, diantaranya : mengobati batuk, mengatasi diabetes, mencegah hipertensi, mengobati sariawan, dan lain sebagainya..


6. Daun Sambiloto

Source : Wikipedia

Daun Sambiloto bermanfaat untuk mencegah pembentukan radang, memperlancar air seni (diuretika), menurunkan panas badan (antipiretika), obat sakit perut, kencing manis, dan terkena racun. Kandungan senyawa kalium memberikan khasiat menurunkan tekanan darah.

7. Lidah Buaya

Tanaman Lidah Buaya (Aloe Vera) merupakan salah satu tanaman yang sering digunakan sebagai bahan penyubur rambut, penyembuh luka, dan untuk perawatan kulit. Lidah buaya juga banyak dibudidayakan sebagai tanaman hias di rumah-rumah. Saat ini tanaman lidah buaya juga banyak digunakan sebagai bahan makanan dan minuman, serta banyak dimanfaatkan sebagai bahan baku kosmetik.
 
Dari berbagai sumber bacaan online, diketahui bahwa lidah buaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Beberapa manfaat lidah buaya bagi kesehatan tubuh diantaranya: Menjaga kesehatan kardiovaskuler, Menjaga daya tahan tubuh, menjadi sumber asam amino, memperlancar sistem pencernaan, dan membantu penderita diabetes..
8. Lengkuas

Lengkuas atau laos (Alpinia galanga) merupakan jenis tumbuhan umbi-umbian yang bisa hidup di daerah dataran tinggi maupun dataran rendah. Umumnya masyarakat memanfaatkannya sebagai campuran bumbu masak dan pengobatan tradisional. Pemanfaatan lengkuas untuk masakan dengan cara mememarkan rimpang kemudian dicelupkan begitu saja ke dalam campuran masakan, sedangkan untuk pengobatan tradisional yang banyak digunakan adalah lengkuas merah. (sumber: Wikipedia).



Tanaman lengkuas yang kerap dijadikan bahan bumbu masakan dan jamu ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan orang yang mengkonsumsinya, diantaranya:
  1. Dapat menurunkan risiko rematik,
  2. Mencegah penuaan dini
  3. Mencegah peradangan di dalam mulut, dan menghilangkan bau mulut
  4. Mengurangi risiko kanker
  5. Menurunkan demam

9. Tanaman Temu Lawak

 
Tanaman Sayuran, Tanaman Obat Herbal, macam-macam tanaman obat keluarga, Membudidayakan tanaman herbal, Jenis dan manfaat tanaman-tanaman herbal, manfaat daun kumis kucing, daun kumis kucing, Manfaat daun dewa bagi kesehatan, manfaat temu lawak bagi kesehatan
Tanaman ini menyerupai Kunyit, bentuk rimpang dan warnanya hampir sama namun rasanya sedikit pahit. Rimpang temulawak mengandung kurkumin yang bermanfaat sebagai acnevulgaris, anti inflamasi dan anti anti hepototoksik. Khasiat temulawak yaitu untuk mengobati sakit limpa, sakit kepala, sakit ginjal, asma, sakit pinggang, masuk angin, sariawan, penambah nafsu makan, sembelit dan cacar air. 
 
Itulah 9 Tanaman yang sering diabaikan namun ternyata memberikan manfaat yang banyak bagi kesehatan tubuh manusia, tanaman-tanaman ini sebaiknya dibudidayakan pada tanaman obat keluarga sehingga bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal ketika anggota keluarga sakit.

loading...

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BijiBersemi.Com

Blog, Updated at: 9:10 PM

0 komentar:

Post a Comment