Beternak Kelinci Pedaging Yang Menguntungkan


Cara Memelihara Kelinci Pedaging Yang Baik dan Benar - Kelinci merupakan salah satu jenis hewan herbivora yang memiliki banyak manfaatnya. Kelinci dapat dibudidayakan sebagai Kelinci pedaging dan juga sebagao Kelinci Hias, tentu kedua memiliki keuntungan masing-masing. Jika Anda ingin memlihara kelinci yang diperuntukkan sebagai kelinci pedaging, maka anda perlu merawat dan menggemukkan Kelinci agar memiliki daging yang banyak. Daging Kelinci sudah lama banyak diminati, terutama menu sate kelinci. Biasanya makanan olahan kelinci banyak kita jumpai di daerah dengan suhu yang dingin seperti pegunungan, yah memang hal ini dipengaruhi oleh kemudahan perkembangbiakan kelinci di daerah dengan suhu yang relatif dingin.

Peternakan, Cara berternak Kelinci, Tips peluang usaha beternak kelinci pedaging, Cara agar sukses beternak kelinci pedaging, asumsi peluang usaha kelinci pedaging,


Cara Beternak Kelinci Pedaging Yang Benar - Seperti halnya memelihara Kelinci Hias, budidaya kelinci pedaging pun memerlukan perlakuan yang telaten. Kelinci memang rentan terhadap serangan penyakit terutama jika kebersihan kandang tidak diperhatikan. Berikut beberapa tips cara beternak kelinci pedaging yang baik dan benar:

Memilih Indukan Kelinci

Memilih induk kelinci yang benar menjadi salah satu kunci keberhasilan dalam beternak kelinci pedaging, karena kelinci indukan yang sehat akan menghasilkan anak-naka kelinci yang sehat juga. Untuk usaha ternak kelinci pedaging tentunya perlu diperhatikan juga jenis indukan, kelinci pedaging memiliki banyak ras diantaranya Jenis Californian, New Zealand, Angora, dan masih banyak lagi yang lainnya. Jika anda ingin membeli kelinci untuk pembibitan, maka tanyakan terlebih dahulu jenis kelinci apa yang sesuai dengan kondisi lingkungan tempat tinggal Anda.

Pada artikel sebelumnya Bijibersemi.com telah mengulas tentang bagaimana cara memilih Bibit  Indukan Kelinci yang sehat, ada beberapa ciri-ciri kelinci pejantan dan kelinci betina yang perlu dimiliki agar bibit kelinci merupakan bibit yang sehat dan super.

Membuat Kandang Kelinci

Cara membuat kandang untuk kelinci pedaging sama saja dengan cara membuat kendang kelinci hias dan kelinci peliharaan lainnya, hanya saja kandang kelinci pedaging harus didesain agar kelinci tidak banyak bergerak, tujuannya adalah agar kelinci cepat gemuk. Jenis kandang kelinci untuk pedaging yang tepat adalah Jenis kandang batery, dengan kandang jenis ini kelinci pedaging tidak banyak bergerak dan juga dipisahkan antar kelinci dengan yang lainnya.

Kandang kelinci pedaging harus dipisahkan antara induk dan anaknya, pemisahan sebaiknya ketika anak kelinci sudah berumur 3 bulan. Selain itu kelinci jantan indukan dan kelinci Betina indukan hanya disatukan dalam satu kandang ketika proses perkawinan saja, setelah kelinci betina hamil maka perlu dipisahkan. 

Buatlah kandang kelinci yang memiliki sirkulasi udara baik, namun tetap menjaga kelinci agar tidak keidnginan saat hujan. Kelinci akan berkembang biak dengan baik pada suhu diantara 19 - 22 derajat celcius. Dekat dengan sumber air karena kelinci memerlukan air yang banyak juga.


Masa Perkawinan Kelinci

Jika anda ingin membudidayakan Kelinci maka Anda perlu tahu kebiasaan Perkawinan antara kelinci pejantan dan kelinci betina. Biasanya proses perkawinan kelinci dilakukan pada pagi dan sore hari. Anda harus memastikan bahwa proses perkawinan benar-benar terjadi. Untuk mengantisipasi proses perkawinan yang gagal, maka sebaiknya biarkan perkawinan berlangsung 2 - 3 kali sebelum bibit kelinci jantan dan kelinci betina dipisahkan.

Pada saat proses perkawinan, sebaiknya hanya satu kelinci jantan dan kelinci betina yang dipilih saja yang disatukan dalam satu kandang. Agar mudah diidentifikasi kelinci betina mana yang sudah dibuahi.

Proses perkawinan indukan kelinci sudah bisa dilakukan pada Usian Kelinci sudah mencapai 6 bulan, usia ini adalah usia yang sudah matang dan kelinci betina sudah memiliki sifat mengasuh. Untuk kelinci pejantan biasanya sudah bisa membuahi pada umur 5 bulan, namun sebaiknya pasangkan kelinci jantan yang baru pertama kali akan membuahi dengan kelinci betina yang sudah pernah melahirkan sebelumnya agar tidak terlalu sulit untuk proses perkawinannya.

Merawat Anak Kelinci

Induk betina kelinci akan mengandung anaknya sekitar 1 bulan, pada masa kehamilannya sebaiknya pisahkan dengan kelinci lainnya. Satu induk kelinci biasanya mampu melahirkan anak minimal 4 anak, oleh karena itu perlu perawatan khusus agar kelinci betina mampu memenuhi gizi bagi anak-anaknya.

Sediakan kotak yang dilapisi dengan jerami untuk menjaga anak kelinci agar tidak kedinginan dan membuat induk kelinci lebih  nyaman dalam menyusui.

Berilah makanan yang teraturdan bersihkan kandang secara berkala agar bibit penyakit tidak banyak berkembang di kandang. Pada usia anak kelinci dibawah 3 tahun biasanya sangat rentan terhadap serangan penyakit dan mudah mati, oleh karena itu kebersihan kandang harus sangat diperhatikan.

Bagaimana mengantisipasi jumlah anak kelinci yang terlalu banyak saat lahir?

Memang ini menjadi tantangan bagi seseorang yang ingin membudidayakan kelinci, biasanya kelinci mampu melahirkan anak sampai 8 ekor atau bahkan lebih padahal jumlah susu induknya tidak mencukupi. Untuk mengantisipasi hal tersebut sebaiknya titipkan sebagian anak kelinci ke kelinci lain yang juga sedang menyusui.

Asumsi Peluang Bisnis Beternak Kelinci Pedaging

Jika anda mencari peluang usaha yang dapat dilakukan di rumah, maka Anda perlu melirik jenis usaha budidaya kelinci pedaging. Untuk asumsi peluang bisnis kelinci adalah sebagai berikut:

Modal Awal

Membuat kandang Kelinci : Rp 1.500.000,- (akan lebih murah jika dibuat sendiri dan bahan sudah tersedia)
Bibit Kelinci  : 10 Betina x @ Rp 50,000,- = Rp 500.000,-
Bibit Kelinci  : 2 Jantan x @ Rp 60.000,- = Rp 120.000,-
Pakan : Rp 0 (cari rumput sendiri)

Modal Awal : Rp 2.120.000,-

Penjualan Kelinci

Jika diasumsikan setiap kelinci mampu menghasilkan 4-5 anak setiap bulannya, maka :

Jumlah Anak : 10 betina indukan x 5 anak /induk = 50 Anak per bulan
Harga Jual : Rp 50.000,-/ekor

Pendapatan perbulan : 50 x 50.000,- = Rp 2.500.000/bulan

Jika melihat pada asumsi di atas maka modal Anda usaha sudah akan balik pada bulan pertama penjualan.

Itulah beberapa tips cara beternak kelinci pedaging, jika melihat perhitungan di atas tentunya peluang usaha beternak kelinci pedaging cukup menggiurkan. Bisa menjadi solusi bagi tambahan uang keluarga, dengan modal yang kecil sudah bisa mendapatkan income yang teratur setiap bulannya.

loading...

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BijiBersemi.Com

Blog, Updated at: 6:17 PM

0 komentar:

Post a Comment