8 Jenis Ikan Hias Air Tawar Yang Cocok Di Aquarium, No 3 Paling Mahal


Jenis Ikan Hias Air Tawar Untuk Akuarium - Indonesia memang memiliki banyak kekayaan alam, salah satunya adalah kekayaan aneka ragam ikan yang tersebar di perairan Indonesia. Kita tidak perlu meragukan kekayaan yang ada di laut Indonesia, banyak negara lain yang ingin mencari keuntungan dari menangkap ikan di laut Indonesia. Pemerintah Indonesia telah berkomitmen menjaga kekayaan yang ada di laut dengan gebrakan-gebrakan yang dilakukan oleh Kementrian Kelautan dan Perikanan.

Namun kali ini kita tidak perlu membahas panjang lebar mengenai kekayaan yang ada di laut Indonesia, karena di perairan tawar pun menyuguhkan keindahan dengan pesona ikan-ikan yang cantik dan lucu. Karena keelokannya, ikan-ikan ini kerap menarik perhatian para penggemar ikan.


Jenis-Jenis Ikan Hias Air Tawar - Namun kali ini kita tidak perlu membahas panjang lebar mengenai kekayaan yang ada di laut Indonesia, karena di perairan tawar pun menyuguhkan keindahan dengan pesona ikan-ikan yang cantik dan lucu. Karena keelokannya, ikan-ikan ini kerap menarik perhatian para penggemar ikan. Ikan-ikan ini memberikan perpaduan warna dan keindahan bentuk tubuh sehingga kerap dijadikan sebagai hiasan di akuarium. 

Selain memberikan keindahan, ikan-ikan indah yang ada di air tawar Indonesia ternyata mampu menghasilkan keuntungan bagi pihak-pihak yang mampu membaca peluang tersebut. Bahkan keuntungan yang dihasilkan bisa puluhan hingga ratusan juga per bulan.

Anda Penasaran dengan jenis ikan seperti apa yang mampu menarik perhatian dan dapat menjadi ladang bisnis yang menguntungkan. Berikut beberapa jenis ikan hias air tawar yang banyak diminati pembeli:

1. Ikan Koi

Ikan Koi, Perikanan, Ternak Ikan, Jenis ikan hias Air Tawar Untuk Akuarium, Ikan koi, Ikan Koki, Ikan Sapu-Sapu, Ikan Arwana, Ikan man fish, Ikan cupang, Macam-Macam Ikan Hias Air tawar

Ikan Koi merupakan jenis ikan yang masuk dalam keluarga Ikan Mas, ikan ini banyak digandrungi oleh orang-orang Jepang. Di Jepang ikan ini dijadikan simbol persahabatan atau simbol cinta.

Jenis ikan koi dibedakan tergantung dari warnanya, polanya, dan ukurannya. Beberapa unsur warnanya adalah putih, hitam, merah, kuning, biru, dan krem. Ikan ini dipercaya sebagai pembawa keberuntungan sehingga banyak dijadikan sebagai ikan hias baik di akuarium maupun di kolam.

2. Ikan Mas Koki


Ikan Mas Koki, Perikanan, Ternak Ikan, Jenis ikan hias Air Tawar Untuk Akuarium, Ikan koi, Ikan Koki, Ikan Sapu-Sapu, Ikan Arwana, Ikan man fish, Ikan cupang, Macam-Macam Ikan Hias Air tawar

Ikan Mas Koki merupakan jenis ikan air tawar dari dari familia Cyprinidae dan ordo Cypriniformes, Ikan mas yang satu ini sangat popular di kalangan pecinta ikan hias aquarium.

Jenis ikan mas yang dijadikan ikan hias sebenarnya memiliki banyak jenis, namun yang paling disukai banyak orang adalah jenis Ikan Mas Koki, bentuk yang pendek atau buntet dengan dua ekor dan kepala yang membengkak.

Jenis ikan ini merupakan jenis ikan yang makan secara terus menerus, pemberian makanan yang berlebihan akan membahayakan bagi ikan. Ikan dapat mati kekenyangan atau keracunan.

3. Ikan Arwana

Perikanan, Ternak Ikan, Jenis ikan hias Air Tawar Untuk Akuarium, Ikan koi, Ikan Koki, Ikan Sapu-Sapu, Ikan Arwana, Ikan man fish, Ikan cupang, Macam-Macam Ikan Hias Air tawar

Ikan Arwana atau sering disebut dengan Ikan Naga adalah ikan air tawar yang dipercaya sebagai salah satu ikan purba yang masih hidup sampai saat ini. Ikan ini bernilai sangat tinggi terutama bagi orang-orang yang sangat percaya dengan feng shui.

Jenis ikan Arwana sendiri ada banyak terutama mengenai warna yang dimilikinya, ada empat varietas warna yang terdapat di lokasi:
  • Hijau, ditemukan di Indonesia, Vietnam, Birma, Thailand, dan Malaysia
  • Emas dengan ekor merah, ditemukan di Indonesia
  • Emas, ditemukan di Malaysia
  • Merah, ditemukan di Indonesia.

4. Ikan Discus


Perikanan, Ternak Ikan, Jenis ikan hias Air Tawar Untuk Akuarium, Ikan koi, Ikan Koki, Ikan Sapu-Sapu, Ikan Arwana, Ikan man fish, Ikan cupang, Macam-Macam Ikan Hias Air tawar

Ikan discus merupakan jenis ikan hias air tawar yang berasal dari perairan amazon, ikan ini menampilkan keindahan bentuk tubuhnya yang tipis dan hampir bulat. Bentuknya yang menyerupai Compact Disk (CD) yang membuat ikan ini sering disebut dengan Discus.

Corak-corak ikan Discus memberikan keindahan tersendiri pada ikan hias ini, sehingga banyak pecinta ikan hias yang kepincut dengan keindahannya. Harga ikan Discud juga ada yang sangat tinggi. Harga per ekor bisa mencapai 100rb - 200rb, cukup lumayan bukan untuk ikan hias yang kecil seperti itu. 

5. Ikan Louhan

Perikanan, Ternak Ikan, Jenis ikan hias Air Tawar Untuk Akuarium, Ikan koi, Ikan Koki, Ikan Sapu-Sapu, Ikan Arwana, Ikan man fish, Ikan Lou Han, Ikan cupang, Macam-Macam Ikan Hias Air tawar

Ikan Lou Han adalah ikan air tawar yang banyak di jumpai di Malaysia dan Taiwan, ikan ini jadi populer karena bentuk dan warnanya yang sangat unit.

Warna ikan Lou Han sangat bersinar dan bentuk kepalanya yang terdapat benjolan membuat ikan ini banyak digemari pecinta ikan hias. Ikan ini juga ternyata mampu bertahan di dalam akuarium.

6. Ikan Cupang

Perikanan, Ternak Ikan, Jenis ikan hias Air Tawar Untuk Akuarium, Ikan koi, Ikan Koki, Ikan Sapu-Sapu, Ikan Arwana, Ikan man fish, Ikan cupang, Macam-Macam Ikan Hias Air tawar

Ikan Cupang merupakan ikan air tawar yang sangat agresif dan cenderung mempertahankan wilayah kekuasaannya, karena sifat yang berkuasa dan agresif ini sehingga ikan ini sering dijadikan sebagai ikan aduan.

Ikan cupang juga sangat kuat dalam bertahan hidup, ikan ini mampu hidup di dalam botol dengan volume air yang minim dan tanpa diberi alat pompa udara untuk sirkulasi. Ikan ini digemari karena bentuk sirip dan ekornya yang indah dengan warna-warna yang cerah.

7. Manfish

Perikanan, Ternak Ikan, Jenis ikan hias Air Tawar Untuk Akuarium, Ikan koi, Ikan Koki, Ikan Sapu-Sapu, Ikan Arwana, Ikan man fish, Ikan cupang, Macam-Macam Ikan Hias Air tawar

Ikan Man fish atau sering juga disebut Angle Fish ini berasal dari Amazon, ikan ini memberikan keindahan dengan bentuknya yang lucu dengan tiga garis melintang pada tubuhnya.

Ikan ini memang terlihat pendiam, namun sebenarnya ikan ini sangar agresif terutama jika sesama ikan manfish jantan. Pergerakannya di akuarium yang sangat indah terutama jika berkoloni, membuat ikan ini banyak digemari oleh pecinta ikan hias di Indoensia.

8. Ikan Sapu-Sapu

Perikanan, Ternak Ikan, Jenis ikan hias Air Tawar Untuk Akuarium, Ikan koi, Ikan Koki, Ikan Sapu-Sapu, Ikan Arwana, Ikan man fish, Ikan cupang, Macam-Macam Ikan Hias Air tawar

Ikan sapu-sapu merupakan jenis ikan air tawar yang terkenal sebagai pemakan lumut dan alga, sehingga ikan ini kerap sekali dipelihara untuk membersihakn lumut-lumut yang ada di akuarium. Ikan ini biasanya dipelihara bersamaan dengan ikan hias lainnya di dalam akuarium.



Itulah 8 jenis ikan hias air tawar yang paling banyak dipelihara di aquarium, tentunya jumlah  ikan di atas masih sangat sedikit. Masih banyak jenis ikan hias air tawar yang dikembangkan di Indonesia. Karena banyaknya permintaan terkait ikan hias ini, banyak pebisnis yang mulai melirik bidang usaha jual beli ikan hias. Keuntungannya pun tidak bisa dianggap sepele, dari bisnis perkembangbiakan ikan hias ini banyak pebisnis yang menjadi jutawan karena keuntungan yang didapat mencapai puluhan juta per bulan. Apakah Anda berminat memelihara ikan-ikan air tawar ini di Aquarium, atau Anda ingin mencoba berbisnis ikan hias?

loading...

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BijiBersemi.Com

Blog, Updated at: 11:12 AM

0 komentar:

Post a Comment