Tips Jitu Memelihara Burung Kenari Bagi Pemula Agar Cepat Berkicau


Cara Memelihara Burung Kenari Yang Benar - Burung kenari pasti sangat terkenal diantara penggemar Burung Kicau, yah burung kecil ini memang memiliki keunggulan tersendiri tentang kicauannya. Namun bagi Anda yang pemula mungkin akan terasa sulit untuk mendapatkan burung kenari yang cepat berkicau, mungkin Anda akan bertanya-tanya bagaimana cara yang benar untuk memelihara Burung Kenari agar cepat berkicau dan bersuara bagus.

Beternak Burung, Ternak Burung Kenari, Cara merawat burungkenari yang benar, tips agar burung kenari peliharaan cepat berkicau, tips memelihara burung kenari bagi pemula,

Cara Budidaya Burung Kenari - Untuk memelihara Burung kenari diperlukan ketelatenan dan pengetahuan agar burung kenari yang dipelihara dapat memiliki kualitas yang bagus, baik dari segi kesehatan maupun dari segi kicauan. memiliki burung kenari yang hobi berbunyi atau sering disebut dengan gacor tentunya akan sangat memberikan rasa kepuasan tersendiri bagi si pemiliknya, terlebih jika burung kenari yang Anda pelihara suda memenangkan pertandingan, tentu ini akan semakin membuat bangga dan juga akan meningkatkan nilai jual. Untuk mendapatkan burung kenari yang pintar berkicau, berikut beberapa tips bagi pemula untuk merawat dan memelihara Burung Kenari :

Memilih Burung Kenari

Bagi Anda yang masih pemula sebaiknya tidak perlu memelihara burung kenari dari kecil, karena Anda akan sangat kerepotan yang disebabkan pengetahuan mengenai burung kenari masih sangat minim. Belilah burung kenari yang sudah lumayan besar, umur sekitar 4 bulan.

Mengapa Anda harus memilih burung kenari yang sudah agak besar, hal ini dikarenakan agar burung kenari sudah bisa makan sendiri dan Anda tidak perlu melakukan perawatan yang ekstra. Walaupun burung kenari terbilang cukup mudah untuk dipelihara, namun jika Anda masih pemula akan sangat berisiko bagi burung tersebut.

Untuk memilih burung kenari yang bagus sebaiknya Anda perhatikan dengan benar-benar, perhatikan gerakan dari burung kenari pilihan Anda, apakah aktif atau tidak. Setelah itu perhatikan bulu-bulunya, burung yang sehat akan mempunyai bulu yang relatif lebih mengkilap atau subur. Perhatikan juga ukuran tubuhnya, jangan memilih burung yang kurus. Untuk mengetahui burung kenari kurus atau tidak maka Anda harus memegangnya dan perhatikan bagian tubuhnya. Burung yang sehat tubuhnya akan terlihat ideal.

Melakukan Perawatan Yang Benar Pada Burung Kenari agar Cepat Pandai Berkicau (gacor)

1. Pemberian Makanan Burung Kenari

Untuk mendapatkan burung kenari yang cepat berkicau maka perlu diperhatikan asupan makanannya, pemberian makanan yang tepat akan membuat burung kenari menjadi sehat. Berikut beberapa pakan burung kenari yang baik
  1. Berikan pakan biji-bijian seperti biji sawi, canari feed, fumayin, atau biji campuran hyang dijual di toko pakan burung.
  2. Berikan pakan hijau berupa sayuran seperti daun selada, daun sawi, mentimun, paprica, dan jagung muda.
  3. Beri makan telur puyuh minimal seminggu sekali dan berikan juga buah-buahan seperti apel untuk menjaga staminanya.
  4. Pakan Asinan seperti sotong dan kerang laut.
.
2. Perawatan Khusus Agar Burung Kenari Pintar Berkicau

Selain pemberian makanan yang cukup, untuk mendapatkan burung kenari yang pintar berkicau tentunya perlu perlakuan khusus. Melakukan perawatan-perawatan secara rutin terhadap burung kenari akan membuat burung tersebut jinak dan memiliki nyali yang berani sehingga tidak takut saat mengeluarkan suara. Perawatan khusus terhadap burung kenari agar cepat berkicau (gacor) dapat dilakukan dengan beberapa hal ini:
  1. Lakukan penjemuran di bawah sinar matahari pagi, lakukan hal ini sekitar pukul 07.00 pagi. Penjemuran dilakukan sekitar 30 menit sampai 1 jam, setelah itu mandikan burung dengan cara menyemprotkan air dengan spray.
  2. Bersihkan kandang setiap pagi hari dan sore hari agar kandang selalu bersih dan tidak untuk berkembangnya bibit penyakit.
  3. Berikan makan sayur setiap hari dan berikan buah apel minimal 2 x dalam seminggu.
  4. Setelah kandang dibersihkan, lakukan penjemuran kembali selama 1 jam. Yang perlu diingat adalah jangan mendekatkan burung kenari dengan burung jenis lain atau burung kenari lainnya. Hal ini akan menurunkan mental si burung.
  5. Setelah penjemuran selesai, pindahkan kandang burung beserta burung kenari ke teras rumah untuk mendapatkan udara yang sejuk. Biarkan burung dianginkan selama 30 menit.
  6. Lakukan pemasteran (mendengarkan rekaman suara burung) dengan cara menutup kandang dengan kain kerodong (penutup) selama 3 - 4 jam setiap harinya. Setelah itu buka kembali dan biarkan burung tetap di angin-anginkan di teras sampai sore hari. Jangan lupa untuk mengontrol persediaan makanan dan air bersih.
  7. Saat malam hari biarkan burung istirahat, masukkan kandang ke dalam rumah atau tempat yang lebih aman. Anda juga bisa menghidupkan suara pemasteran kembali namun dengan suara yang lebih pelan agar burung tetap dapat istirahat.
Cara Sukses Memelihara Burung Kenari Bagi Pemula - Itulah beberapa tips agar burung kenari peliharaan dapat dengan mudah berkicau, cara perawatan yang benar akan sangat berpengaruh terhadap keberhasilan dalam melatih burung kenari agar cepat berkicau (gacor). Pemberian makan yang benar dan ketersediaan air bersih juga akan sangat mempengaruhi kesehatan burung kenari Anda. Burung kenari yang memiliki suara bagus dan keberanian berkicau tentu daat berpotensi memenangkan lomba, dan harganya akan langsung melambung. Selamat mencoba dan selamat menikmati hari-hari yang penuh keasikan dengan memelihara burung kenari.

loading...

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BijiBersemi.Com

Blog, Updated at: 6:06 PM

0 komentar:

Post a Comment