Cara Mengobati Penyakit Darah Tinggi Secara Alami


Tips Mengatasi Penyakit Darah Tinggi - Cara mengobati penyakit darah tinggi atau hipertensi merupakan penyakit tekanan darah yang sistolik dan diastoliknya lebih dari 140/90 mm Hg. Sistolik merupakan tekanan darah yang terjadi pada saat jantung menguncup (sistole) sedangkan distolik merupakan kebalikannya yakni ketika jantung mengendor (diastole). Sehingga tekanan sistolik memang akan selalu lebih tinggi dibandingkan diastolik.

Tinggi rendahnya tekanan darah ternyata dapat dipengaruhi oleh beberapa hal diantaranya adalah karena emosi, kegiatan yang sedang dilakukan atau tingkat perkerjaan yang dilakukannya. Ketika Anda berkerja sangat keras dan mungkin dibawah tekanan yang menyebabkan stress maka dapat meningkatkan tekanan darah menjadi lebih tinggi. Berbeda dengan orang yang dalam keadaan santai maka tekanan darahnya pun lebih cenderung normal.


Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara mengobati penyakit darah tinggi secara alami, ada baiknya untuk Anda mengetahui terlebih dahulu tentang penyebab, faktor resiko penderita dan gejala hipertensi atau darah tinggi itu sendiri.

Penyebab Hipertensi atau Darah Tinggi
  • Obesitas, kelebihan berat badan menjadi salah satu penyebab munculnya penyakit darah tinggi.
  • Kurangnya asupan ayur dan buah segar.
  • Kurang berolahraga.
  • Terlalu banyak dan sering mengkonsumsi makanan dengan kadar garam yang terlalu tinggi.
  • Terlalu banyak mengkonsumsi minum-minuman beralkohol dan merokok.
Faktor Resiko Penderita Darah Tinggi
  • Genetik atau faktor turunan atau riwayat kerluarga.
  • Faktor lanjut usia.
  • Hipertensi umumnya banyak terjadi pada orang-orang berkulit hitam.
  • Dibandingkan wanita, penyakit darah tinggi ini banyak diderita oleh kaum pria
Gejala Darah Tinggi atau Hipertensi
  • Sakit kepala
  • Pusing
  • Mengantuk
  • Sulit Bernafas
  • Kebingungan
  • Pandangan menjadi buram atau kabur
Cara Mengobati Penyakit Darah Tinggi Secara Alami


Berikut beberapa bahan alami yang mampu mengobati penyakit hipertensi atau darah tinggi, yakni sebagai berikut :


  1. Mengkudu, dapat Anda konsumsi dengan cara diparut kemudian diperas dan diambil sarinya. Anda dapat meminumnya 2 hingga 3 kali sehari.
  2. Mentimun, dapat Anda konsumsi dengan cara diparut kemudian diperas dan diambil sarinya. Anda dapat meminumnya 2 hingga 3 kali sehari.
  3. Daun Meniran, dapat Anda konsumsi dengan cara digiling halus. Kemudian tambahkan setengah gelas air dan aduk hingga rata, peras lalu saring. Anda dapat meminumnya 2 hingga 3 kali sehari.
  4. Akar Pule Pandak, Anda dapt mempersiapkan 50 gram akar pule pandak, cuci dan potong tipis. Siapkan air dan didihkan bersama potongan akar pule pandak. Anda dapat meminum setengah gelas di pagi hari dan setengah gelas di sore hari. Ramuan ini tidak dianjurkan bagi Anda yang sudah lanjut usia.
  5. Daun Pegagan, Siapkan 20 lembar daun pegagan, didihkan dalam 3 gelas air dan sisakan hingga setengah gelas. Tunggu hingga dingin, saring dan gunakan tiga kali minum.
  6. Asam Trengguli, Siapkan 3 jasri asam trengguli, remas dengan mencampurkan 2 sdm madu. Ambil sarinya saja dengan cara menyaringnya. Anda dapat meminumnya 2 hingga 3 kali sehari.
  7. Rimpang Kunyit, Parut kunyit tambahkan 1 sd madu aduk rata dengan cara diremas. Peras dan saring. Minumlah 2 hingga 3 kali sehari.
  8. Lobak, Perut 1 buah lobah, kemudian peras dan saring. Minum sari lobak tersebut.
  9. Seledri, Batang seledri potong kasar dan didihkan dalam dua gelas air. Biarkan hingga tersisa setengah gelas. Anda dapat meminumnya dua kali.
Nah, demikian informasi mengenai penyakit hipertensi atau darah tinggi beserta cara mengobatinya dengan menggunakan bahan-bahan alami atau herbal yang sudah disediakan alam. Bahan-bahan tersebut tentunya aman dikonsumsi dan tidak menimbulkan dampak atau efek jangka panjang. Semoga informasi mengenai cara mengobati penyakit darah tinggi secara alami di atas dapat bermanfaat bagi Anda para pembaca.

loading...

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BijiBersemi.Com

Blog, Updated at: 11:19 PM

0 komentar:

Post a Comment