Candi Prambanan Yogyakarta - Wisata Candi Yang Eksotik


Tempat Wisata di Jogja - Candi Prambanan atau sering disebut dengan Candi Loro Jonggrang merupakan candi Hindhu yang dibangun sekitar abad ke-9. Candi prambanan kini dijadikan sebagai tempat wisata yang hampir tidak pernah sepi oleh pengunjung. Candi Prambanan terletak di lingkungan Taman Wisata Prambanan, kurang lebih 17 km ke arah timur dari Yogyakarta, tepatnya di Desa Prambanan Kecamatan Bokoharjo. Candi ini sebagian masuk di wilayah Jogja dan sebagiannya lagi masuk kabupaten Klaten.

candi prambanan, prambanan, gambar candi prambanan
Pic/Wikipedia/Candi Prambanan

Nama Prambanan, berasal dari nama desa tempat candi ini berdiri, diduga merupakan perubahan nama dialek bahasa Jawa dari istilah teologi Hindu Para Brahman yang bermakna "Brahman Agung" yaitu Brahman atau realitas abadi tertinggi dan teragung yang tak dapat digambarkan, yang kerap disamakan dengan konsep Tuhan dalam agama Hindu. Pendapat lain menganggap Para Brahman mungkin merujuk kepada masa jaya candi ini yang dahulu dipenuhi oleh para brahmana. Pendapat lain mengajukan anggapan bahwa nama "Prambanan" berasal dari akar kata mban dalam Bahasa Jawa yang bermakna menanggung atau memikul tugas, merujuk kepada para dewa Hindu yang mengemban tugas menata dan menjalankan keselarasan jagat. (sumber : wikipedia)

Untuk mencapai lokasi Candi Prambanan tidaklah sulit, candi ini terletak di pinggir jalan raya Jogja-Solo. Jika anda mengarah menuju Solo dari Jogja, maka candi Prambanan terletak di kiri Jalan. Letaknya pas di lampu merah. Jika anda sedang beruntung, maka anda akan melihat pementasan sendratari Ramayana yang berlatar belakang Candi Prambanan. Namun jika kondisi hujan, biasanya sendra tari akan diadakan di gedung Tri Murti.

Pic/smilejogja/Sendratari Prambanan
Harga tiket open teater / teater terbuka
VIP class seating     IDR 375.000
Special class seating     IDR 250.000
First class seating     IDR 175.000
Second class seating     IDR 100.000


Harga tiket indoor teater/ teater tertutup
Special class seating     IDR 250.000
First class seating     IDR 175.000
Second class seating     IDR 100.000

Harga tiket masuk Candi Prambanan juga tidak terlalu mahal, tiket masuk untuk orang dewasa adalah Rp 30.000,- dan untuk anak-anak usia di bawah 6 tahun adalah Rp 12.000,-.

loading...

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BijiBersemi.Com

Blog, Updated at: 6:18 PM

0 komentar:

Post a Comment