8 Tips Kesehatan Wanita Hamil Yang Bisa Diterapkan Di Rumah


Tips kesehatan wanita hamil berikut ini bisa diterapkan di rumah dan pastinya saat dilakukan tips-tips tersebut bisa membantu Anda menjaga kesehatan janin maupun diri pribadi.

1. Istirahat cukup

Pada saat Anda dinyatakan hamil, pastikan Anda mampu mengatur pola tidur agar waktu istirahat yang Anda miliki cukup untuk perkembangan janin. Dengan istirahat cukup, bioritmik atau proses metabolisme tubuh selama hamil tetap teratur dan asupan nutrisi untuk janin akan terpenuhi dengan baik. Pada kehamilan trimester pertama, jangan memforsir diri sendiri untuk begadang karena hal tersebut secara tidak langung bisa mengakibatkan perkembangan janin terganggu dan meningkatkan prosentase peristiwa keguguran.

Tips Kesehatan, Tips menjaga Kehamilan tetap sehat, Tips Kesehatan Ibu Hamil, Cara menjaga kesehatan kandungan, Tips kesehatan bagi ibu hamil,


2. Mengkonsumsi makanan bergizi

Pada saat Anda hamil, atur pola makan Anda sejak trimester pertama. Tak ada salahnya Anda berkonsultasi pada ahli kandungan maupun ahli nutrisi untuk menentukan menu yang boleh Anda makan dan yang tidak. Namun demikian, pastikan asupan makanan yang Anda dapat per harinya seimbang antara karbohidrat, protein, mineral, dan vitamin.

3. Mengatur posisi hubungan Badan

Meski Anda hamil, ada waktu dimana Anda masih diperbolehkan melakukan hubungan badan, misalnya saja pada trimester pertama. Namun hendaknya Anda memilih posisi yang aman agar perkembangan janin dalam rahim tidak terganggu. 

4. Kenali Risiko Penyakit Menular

Satu hal yang perlu diperhatikan oleh seorang wanita hamil yaitu resiko penyakit yang mungkin diturunkannya pada janin ketika wanita yang bersangkutan dinyatakan hamil. Sebagai contoh ketika ada seorang wanita yang didiagnosis menderita diabetes, darah tinggi, atau bahkan AIDS, maka dirinya harus berkonsultasi pada ahlinya untuk mengetahui tindakan pengobatan maupun teknik minimalisir penularan penyakit yang mungkin akan membahayakan kesehatan janin. 

5. Konsultasi kehamilan pada ahlinya

Pada saat Anda dinyatakan hamil, lakukan konsultasi secara berkala pada dokter kandungan atau bidan yang umumnya dilakukan setiap sebulan sekali atau menjadi 2 minggu sekali menjelang proses persalinan. Konsultasi tersebut berguna untuk mengetahui perkembangan janin sekaligus menjaga agar janin tetap tumbuh sehat dan kuat sebelum dilahirkan.  

6. Menghindari stres

Meski Anda adalah seorang wanita karir, pada saat Anda hamil akan lebih baik jika Anda mrnghindari stres. Hal ini karena stres fisik maupun psikis yang dialami sang ibu sedikit banyak akan berpengaruh pada perkembangan janin didalam rahim. Janin akan merasa gelisah dan sedih, ketika sang ibu juga sedang dalam keadaan tertekan dan bila hal ini terjadi penyerapan nutrisi untuk penyempurnaan organ janin akan berlangsung lambat. Dalam upaya menghindari stres, Anda tetap harus mendapat dukungan penuh dari pasangan dan lakukan kegiatan yang membuat Anda senang seperti menonton film, berkebun, atau kegiatan lainnya.

 7. Menghindari Makanan Tertentu

Pada saat Anda hamil, selain mengkonsumsi makanan yang bergizi tinggi, Anda juga harus tahu jenis makanan apa saja yang harus dihindari. Dengan demikian, pola makan Anda akan terasa lebih teratur dan sehat. Adapun jenis makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi selama hamil adalah makanan yang mengandung kafein dan alkohol, keju putih, makanan junk food, makanan yang diolah setengah matang atau mentah yang tidak diperhatikan proses pencuciannya, serta makanan yang mengandung pengawet.

8. Olahraga Teratur

Pada saat Anda dinyatakan hamil, jangan lupa untuk tetap melakukan olahraga dengan intensitas yang tidak lebih berat dibanding saat biasa. Anda bisa melakukan olahraga yoga, berenang, atau senam kehamilan selama 30 menit per hari untuk mengobati stres sekaligus melancarkan peredaran darah. Pada saat peredaran darah lancar, secara tidak langsung penyerapan nutrisi makanan bisa berlangsung lebih cepat. Semoga berbagai tips kesehatan wanita hamil diatas bisa Anda terapkan tanpa masalah.

loading...

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BijiBersemi.Com

Blog, Updated at: 10:42 PM

1 komentar: