2 Kunci Sukses Beternak Kambing Perah Dari Peranakan Etawa


Cara Budidaya Kambing Peranakan Etawa Sebagai Kambing Perah - Kambing peranakan Etawa atau sering dikenal dengan sebutan Kambing PE, merupakan jenis kambing yang bisa dipelihara dengan dua tujuan. Tujuan pertama adalah untuk Ternak Kambing Pedaging, dan tujuan ke dua adalah unttuk dijadikan sebagai kambing perahan atau penghasil susu.

Pandangan yang selama ini berkembang di Masyarakat Indonesia adalah peternakan kambing merupakan peternakan yang masih dijalankan di kalangan miskin, beternak kambing merupakan kegiatan yang menyusahkan dan sebagai perusak tanaman.

Namun, perlahan paradigma yang berkembang itu mulai berubah. Beternak kambing mulai dilirik oleh para pengusaha karena memiliki potensi yang besar. Terutama jenis kambing Peranakan Etawa ini.

Ternak Kambing, Peternakan, Beternak Kambing etawa untuk perah susu, Budidaya kambing perah, Budiaya kambing etawa untuk perah susu, Kunci sukses beternak kambing etawa,
Sumber :disnak.kalselprov.go.id
Ternak Kambing Etawa Peranakan - Walau belum ada data yang pasti terkait kebutuhan Susu Kambing di Indonesia, namun peternak kambing mulai merasakan adanya peningkatan permintaan susu kambing terutama di daerah perkotaan. Banyak hal yang tentunya dapat menyebabkan peningkatan permintaan ini, misalnya semakin banyaknya masyarakat yang menyadari begitu banyak manfaat susu kambing bagi kesehatan tubuh.

Susu  Kambing memberikan kelebihan sendiri dibanding dengan susu sapi, susu kambing lebih cepat untuk dicerna dan dapat dikonsumsi oleh semua umur dan bisa menjadi alternatif bagi seseorang yang mengalami alergi terhadap susu sapi.

Selain dapat memberikan tambahan gizi keluarga, memelihara kambing peranakan etawa sebagai kambing perah penghasil susu juga bisa dijadikan sebagai bisnis, harga susu kambing sendiri di pasaran berkisar antara Rp 15.000 - Rp 20.000 per liter.

Untuk Beternak Kambing Peranakan etawa untuk kambing perah yang dimanfaatkan susunya ada beberpa hal yang perlu diperhatikan, yaitu:

1. Pemilihan Bibit Kambing Etawa Peranakan Yang Unggul


Pemilihan bibit memegang peranan yang sangat penting jika Anda memutuskan untuk beternak apapun.

Pemilihan bibit kambing jantan dan betina harus memperhatikan fisik dan faktor keturunan.

Secara fisik bibit kambing harus menunjukkan tanda-tanda bahwa kambing sehat dan lengkap secara fisik (tidak cacat), dan faktor keturunan sangat mempengaruhi tingkat kekerapan beranak atau kemampuan untuk merawat anak.

Untuk lebih jelasnya bijibersemi.com telah membuat Artikel sebelumnya terkait pemilihan indukan kambing yang benar, Anda dapat membaca pada Artikel tersebut (Baca : Perhatikan Hal Ini Untuk Memilih Kambing Indukan).

Pada artikel tersebut dijelaskan ciri-ciri kambing indukan yang sehat baik kambing pejantan dan juga kambing betina.

2. Perawatan Kambing Peranakan Etawa


Perawatan kambing sangat diperlukan agar kondisi kambing PE dapat terus bugar dan menghasilkan susu yang banyak.

Perawatan yang dilakukan dapat dimulai dengan merawat kebersihan kandang setiap saat, ini akan berfungsi mencegah berkembangnya bibit penyakit di sekitar kandang.

Perawatan yang selanjutnya adalah pemberian makanan hijauan yang rutin, Kambing sangat memerlukan asupan makanan yang cukup untuk dapat memproduksi susu dalam jumlah yang banyak untuk medapatkan pakan hijau Anda dapat mecari disekitar tempat tinggal Anda atau Membuat pakan kambing hijauan secara Alternatif.

Kambing perah sangat membutuhkan banyak air untuk menopang keseharianya dan untuk memperoduksi susu. Berilah air minum yang cukup setiap harinya atau Anda dapat menambahkan vitamin sebagai penambah produksi susu kambing.

Untuk dapat terus menghasilkan susu, kambing PE betina harus sering dilakukan perkawinan dengan kambing jantan. Jadi untuk dapat menunjang hal ini, pemilihan bibit kambing betina harus mempertimbangkan tingkat kesuburan sehingga mampu bereproduksi secara rutin.

Lakukan pemerahan susu secara rutin setiap harinya sebanyak 2 kali pada pagi dan sore hari. Pemerahan susu 2 kali sehari akan memberikan dampak positiof pada produksi susu kambing. Kambing yang diperah 2 kali akan menghasilkan produksi susu lebih banyak dari yang sekali perah.

Ingat..Selalu jaga kesehatan kambing. Perhatikan kesehatan kambing setiap harinya..berikanlah makanan yang sehat dan berilah vitamin untuk menjaga kesehatan kambing perah tetap prima.


Anda sudah membaca mengenai 2 kunci sukses dalam beternak kambing etawa untuk kambing perah yang dimanfaatkan susunya. Tentunya perlu ketekunan untuk dapat berhasil beternak kambing peranakan etawa ini. Jika Anda ingin memulai beternak kambing, maka Anda harus menjalaninya sendiri atau paling tidak dapat mengawasi secara langsung agar hal-hal penting yang berdampak pada keberhasilan beternak kambing tidak terlewatkan.

loading...

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BijiBersemi.Com

Blog, Updated at: 10:06 PM

0 komentar:

Post a Comment