Mudik Dengan Sepeda Motor, Lakukan Tips Ini Agar Tetap Selamat


Cara Aman Mudik Dengan Menggunakan Sepeda Motor - Mudik Lebaran sudah menjadi hal yang tidak bisa ditinggalkan bagi sebagian besar masyarakat Indonesia yang mencari pekerjaan atau bertempat tinggal jauh dari tempat tinggal asal. Kegiatan mudik ini tidak lain bertujuan untuk menjaga agar silaturahmi tetap terjaga, dan menyambut hari lebaran untuk kumpul keluarga besar. Pada saat masa-masa mudik lebaran, tentunya banyak pilihan untuk menggunakan transportasi umum ataupun transportasi pribadi. Namun biasanya penjualan tiket akan melonjak dan banyak pemudik yang tidak sempat kebagian tiket. Hal ini akan menjadikan sebagian orang memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil dan motor.

Tips Mudik Lebaran Menggunakan Sepeda Motor - Bila Anda memutuskan menggunakan Mobil sebagai pilihan, maka Anda harus mencari waktu dan jalur yang tepat agar tidak terjebak macet. Bagi Anda yang tidak memiliki Kendaraan roda empat, maka motor bisa menjadi solusi yang tepat. Selain lebih irit biaya, motor juga lebih gesit untuk menembus kemacetan. Namun Anda juga perlu memperhatikan sisi keselamatan dalam mengemudi agar keselamatan Anda tetap terjaga sampai tujuan. Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar tetap aman saat mudik menggunakan kendaraan roda dua:

Periksa Kelayakan Motor Anda

Pemeriksaan kelayakan kendaraan bermotor menjadi satu hal yang wajib dilakukan agar Motor yang akan Anda gunakan dapat beroperasi dengan baik dan tetap aman ditengah jalan yang ramai. Pemeriksaan dilakukan mulai dari sistem pengereman, Kondisi roda, kondisi lampu-lampu termasuk lampu sign dan lampu rem.


Jika diperlukan lakukan perbaikan dibengkel agar menjamin Motor Anda aman dan tidak mogok saat di jalan. Gantilah oli mesin dan oli gardan (jika matic), periksa juga kekencangan rantai dan kondisi gear.

Periksa Kelengkapan Administrasi

Periksa dengan teliti kembali persyaratan administrasi seperti STNK dan SIM, jangan sampai hal-hal kecil dapat menghambat perjalanan Anda.


Gunakan Helm Yang Standar

Meskipun Anda merasa sudah sangat hafal jalan dan mahir dalam berkendara, tetap gunakan Helm yang standar agar kepala Anda terlindung saat terjadi sesuatu yang tidak Anda inginkan. Kondisi jalan saat mudik tentunya akan lebih ramai dibanding hari biasa, risiko juga akan semakin besar. Mengantisipasi lebih awal dengan menggunakan helm akan lebih baik.



Jaga Kecepatan Dan Tetaplah Waspada 

Gagal dalam mengantisipasi saat kecepatan tinggi menjadi faktor terbesar terjadinya kecelakaan dalam berlalu lintas. Oleh karena itu perlu untuk menjaga laju kendaraan secara tepat yang disesuaikan dengan tingkat kewaspadaan anda. Cara yang paling mudah adalah dengan mengikuti rambu lalu lintas yang terpasang. 



Tingkat kewaspadaan juga akan sangat berpengaruh terhadap terjasinya kecelakaan, perhatikan selalu kaca spion anda setiap 3 menit agar Anda tetap dapat mengantisipasi pergerakan kendaraan lain dari arah belakang. Jika Anda ingin mendahului pastikan menggunakan lampu sign dan lakukan perhitungan yang matang untuk mengantisipasi pergerakan kendaraan yang akan Anda dahului dan kendaraan dari arah depan.

Jangan mendahului kendaraan lain di area dengan marka jalan tidak putus-putus atau pada area tikungan dan kondisi pandangan terhalang. Ini akan sangat membahayakan bagi Anda dan pengemudi lainnya.

Anda Membawa Anak Kecil, Hindari Membawa Anak Kecil Di Depan

Jika Anda mudik dengan keluarga, hindarilah untuk membonceng anak pada bagian depan. Ini akan meningkatkan risiko dan mengganggu kewaspadaan/konsentrasi pengendara. Boncenglah di tengah antara Anda dan penumpang dewasa, hal ini akan sangat membantu terutama ketika anak Anda merasa ngantuk. 

Gunakan Jaket atau Pelindung Udara Dingin

Menggunakan penahan dingin dibagian dada akan membantu Anda agar tetap mampu melanjutkan perjalanan dengan aman dan sehat, terpaan angin saat berkendara juga dapat memicu menurunnya kesehatan Anda terutama ketika anda sudah kelelahan.


Istirahatlah dengan Cukup

Malam sebelum hari keberangkatan mudik Anda, usahakan untuk tidur yang cukup agar stamina Anda tetap terjaga. Dan Istirahatlah saat terasa mengantuk atau lelah ketika mengendari motor. Jika anda berkendara selama 4 jam, lakukan istirahat minimal 15 menit untuk memulihkan stamina Anda. Ingat kondisi tubuh yang lelah akan sangat berpengaruh terhadap konsentrasi Anda dalam mengemudi.

Carilah tempat istirahat yang aman dan ramai agar Anda dapat istirahat dengan baik, disepanjang jalur mudik biasanya akan tersedia posko mudik, gunakanlah tempat itu karena akan lebih aman.

Itulah beberapa tips mudik dengan menggunakan sepeda motor agar tetap aman sampai tujuan, berkendara yang aman (safety riding) akan membantu Anda menghindari kecelakaan dalam berlalu lintas. Selamat hari raya dan selamat berkumpul dengan keluarga..

loading...

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BijiBersemi.Com

Blog, Updated at: 9:43 PM

0 komentar:

Post a Comment