Ingin Rumah Bersih dan Sehat, Ini Tips Yang Harus Dilakukan


Cara Menjaga Rumah Tetap Bersih dan Sehat - Rumah yang bersih, rapi, dan asri memang menjadi idaman bagi semua orang yang sudah berumah tangga, kebersihan dan kerapian rumah dapat menciptakan kenyamanan dan tentunya akan berdampak pada kesehatan sebab rumah yang kotor dan tidak tertata rapi akan menjadi sarang tumbunya penyakit. Perawatan pada rumah sebenarnya bukanlah masalah yang sulit, namun pada beberpa orang hal ini akan menjadi suatu pekerjaan yang berat atau kesulitan dalam menata dan membersihkan rumah karena kesibukan di luar rumah. Untuk merawat dan menjaga rumah Anda tetap bersih, rapi, dan sehat , berikut beberapa tips yang dapat Anda Praktikkan di rumah.

Tips Menjaga Kebersihan Rumah, Tips Menjaga Rumah, Cara membersihkan rumah, Cara menjaga rumah agar rapi dan bersih, Tips Praktis, merawat Rumah yang baik dan sehat,


Penyebab Rumah Jadi Kotor dan Tampak Berantakan - Sebelum membahas mengenai tips cara menjaga rumah agar tetap bersih dan sehat, tentunya kita perlu tahu terlebih dahulu hal-hal yang sering menyebabkan rumah tampak kotor, bau, dan sumpek atau berantakan. Berikut beberapa hal yang tanpa kita sadari sering membuat rumah kita menjadi tidak tertata:

1. Hobi Menyimpan Barang Tanpa Tahu Pasti Keperluannya

Tips Menjaga Kebersihan Rumah, Tips Menjaga Rumah, Cara membersihkan rumah, Cara menjaga rumah agar rapi dan bersih, Tips Praktis, merawat Rumah yang baik dan sehat,

Sebagian dari Anda mungkin tidak sadar bahwa Anda telah memiliki hobi baru yang bisa menjadikan rumah Anda menjadi tidak rapi, yaitu hobi mengumpulkan barang-barang yang sebenarnya tidak terlal Anda perlukan. Anda pasti pernah berfikir "ah..saya simpan dulu, nanti akan saya buat........", padahal sampai beberapa lama ternyata barang tersebut tidak juga Anda gunakan, akhirnya barang-barang tersebut memenuhi ruangan dalam rumah Anda.Itulah hobi yang akan membuat rumah Anda tampak sempit dengan kumpulan barang-barang yang sebenarnya tidak Anda perlukan.

2. Penempatan Barang Yang Tidak Tertata


Tips Menjaga Kebersihan Rumah, Tips Menjaga Rumah, Cara membersihkan rumah, Cara menjaga rumah agar rapi dan bersih, Tips Praktis, merawat Rumah yang baik dan sehat,

Penempatan barang-barang dirumah yang tidak ditata dengan baik tentu akan semakin mengurangi ruang dalam rumah Anda. Dengan kebiasaan Anda mengumpulkan barang-barang yang belum tentu diperlukan, Jika Anda tidak bisa menata barang-barang dengan baik maka rumah Anda tipe 80 pun akan serasa tipe 36, bagaimana jika rumah Anda tipe 36. Namun jika Anda mampu menata barang dan perabotan rumah dengan rapi, rumah Anda akan nampak luas.

3. Kebiasaan Menunda Mencuci Piring Kotor

Tips Menjaga Kebersihan Rumah, Tips Menjaga Rumah, Cara membersihkan rumah, Cara menjaga rumah agar rapi dan bersih, Tips Praktis, merawat Rumah yang baik dan sehat,

Mencuci piring kotor kadang menjadi pekerjaan rumah yang gampang-gampang sulit, terutama jika kondisi Anda sudah kelelahan. Yah itulah satu tantangan untuk menjaga rumah Anda tetap bersih dan sehat, selalu saja ada alasan untuk menunda pekerjaan-pekerjaan rumah. Menunda mencuci piring kotor akan semakin membuat Anda kesulitan karena sisa makanan akan mengering dan menimbulkan bau yang tidak sedap pada rumah Anda. Bau dan sisa makanan tentu akan menarik perhatian hewan-hewan pembawa penyakit seperti nyamuk, kecoa, atau bahkan tikus.


4. Malas Membersihkan Kamar Mandi dan Memberi Disinfektan


Tips Menjaga Kebersihan Rumah, Tips Menjaga Rumah, Cara membersihkan rumah, Cara menjaga rumah agar rapi dan bersih, Tips Praktis, merawat Rumah yang baik dan sehat,

Kamar mandi merupakan bagian rumah yang menjadi tempat berkumpulnya bakteri, jika Anda tidak rajib membersihkan kamar mandi dan memberinya larutan pembasmi bakteri (disinfektan) maka kamar mandi Anda akan tampak kotor dan menjadi tempat berkembangnya bibit penyakit, selain itu secara estetika akan membuat tidak tampak dipandang dan menimbulkan bau yang tidak sedap.

5. Membiarkan Halaman Rumah Rimbun dan Sampah Berserakan


Tips Menjaga Kebersihan Rumah, Tips Menjaga Rumah, Cara membersihkan rumah, Cara menjaga rumah agar rapi dan bersih, Tips Praktis, merawat Rumah yang baik dan sehat,

Halaman rumah merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Rumah Anda, jika halaman rumah Anda banyak ditumbuhi rerumputan yang tidak terkontrol dan banyak sampah yang berserakan tentu akan membuat Rumah Anda tampak kotor dan tidak terawat. Sampah-sampah yang dibuang sembarangan dan juga semak-semak sekitar rumah akan menjadi sarang tumbuhnya bibit penyakit terutama jika menimbulkan genangan air.
 

Cara Merawat dan Menjaga  Rumah Agar Tetap Bersih dan Sehat

Anda sudah membaca hal-hal yang sering menyebabkan rumah Anda tampak kotor dan berantakan, tentu masih banyak lagi hal lain yang bisa menyebabkan rumah Anda menjadi tidak nyaman. Untuk menjaga dan merawat rumah agar tetap bersih, rapi dan sehat sehingga nyaman untuk ditempati, berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan:

1. Pilah-pilah Barang Yang Anda Simpan


Memilah barang-barang yang akan Anda gunakan akan sangat membantu Anda dalam menjaga rumah tetap rapi, bersih dan sehat. Pilahlah barang-barang mana yang memang benar-benar akan Anda perlukan. Bedakan mana barang yang sering digunakan, mana barang yang digunakan dalam waktu dekat, dan mana barang yang akan Anda gunakan masih dalam waktu lama. Ini akan membantu Anda dalam menyusun barang-barang.

Jika ada barang-barang atau sampah yang tidak diperlukan, segera buang agar tidak memenuhi rumah Anda. Jika Anda mendapatkan paket kiriman, jangan sesekali untuk menunda membuang kardus pembungkus paket. Segeralah untuk membuang agar tidak menumpuk di rumah Anda.

2. Tata Perabotan dan Ruang Anda

Jika pada langkah pertama Anda sudah bisa memilah-milah barang-barang Anda, maka pada langkah ke-dua ini Anda diminta untuk menata dengan rapi barang-barang dan perabotan rumah tangga. Penataan ini harus memperhatikan aspek estetika dan luasan dari ruangan, pertimbangkan matang-matang agar ruangan Anda tidak terkesan sempit karena penempatan yang salah.

Penataan perabotan dan ruangan ini juga perlu memperhatikan tingkat keseringan barang-barang atau perabotan itu digunakan (lihat pada langkah 1), sehingga tidak akan merubah penempatan yang telah diatur sebelumnya.

3. Cuci dan Bersihkan Segera, Semakin Ditunda Akan Semakin Malas

Menunda mencuci piring kotor akan menambah Anda semakin terbebani baik karena semakin banyaknya jumlah piring kotor dan juga semakin sulitnya dibersihkan karena sisa makanan sudah mengering. Oleh karena itu, lakukan pencucian segera setelah piring atau gelas Anda gunakan. Hal ini akan lebih baik lagi jika semua anggota keluarga bisa diberi pemahaman untuk langsung mencuci perabotan yang telah mereka gunakan.

Ini juga berlaku untuk pakaian kotor dan juga halaman rumah Anda, jangan menunda untuk membersihkan rumput-rumput liar dan sampah yang berserakan.

4. Letakkan Pada Tempatnya Semula

Seberapa rapi dan tertatanya ruangan Anda tidak akan bertahan lama jika kebiasaan buruk menaruh barang-barang secara sembarangan tidak dihilangkan, ajak semua anggota keluarga untuk membudayakan meletakkan barang-barang yang telah digunakan pada tempatnya semula. Sebagai contoh yang paling sering adalah mainan anak-anak, 5 kali anda rapikan rumah maka 5 kali itu pula anak-anak akan meminta mainannya. 
Anda tidak perlu merasa kesal, karena begitulah anak-anak. Mintalah anak Anda sembari Anda ajarkan untuk menaruh kembali mainannya ke keranjang mainan seperti semula setelah selesai bermain.
5. Jangan Tidur Sebelum Rumah Bersih

Memastikan bahwa semua kondisi rumah bersih sebelum tidur akan sangat menghemat tenaga dan waktu Anda di esok harinya, pastikan wastafel Anda bersih sebelum Anda pergi ke kamar tidur agar besok pagi Anda tidak terburu-buru terlebih jika Anda harus pergi bekerja.
Itulah beberapa penyebab rumah kotor dan tampak kumuh beserta tips cara menjaga dan merawat rumah agar tetap bersih, rapi dan sehat. Seberapa besar usaha yang Anda lakukan hari ini untuk membersihkan dan merapikan rumah harus tetap dijaga kekonsistensiannya agar rumah Anda tetap bersih dan sehat.

loading...

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BijiBersemi.Com

Blog, Updated at: 11:25 PM

0 komentar:

Post a Comment