Berapa Harga Kambing Etawa? Ini Peluang Bisnis Menjanjikan Beternak Kambing Etawa


Harga Kambing Etawa Terbaru Untuk Budidaya - Mungkin Anda sudah membaca Artikel sebelumnya mengenai Kunci Sukses Beternak Kambing Peranakan Etawa, Kambing peranakan etawa memang menjadi primadona di kalangan peternak kambing.. Kambing yang dihasilkan dari persilangan Kambing etawa dan Kambing lokal ini memang masih mewarisi karakter Kambing etawa..

Peranakan etawa bisa menjadi solusi bagi Anda yang ingin membudidayakan Kambing dengan kualitas baik dan harga yang masih terjangkau.. Namun, jika Anda masih berminat untuk beternak Kambing etawa asli karena sudah terlanjur kepincut,, maka Anda harus memperhatikan beberapa hal berikut.

Sumber : budidayaperawatan

1. Bagaimana Cara Untuk Memilih Kambing Etawa Indukan Yang Sehat

Sumber :budidayaperawatan

Langkah awal jika Anda ingin beternak Kambing Etawa adalah dengan memilih Kambing Etawa Indukan..

Tentu cara ini akan sangat memegang peranan yang sangat penting terhadap keberhasilan budidaya kambing,, dengan memilih kambing jantan dan betina yang unggul sebagai indukan akan sangat berdampak pada keturunan yang dihasilkan nantinya...

Untuk memilih Kambing Etawa Pejantan dan Kambing Etawa betina, tentu Anda harus memperhatikan beberpa hal berikut:

Memilih Kambing Etawa Jantan Indukan

Memilih Kambing Etawa Jantan sebagai Indukan harus dilakukan dengan benar-benar, karena gen kambing etawa jantan sangat berpengaruh terhadap keturunan-keturunannya..

Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih Bibit Kambing Etawa Jantan:

Tubuh kambing jantan terlihat sehat, lincah dan aktif
Bulu terlihat sehat, bersih dan mengkilap
Kaki tegap, tidak cacat
Tidak ada cacat atau penyakit kulit (gudik)
Bentuk telinga bagus
Cukup umur, minimal kambing jantan yang baik untuk bibit adalah 1,5 tahun.

Memilih Kambing Etawa Betina Indukan

Untuk memilih kambing etawa betina sebagai indukan, maka perlu memperhatikan hal-hal berikut:
    • Langsung datang ke Peternak Kambing Etawa, Agar Anda bisa mengamati secara langsung baik dari segi fisik maupun keturunan
    • Menyeleksi potensi kemampuan produksi induk (bagi induk yang telah melahirkan) dengan memperhatikan jumlah anak yang dilahirkan dan berat tiap anak. Jika induk belum pernah melahirkan maka dapat melihat dari riwayat induknya (ibunya) dengan kriteria yang telah disebutkan.
    • Perhatikan secara seksama penampilan fisik calon induk dengan memperhatikan: Bentuk tubuh yang bagus seimbang dan tidak cacat; Warna kulit yang cerah; Jumlah gigi lengkap; Tulang (rangka) yang besar; Berat badan yang proporsional dengan fisik kambing (tidak terlalu kurus dan tidak terlalu gemuk).
    • Menilai karakter yang baik yang terlihat dari ekspresi muka yang cerah, tenang dan pandangan mata berseri. Calon betina yang baik bertingkah laku normal dan bersifat keibuan
    • Menilai bentuk tubuh:
    Dari depan: tubuh terlihat besar, kaki lurus, dan jarak antar kakinya lebar
    Dari samping: tubuh terlihat tinggi, panjang, dan dalam
    Dari arah belakang: tubuh terlihat besar, serta kaki belakang memiliki jarak yang lebar dan kuat, tulang rusuk berkembang sehingga dada terlihat luas dan perkembangan daging baik
    Bagian belakang tubuh nampak berat menunjukkan kemampuan kambing mendukung berat air susu.
    Itulah beberapa kriteria yang harus diperhatikan dalam memilih bibit kambing etawa indukan, pemilihan bibit kambing indukan yang tepat akan sangat membantu dalam keberhasilan budidaya kambing etawa.

    2. Bagaimana Cara Melakukan Perawatan Kambing Etawa



    Perawatan Kambing etawa tidak jauh berbeda dengan cara memelihara jenis kambing lainnya seperti peranakan etawa atau kambing lokal. Perawatan yang dilakukan adalah pemberian makanan yang kaya akan nutrisi, vitamin dan mineral yang berguna bagi perkembangan kambing.

    Pemberian pakan kambing etawa dilakukan 2 kali sehari yaitu pagi dan sore hari, pakan yang diberikan adalah pakan hijauan seperti daun nangka, daun lamtoro, kacang-kacangan atau jenis rerumputan lainnya.

    Saat ini juga sudah banyak dijual jenis pakan kambing buatan seperti campuran bekatul dan bungkil-bungkil kacang-kacangan yang dapat dijadikan sebagai pakan alternatif.

    Untuk menjaga stamina kambing etawa tetap bugar, pemberian vitamin hewan juga sangat dianjurkan. Pemberian vitamin dicampurkan pada air minum yang diberikan ke kambing etawa. Jenis vitamin disesuaikan dengan kondisi kambing, banyak jenis vitamin yang terjual di kios-kios.

    Selain itu, perawatan yang sangat diperlukan bagi kesehatan kambing etawa adalah kondisi kandang kambing yang sehat. Kandang kambing yang baik dan sehat merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam budidaya kambing.

    Kandang kambing yang sehat tentu harus mampu memenuhi beberapa kriteria, diantaranya adalah:
    1. Ukurannya mampu menampung populasi kambing yang akan diternak
    2. Tipe kandang, kandang yang baik adalah kandang yang mudah untuk dibersihkan. Yang sangat direkomendasikan adalah kandang jenis panggung.
    3. Arah Kandang, Kandang sebaiknya mendapatkan sinar matahari pagi dan memiliki sirkulasi yang baik.

    3. Manfaat Beternak Kambing Etawa

    Sumber : budidayaperawatan

    Tujuan utama dari beternak tentunya untuk menambah pendapatan rumah tangga, namun masih banyak lagi manfaat lain yang dapat Anda peroleh dari beternak kambing etawa, manfaat tersebut diantaranya:
    1. Beternak dapat dijadikan hiburan tersendiri, terutama ketika melihat ternak-ternak kambing kita sedang makan.
    2. Beternak juga bisa memenuhi kebutuhan daging untuk keluarga, selain itu beternak kambing juga bisa menghasilkan pemenuhan susu.
    3. Kambing etawa juga sangat banyak diikutkan dalam kontes, kambing yang menang tentu akan sangat menjadi kebanggaan pemilik layaknya beternak burung kenari.

    4. Harga Kambing Etawa Terbaru Di Pasaran


    Kambing etawa memang sangat mempesona, kambing yang memiliki postur tubuh tinggi dan telinga yang panjang menjuntai ini cukup menarik untuk dibudidayakan..

    Kambing etawa dipasaran juga terbilang cukup mahal, ini tentu bisa menjadi peluang bisnis yang sangat menjanjikan bagi Anda yang sedang mencari peluang bisnis atau sedang menekuni peternakan.

    Berikut Harga kambing etawa terbaru:
    • Kambing Etawa betina anakan (Kurang dari 7 bulan) berkisar Rp 1.500.000,-
    • Kambing etawa betina siap kawin dengan usia 1 tahunan berkisar Rp 2.500.000,- sampai Rp 3.500.000,-
    • Kambing Jantan anakan (4-5 bulan) berkisar antara Rp 1.500.000,- sampai Rp 2.000.000,- 
    • Kambing jantan siap kawin ( 7 bulan - poel) berkisar antara Rp 2.500.000,- sampai Rp 5.000.000,-
    Cara Beternak Kambing Etawa dan Harga Terbaru - Itulah beberapa pembahasan mengenai peluang bisnis beternak kambing etawa. Jika dilihat dari harganya, budidaya kambing etawa memberikan gambaran betapa bagusnya kambing jenis ini untuk dapat diternak. Tentunya ini akan sangat membantu meningkatkan taraf hidup masyarakat.

    loading...

    Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BijiBersemi.Com

    Blog, Updated at: 10:05 PM

    0 komentar:

    Post a Comment