Membuat Kandang Kelinci Sederhana Namun Sehat


Cara Mudah Membuat Kandang Kelinci Yang Baik dan Benar - Kelinci merupakan salah satu hewan peliharaan yang memiliki tingkat perkembang biakan yang cukup tinggi. Induk Kelinci dapat melaihrkan anak 4 - 8 anak sekali melahirkan, tentunya ini akan sangat mempengaruhi luasan kandang yang akan dibuat. Rasio luasan kandang terhadap jumlah kelinci yang akan menghuni sangat berkaitan erat dengan kualitas sanitasi kandang yang akan berdampak pada kesehatan kelinci. Hewam kelinci juga sangat rentan terhadap serangan penyakit, sehingga perawatannya harus terjaga agar kelinci-kelinci tidak mudah mati. Salah satu usaha yang dapat dilakukan adalah dengan menjaga kebersihan dan kesehatan kandang. Berikut beberapa tips Cara Membuat Kandang Kelinci yang Sederhana dan sehat.

Cara berternak Kelinci, Cara membuat kandang kelinci yang baik dan benar, faktor yang berpengaruh pada kesehatan kandang, Membuat kandang kelinci yang sehat., Peternakan,


Jenis-jenis Kandang Kelinci - Kandang kelinci memiliki beberapa jenis, diantaranya adalah Jenis Postal, Jenis Ranch (terbuka), dan jenis Batery. Penggunaan beberapa jenis kandang kelinci tersebut tentunya dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya jumlah kelinci yang dipelihara dan juga ketersediaan lahan untuk pembuatan kandang.

Jenis Kandang Kelinci Type Ranch (terbuka)

Jenis kandang tipe Ranch (terbuka) merupakan jenis kandang kelinci dengan memberikan kebebasan pada kelinci untuk berkeliaran (diumbar), namun tetap diberi pagar agar kelinci tidak terlalu jauh pergi. Jenis Kandang Kelinci seperti ini cukup sederhana, hanya memberikan pagar keliling dan trumah-rumahan untuk kelinci berteduh.

Cara berternak Kelinci, Cara membuat kandang kelinci yang baik dan benar, faktor yang berpengaruh pada kesehatan kandang, Membuat kandang kelinci yang sehat., Peternakan,
Source: Pinterest.com

Hal yang perlu diperhatikan jika memilih kandang kelinci tipe ini adalah pengaturan drainase, hal ini bertujuan untuk menjaga permukaan tanah agr tetap kering karena kelinci tidak menyukai area yang basah atau lembab. Selain itu untuk menjaga kelinci agar tidak kabur, maka pagar pengaman harus benar-benar kuat, tertancap dalam agar tidak digali oleh kelinci, dan juga cukup tinggi agar kelinci tidak melompat. Ketinggian pagar bisa sekitar 1-1,5 meter dan untuk luasan pagar disesuaikan dengan jumlah kelinci dan ketersediaan lahan.

Jenis Kandang Kelinci Type Postal

Jenis kandang tipe Postal merupakan jenis kandang tertutup, kelinci masukkan dalam kandang dan tidak diberi area untuk beraktifitas secara bebas. Jenis kandang ini biasanya diperuntukkan bagi kelinci yang dibudidaya sebagai kelinci pedaging atau penggemukan, karena dengan sistem kandang postal tidak membuat kelinci banyak bergerak seperti jenis kandang ranch. Pembuatan kandang kelinci jenis postal juga tidak memerlukan lahan yang luas. Pada kandang jenis postal ini biasanya dihuni oleh lebih dari satu kelinci, sehingga perlu diperhatikan rasioa luasan terhadap jumlahnya.

Cara berternak Kelinci, Cara membuat kandang kelinci yang baik dan benar, faktor yang berpengaruh pada kesehatan kandang, Membuat kandang kelinci yang sehat., Peternakan,
source: Petco.com

Kandang Jenis postal bisa diletakkan di indoor maupun di outdoor, jika diletakan di luar ruangan, maka perlu doiperhatikan untuk pemberian dinding agar menjaga kelinci dari hujan dan angin malam yang dingin.

Jenis Kandang Kelinci Type Batery

Jenis kandang batery hampir sama dengan tipe postal, kandang ini tidak memberikan kebebasan pada kelinci untuk berkeliaran. Perbedaan dengan tipe postal adalah pada tipe batery setiap kelinci menghuni pada satu bidakan/kotak. Tipe kandang ini biasanya diperuntukkan bagi kelinci dalam masa penggemukan atau jenis kelinci untuk pedaging. Kelinci tidak terlalu aktif sehingga memudahkan untuk penggemukan.

Cara berternak Kelinci, Cara membuat kandang kelinci yang baik dan benar, faktor yang berpengaruh pada kesehatan kandang, Membuat kandang kelinci yang sehat., Peternakan,


Kandang kelinci tipe batery biasanya dibuat degan sistem panggung bertingkat yang terdiri dari beberapa bidakan/kotak padasetiap tingkatnya. Yang perlu diperhatikan adalah kebersihan dari kandang karena sistem tingkat akan memberikan peluang kandang kotor yang tinggi jika sistem pembuangan kotoran kelinci tidak tertata dengan baik.

FaktorFaktor Yang Mempengaruhi Kesehatan Kandang Kelinci

Memelihara Kelinci memang tidak jauh berbeda dengan cara memelihara jenis hewan ternak lainnya seperti kambing, namun kelinci sedikit lebih manja dibandingkan dengan kambing terutama mengenai kesehatan kandang. Berikut beberpa hal yang perlu diperhatikan agar kandang kelinci tetap sehat bagi Kelinci kesayangan anda:
  1. Kebersihan Kandang, Kandang kelinci harus sering dibersihkan dari sisa makanan dan juga kotoran. Hal ini akan berpengaruh terhadap perkembangan penyakit, kelinci akan mudah mengalami rontok bulu dan gatal . Pembersihan sebaiknya dilakukan secara teratur 2 hari sekali. Pembersihan kandang juga bisa dilakukan dengan mencuci kandang kelinci.
  2. Jenis Lantai kandang, Lantai kandang kelinci sangat berpengaruh terhadap kesehatan kelinci. Jenis lantai yang terbuat dari bambu atau kayu harus dibuat jarak agar kotoran dan kecing Kelinci dapat turun. Jenis lantai kandang yang terbuat dari kawat akan mempengaruhi kesehatan kaki kelinci, untuk menghindari luka atau kelainan pada kaki kelinci sebaiknya sediakan papan atau nampan agar kelinci tidak terus-menerus menapak pada kawat.
  3. Sinar Matahari, Kandang yang sehat merupakan kandang yang memiliki sanitasi yang baik. Kandang kelinci harus didesain agar sinar matahari mampu masuk ke kandang. Jika kandang kelinci diberi dinding, maka yang perlu diperhatikan adalah peletakan kandang harus menghadap matahari pagi. Jika anda memiliki jenis kelinci hias yang diletakkan di dalam ruangan, maka keluarkan kelinci anda secara berkala agar tetap mendapatkan sinar matahari.
  4. Rasio Luasan Kandang terhadap Jumlah Kelinci, memang tidak ada acuan khusus bagi jumlah kelinci dalam satuan luas, Namun untuk menjaga agar kelinci tidak terlalu sesak dalam kandang maka perlu diperhatikan julah maksimum kelinci yang menghuni kandang dalam satuan luasan tertentu. Bisanya 1 kelinci idealnya menghuni kandang dengan ukuran 50cm x 50cm x 50cm. dengan kata lain jika anda memiliki 2 ekor kelinci maka kandang yang dibuat adalah ukuran 1m x 1m x 1m.
Itulah bebebapa tips cara membuat kandang kelinci yang sederhana dan sehat, setelah melihat beberapa tipe kandang kelinci di atas tentunya anda sudah bisa menentukan jenis kandang yang mana yang akan anda gunakan untuk memelihara kelinci yag disesuaikan dengan luasan area dan jumlah kelinci yang akan anda pelihara. Sebelum anda membuat kandang bagi kelinci-kelinci peliharaan, tentunya anda harus membaca lagi Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kesehatan kandang kelinci di atas, lakukan perawatan agar kandang kelinci tetap sehat.

loading...

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BijiBersemi.Com

Blog, Updated at: 6:20 PM

0 komentar:

Post a Comment