Bisnis Waralaba (Franchise), Seorang Pemula Jarang Memperhatikan Beberapa Hal ini


Cara Memulai Bisnis Waralaba Bagi Pemula - Bisnis Waralaba (franchise) sudah banyak berkembang baik di Indonesia maupun di dunia, jenis bisnis yang satu ini memang memberikan kemudahan bagi siapapun yang ingin memulai bisnis terutama bagi Anda yang masih memiliki modal yang belum begitu banyak. Selain itu kemudahan yang diberikan dari bisnis waralaba adalah Anda tidak perlu memikirkan konsep dan tidak perlu repot-repot untuk menyiapkan sarana dan prasaranya. Biasanya Franchisor akan memberikan produk sudah lengkap dengan sarana dan prasarananya. Bisnis waralaba sangat cocok bagi Anda yang ingin belajar berbisnis, dengan membeli prosuk franchise dari pemilik produk (franchisor) Anda sudah bisa belajar bagaimana membaca peluang, dan belajar banyak tentang konsep marketing.

Tips Bisnis, Tips Praktis, Cara memulai bisnis Waralaba Bagi pemula, Tips memilih franchise yang benar, langlah dalam memulai franchise, bisnis franschise yang baik


Sukses Dalam Berwaralaba - Tidak ada yang bisa menjamin kesuksesan dalam bisnis apapun, namun dengan Anda memutuskan untuk memulai berbisnis maka Anda sudah memulai langkah untuk mencapaikan kesuksesan dalam berbisnis termasuk bisnis waralaba. Bagi seorang pemula tentunya akan minim pengalaman sehingga banyak yang masih ragu ataupun takut untuk memulai bisnis waralaba terutama ketika menentukan produk apa yang akan dijual dan menentukan franchisor yang  benar-benar bertanggung jawab. Beberapa hal penting ini sering tidak diperhatikan oleh seorang pemula yang ingin berbisnis waralaba:

1. Bagaimana Cara Memilih Franchise Yang Benar


Tips Memilih Franchise Yang Baik dan Benar - Kesuksesan dalam berbisnis Waralaba memang tidak hanya ditentukan oleh franchisor, namun pemilik nama produk ini akan sangat berperan dalam mencapai kesuksesan penjualan produk. Sebelum Anda memutuskan untuk membeli suatu produk dari franchisor, Anda harus benar-benar yakin bahwa franchisor bisa diajak kerjasama sehingga uang yang dikeluarkan sebagai modal tidak sia-sia. Berikut Tips memilih Franchisor yang harus Anda ketahui sebelum memutuskan berbisnis waralaba:

a. Kenali Franchisor Secara Mendalam, 

Tidak ada suatu bisnis yang tidak didasari dengan kepercayaan dan suatu kepercayaan memerlukan integritas. Pahami secara benar silsilah pemilik produk yang akan beli sebagai franchise. Jangan terburu-buru untuk membeli produknya, dengarkan penjelasannya dan jangan pernah percaya dengan brosur atau artikel-artikel di internet.  Jika diperlukan Anda dapat menanyakan dimana saja gerai  yang sudah ada, Anda bisa mencari tahu dari gerai-gerai tersebut bagaimana terkait franchisor, jangan pernah berurusan dengan franchisor yang tidak memberikan support yang baik serta yang terjerat dengan masalah hukum.

Bisnis franchise yang bertahan lebih lama adalah franchise yang membuka gerai (outlet) milik sendiri lebih banyak dibanding gerai yang dimiliki mitranya dalam dua tahun pertama. Biasanya, franchisor berhenti menambah outlet sendiri setelah enam tahun beroperasi. Ini dilakukan agar mereka belajar mengoperasikan outlet-outlet di tempat yang berbeda (gerai mitra).

Anda perlu komitmen yang tinggi saat memutuskan membeli bisnis waralaba. Karena, ada kontrak yang tidak bisa dilanggar saat Anda sudah menandatanganinya. Baca dan pahami kontrak dengan hati-hati. Sebuah waralaba yang baik harus mampu menyediakan franchisee dengan berbagai manfaat dan layanan yang semestinya. Hati-hati pada pemilik franchise yang mencoba membuat keuntungan ekstra dari waralaba dan tidak benar-benar tertarik untuk membantu Anda memulai bisnis kecil.


b. Analisa Kebutuhan Tenaga Kerja,

Pelajari tentang sistem kerja dari produk yang akan Anda beli dari Frinchisor, termasuk jumlah pekerja yang dibutuhkan agar usaha tersebut dapat berjalan dengan lancar. Jika Anda baru memulai suatu bisnis, usahakan jangan memilih waralaba yang memerlukan banyak pekerja. Hal ini dikarenakan modal yang harus Anda keluarkan akan semakin banyak, dan Anda masih belum terbiasa memanage orang. Carilah waralaba yang hanya memerlukan 1 -2 orang sehingga Anda mudah untuk memantaunya. Jika bisnis Anda sudah berkembang maka Anda bisa memikirkan untuk menambah gerai atau tenaga kerja.

c. Analisa Peluang dan Risikonya, Jangan Tergiur Dengan Waralaba Yang Murah 

Hal lain yang penting untuk Anda pertimbangkan sebelum membeli suatu produk waralaba adalah peluang keberhasilan dari produk waralaba yang akan Anda beli. Pelajari secara seksama bagaimana peluang keberhasilannya, Anda dapat melihat catatan jumlah orang yang membeli produk franchise tersebut dan berapa persen yang berhasil. Jika banyak yang tidak berhasil maka Anda harus mengurungkan niat untuk membeli produk waralaba dari Franchisor tersebut.

Jangan pernah tergiur dengan produk franchise yang memberikan harga yang murah, lebih baik Anda memili produk yang sedikit lebih mahal namun banyak pembeli produknya. Produk waralaba yang sudah mapan dan produk yang dijual banyak diminati masyarakat akan memberikan jaminan bahwa bisnis waralaba tersebut akan mampu bertahan lama.

d. Perhatikan Animo Pasar

Jika Anda ingin membeli suatu produk francise maka Anda harus melakukan survey lapangan terhadap produk apa yang banyak diminati atau Anda bisa menganalisa tentang kondisi disekitar Anda. Misalnya di dekat rumah Anda banyak sekolah dan perkantoran, maka Anda bisa membuka gerai franchise yang menjual produk makanan atau minuman.

Jangan pernah terbawa dengan keinginan Anda, hanya karna Anda suka makan kebab terus Anda memutuskan membeli waralaba yang menjual kebab. Perhatikan peluang-peluang yang ada di sekitar Anda, ingat bisnis yang paling baik adalah BISNIS YANG MEMBERIKAN SOLUSI. Cari tahu kebutuhan pasar, kesulitan-kesulitan apa, dan berikan solusi.



2. Cara Memasarkan Produk Waralaba

Faktor terpenting setelah Anda membeli produk waralaba adalah bagaimana Anda memasarkan produk tersebut, berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar produk yang Anda jual bisa laku.

Tips Bisnis, Tips Praktis, Cara memulai bisnis Waralaba Bagi pemula, Tips memilih franchise yang benar, langlah dalam memulai franchise, bisnis franschise yang baik


a. Penentuan lokasi yang dekat dengan konsumen

Menentukan lokasi untuk penempatan gerai waralaba sangat berpengaruh terhadap konversi pembelian, tempat yang paling baim adalah mendekati kumpulan orang yang menjadi tujuan pasar produk yang Anda jual.

Selain itu, penempatan gerai juga harus mudah diakses. Jangan pernah menempatkan gerai dimana calon pembeli susah untuk memarkirkan kendaraanya misalkan di lampu merah, tikungan, dan tempat lain yang menyebabkan calon pembeli dapat mengurungkan niat untuk membeli.

b. Jangan Pernah Membohongi Konsumen

Prinsip penjualan yang benar adalah bagaimana caranya menarik pembeli untuk membeli produk yang Anda jual berkali-kali. Tentunya ini sangat dipengaruhi oleh bagaimana komunikasi penjual dan kualitas produk yang dijual.

Jangan pernah melakukan promosi secara berlebihan yang tidak sesuai dengan kualitas aslinya, promosi yang sensasional memang akan menarik perhatian calon pembeli misalnya dengan meberikan diskon, memberikan gratis ongkir, dan lain sebagainya. Namun ini tidak akan membuat produk Anda dikangenin oleh pembeli.

Lakukan promosi sewajarnya, namun lakukan peningkatan kualitas produk yang Anda jual. Jangan pernah menimbulkan kesan pertama yang buruk kepada konsumen, ingat bahwa promosi yang paling baik dalah "mouth to mouth" atau mulut ke mulut. 

c. Latih Pekerja dan Kenali Produk Yang Anda Jual
Seorang penjual harus mampu mengenali setiap produk yang dijual sampai detil. Hal ini agar seorang penjual tidak kalah pintar dengan konsumen, penjual harus mengetahui kelemahan dan keunggulan produk yang dijualnya. oleh karena itu berilah pelatihan kepada pekerja Anda agar mampu memahami bagaimana produk yang Anda jual dengan baik. Berilah pelatihan bagaimana cara berkomunikasi dengan baik agar calon pembeli bisa betah dan membeli produk Anda berkali-kali.

Itulah beberapa tips bagaimana memulai bisnis waralaba (franchise), cara-cara di atas merupakan sebagian kecil dari cara sukses memulai usaha. Namun yang menjadi kunci ketika Anda ingin berbisnis waralaba adalah bagaimana cara memilih frinchisor yang benar sehingga Anda pun bisa sukses dengan modal yang sudah Anda keluarkan, dan bagaimana cara Anda menarik pembeli sehingga mereka rela untuk membeli produk yang Anda jual berkali-kali.

loading...

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BijiBersemi.Com

Blog, Updated at: 12:09 AM

0 komentar:

Post a Comment