Makanan Ini Cocok Untuk Penderita Penyakit Kolesterol Tinggi


Makanan Untuk Penderita Kolestrol - Bagi Anda yang menderita kolesterol tinggi, tentunya pola makan akan sangat menjadi perhatian Anda. Akan ada beberapa pantangan memakan makanan tertentu dan hanya mengkonsumsi makanan-makanan untuk penyakit kolesterol saja. Ternyata mengkonsumsi makanan cepat saji atau junk food dapat menyebabkan peningkatan kadar kolesterol dalam tubuh. Kolesterol tinggi tersebut jika terus Anda biarkan maka kemungkinan terburuk adalah Anda dapat menderita penyakit seperti stroke, penyakit jantung dan beberapa penyakit lainnya.

Tips Kesehatan, Makanan untuk orang yang punya kolesterol tinggi, cara memilih makanan untuk penderita kolesterol, jenis makanan yang cocok untuk penyakit kolesterol,

Nah, jika Anda sudah terlanjur menderita kolesterol tinggi maka alangkah baiknya jika Anda menjaga pola makan Anda dengan mengkonsumsi makanan-makanan sehat dan menghindari beberapa makanan yang dapat memicu peningkatan kadar kolesterol dalam tubuh. Berikut akan kami bahas mengenai beberapa makanan sehat yang dapat dikonsumsi khususnya bagi penderita kolesterol.


Apa Makanan Yang Cocok Untuk Penyakit Kolesterol ?

Jika Anda sudah menjadi penderita kolesterol maka alangkah baiknya Anda perlu menurunkan kadar kolesterol serta tetap menjaga kadar kolesterol tersebut. Hal tersebut tentu sangat berguna karena Anda dapat menghindari terjadinya penyakit-penyakit lain karena kolesterol tersebut. Berikut makanan yang baik untuk dikonsumsi khususnya penderita kolesterol, yaitu :


1. Sayuran dan Buah

Sayuran dan buah merupakan jenis makanan yang mengandung lemak jenuh yang rendah. Anda dapat memilih sayur dan buah yang mengandung banyak serat seperti pir, ubi, brokoli, terung, apel dan masih banyak lagi.

2. Makanan yang mengandung kacang kedelai

Makanan yang mengandung kacang kedelai diantaranya seperti tahu, sari kedelai, puding kedelai tanpa gula dan semacamnya. Kedelai mengandung banyak protein yang berfungsi mengurangi kadar kolesterol dalam darah.

3. Konsumsi kacang-kacangan

Kacang-kacangan yang mengandung banyak vitamin E, protein, magnesium, kalium, lemak tak jenuh dan serat. Nutrisi-nutrisi tersebut dapat membantu menurunkan kolesterol dalam tubuh sekitar 5% jika Anda mengkonsumsinya sekitar kurang lebih 1 hingga 2 ons kacang-kacangan setiap harinya.

4. Asam lemak omega 3 dan ikan-ikanan

Ikan salmon, tuna, sarden dan makarel mengandung banyak sekali asam lemak omega 3 sangat baik dalam menurunkan hipertensi (tekanan darah tinggi). Walaupun omega 3 tidak terlalu berpengaruh dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah, namun dia omega 3 dapat menurunkan resiko terbentuknya darah beku atau bekuan darah.

5. Alpukat

Buah yang banyak memiliki kandungan lemak tak jenuh ini, bagi Anda penderita koleterol tinggi sebagai pembatasan asupan lemak jenuh. Usahakan mengkonsumsi buah ini dalam bentuk buah, bukan dengan di jus atau dicampur gula dan susu.

6. Makanan yang kaya kandungan sterol dan stanol

Kedua unsur tersebut merupakan zat dalam makanan untuk penyakit kolesterol yakni terdapat dalam syuran, buah, minyak nabati (minyak kelapa dan minyak kelapa sawit), biji-bijian dan kacang-kacangan. Selain mengkonsumsi beberapa jenis makanan tersebut, Anda juga dapat mendapatkan sterol dan stanol dalam beberapa suplemen. Konsumsilah sekurang-kurangnya 2 gram stanol dan sterol tersebut dapat menurunkan hingga sepersepuluh kadar kolesterol jahat yang terdapat di dalam darah Anda.

Selain itu bagi Anda yang menderita kolesterol tinggi, usahakan untuk menghindari makanan goreng-gorengan, susu lemak tinggi, keju, mentega, sosis, gajih (sapi dan kambing), daging sapi berlemak, kerang, kepiting, santan, udang, belut dan siput yang memiliki kadar kolesterol yang tinggi.

Makanan yang dilarang bagi Anda penderita kolesterol tinggi adalah kuning telur, telur puyuh, otak sapi dan cumi-cumi.

Nah, demikian informasi mengenai makanan untuk penyakit kolesterol yang dapat kami sampaikan dengan beberapa informasi tambahan. Smoga ulasan di atas dapat bermanfaat bagi Anda dalam menjaga kesehatan tubuh Anda.

loading...

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BijiBersemi.Com

Blog, Updated at: 9:52 PM

0 komentar:

Post a Comment