Cara Termudah Memelihara Ikan Lele Yang Menguntungkan


Cara Beternak Ikan Lele Di Kolam Terpal - Budidaya ikan lele banyak diminati oleh para petani ikan, hal ini disebabkan karena ikan lele relatif lebih mudah hidup dan perawatannya juga lebih mudah dibanding dengan jenis ikan lainnya. Untuk memelihara ikan lele juga tidak memerlukan lokasi yang luas, jika Anda hanya memeiliki area yang ada di perkarangan rumah, Anda bisa memanfaatkan kolam terpal untuk budidaya ikan lele. Bagi seorang pemula, beternak ikan lele di kolam terpal juga bisa menjadi solusi untuk mempelajari bagaimana cara beternak ikan lele yang baik dan benar. Mengamati bagaimana kebiasaan lele dan cara memberi makan ikan lele yang benar sehingga ikan lele dapat tumbuh dengan baik sebelum memutuskan untuk budidaya ikan lele dalam jumlah yang besar.

Tips Praktis, Peternakan, Ternak Ikan, Cara memelihara ikan lele agar cepat besar, Budidaya ikan lele di kolam terpal, cara merawat ikan lele agar cepat panen, cara memilih bibit lele, tips sukses budidaya ikan lele,


Cara Memelihara Ikan Lele Agar Cepat Besar - Budidaya ikan lele di kolam terpal juga bisa menghasilkan keuntungan bagi siapa saja yang ingin membudidayakan, dengan modal yang lebih murah dapat menghasilkan keuntungan dari penjualan ikan lele. Ikan lele sangat diminati karena rasa daging ikan lele sangat enak terutama untuk ukuran ikan lele yang sedang. Permintaan ikan lele juga banyak terutama untuk warung-warung pecel lele. Selain itu ikan lele juga bisa diolah menjadi makanan olahan lain seperti kerupuk. Jika Anda sudah siap untuk memelihara ikan lele dengan kolam terpal, berikut beberapa langkah yang bisa Anda lakukan :

1. Menyiapkan Kolam Lele Dari Terpal

Keuntungan budidaya ikan lele dengan kolam terpal adalah kolam Anda tidak terpengaruh oleh kondisi tanah, jadi Anda tidak perlu pusing-pusing memikirkan bagaimana tingkat keasaman tanah di lokasi Anda. Berikut beberapa perlengkapan yang pelru disiapkan untuk membuat kolam lele dari terpal:
  1. Terpal ukuran 4 x 6 ( atau sesuai dengan keinginan)
  2. Bambu atau Balom kayu yang dipotong dengan panjang 70 cm (untuk kedalaman kolam 50cm) dengan jumlah 10 buah (untuk 10 tiang), Anda juga bisa menggantinya dengan batu bata atau batako jika Anda memiliki bata bata atau batako.
  3. Bambu panjang yang dibelah menjadi 4 bagian (sebagai penahan terpal di bagian samping jika Anda tidak menggunakan batu bata)
  4. Paku secukupnya
  5. Palu
Cara membuat kolam lele dengan terpal dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut:
  1. Pasanglah tiang-tiang yang tebuat dari kayu tadi dengan ukuran 5 m x 3 meter
  2. Pasanglah belahan bambu pada bagian samping untuk menahan terpal saat diisi air
  3. Pasanglah terpal pada rangka kolam yang telah disiapkan
  4. ikat atau paku terpal pada bagian atas tiang agar membentuk kolam
  5. Isilah dengan air, jangan dulu ditaburi bibit. Anda bisa meletakkan potongan batang pisang agar menghilangkan bau terpal sehingga ikan tidak kaget saat dimasukkan
  6. Biarkan air sampai sekitar 1 minggu sebelum ikan lele dimasukkan


2. Menyiapkan Bibit Ikan Lele



Cara memilih Bibit ikan Lele Yang Baik dan Berkualitas harus dilakukan dengan cara yang benar dan mengetahui kriterianya. Dikarenakan bibit ikan lele yang unggul akan sangat berpengaruh terhadap keberhasilan budidaya lele, selain itu ikan lele yang sehat akan mampu bertahan terhadap lingkungan. Berikut beberapa cara untuk mendapatkan bibit ikan lele yang baik dan benar:
  1. Perhatikan kesehatan fisik ikan lele yang akan Anda jadikan bibit, bibit ikan lele yang sehat akan memiliki bentuk yang proposional, tidak ada goresan cacat atau luka,pergerakannya lincah, dan sungut atau kumisnya berwarna bagus tidak pudar atau pucat.
  2. Perhatikan ikan lele indukan, kualitas bibit ikan lele juga sangat dipengaruhi oleh kualitas indukan. Jika Indukan bibit menunjukkan bibit yang sehat dan unggul maka itu menjadi poin positif bagi bibit ikan yang akan Anda pilih.
  3. Jangan pernah mencampur ukuran bibit yang tidak seragam, hal ini bertujuan agar bibit ikan lele yang kecil tidak dimakan oleh bibit ikan lele yang berukuran lebih besar. Karena ikan lele bersifat kanibal.
  4. Carialh bibit ikan dengan ukuran sekitar 5cm -6cm panjangnya
Itulah beberapa  cara mememilih bibit ikan lele yang baik dan berkualitas

3. Merawat Ikan Lele Agar Cepat Besar


Cara memelihara ikan lele agar cepat besar sangat berpengaruh pada pola perawatan yang baik, bila perawatan yang dilakukan sudah memberikan asupan yang baik bagi ikan lele maka ikan lele akan sehat dan cepat besar sehingga bisa cepat dilakukan pemanenen.
Ikan lele membutuhkan makanan yang banyak, jenis ikan ini terbnilang cukup rakus. Namun Anda harus membatasi pemberian makan pada ikan lele yang ada di kolam Anda. Hal ini dikarenakan agar ikan lele tidak mengalami keracunan. Berilah makan 3 kali dalam sehari yaitu pukul 09.00, 15.00, dan 21.00.
Ikan lele akan cepat besar jika diberi makan dengan bahan uatama pembuatnya adalah daging. Belilah pelet ikan yang terbuat dari bahan daging atau anda dapat memberi ikan lele dengan bekicot, ayam yang dibakar dan lain sebagainya.
Pemberian makan yang bergizi akan sangat cepat membuat ikan lele yang Anda pelihara membesar dan akan segera dipanen. Selain itu untuk menjaga kesehatan ikan lele, Anda juga dapat memberikan vitamin ternak dan ikan yang dapat diperoleh dengan mudah di toko-toko. Pemberian vitamin ternakd an ikan bertujuan agar pertumbuhan bagus dan mengurangi penggunaan pakan.

Perawatan lain yang pelru dilakukan saat budidaya ikan lele adalah dengan melakukan pergantian air, bersihkan kolam dan ganti airnya setiap 1 bulan sekali atau jika anda rajin bersihkan setiap 15 hari. Hal ini bertujuan agar ikan mendapatkan suasana baru dan kondisi air kembali bersih.

4. Masa Panen Ikan Lele

Masa panen ikan lele merupakan bagian yang paling ditunggu dari sekian panjang proses budidaya ikan lele di kolam terpal, setelah melakukan pembuatan kolam ikan dengan terpal, memilih bibit lele, dan melakukan perawatan, maka iakn lele sudah bisa dipanen. Jika Anda beruntung dan menggunakan suplemen atau vitamin khusus ikan maka ikan lele dapat dipanen pada umur 1,5 bulan dari ditebar bibit. Namun pada umumnya ikan lele dapat ditangkan dan dipanen setelah umur 3 bulan dari penebaran bibit.

Itulah beberapa tips cara budidaya ikan lele yang baik dan benar di kolam terpal, cara memelihara yang benar dan perawatan yang baik akan sangat menunjang keberhasilan Anda untuk mendapatkan ikan lele yang cepat besar dan cepat panen. 

loading...

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BijiBersemi.Com

Blog, Updated at: 10:49 PM

0 komentar:

Post a Comment