Faktor Risiko Penyakit Kolesterol Dan Pencegahannya Dengan Makanan Sehat


Penyakit kolesterol dan pencegahannya – Melakukan pemeriksaan kesehatan rutin setidaknya setahun sekali sangat penting untuk memantau kondisi tubuh Anda. Salah satu yang wajib untuk dicek adalah kadar kolesterol dalam darah Anda. Kolesterol adalah zat yang sebenarnya sangat baik untuk tubuh misalnya untuk pembentukan vitamin D, tetapi apabila kelebihan maka bisa menimbulkan endapan pada pembuluh darah yang mengarah pada munculnya berbagai masalah kesehatan termasuk penyakit jantung, hipertensi, dan stroke. Kali ini akan dibahas mengenai faktor-faktor resiko penyebab kolesterol tinggi dan makanan- makanan yang sebaiknya Anda konsumsi untuk menjaga kadar kolesterol tetap normal.

Tips Kesehatan, Faktor risiko Kolesterol, Buah-buahan untuk menurunkan kolesterol, Makanan untuk mencegah kolesterol, Cara mengatasi kolesterol yang mudah,

Faktor-faktor Risiko Kolesterol Tinggi

Untuk mengenal penyakit kolesterol dan pencegahannya Anda harus tahu faktor apa saja yang membuat seseorang bisa memiliki resiko lebih mudah mengalami kelebihan kolesterol. Beberapa faktor tersebut adalah:


1. Pola makan Tidak Sehat 

Tingginya kadar kolesterol dalam darah sangat dipengaruhi oleh jenis-jenis makanan yang Anda konsumsi. Makanan yang bisa membuat Anda kelebihan kolesterol adalah makanan yang mengandung asam lemak jenuh tinggi. Contoh makanan yang mengandung asam lemak jenuh tinggi adalah daging merah, jeroan, telur, keju, minyak kelapa, makanan manis seperti cake, dan makanan gorengan. 

2. Berat Badan 

Coba ambil alat pengukur dan ukur lingkar pinggang Anda. Lemak yang terkumpul di perut tidak hanya membuat Anda buncit tapi juga tanda bahwa resiko mengalami kolesterol tinggi lebih besar. Perut yang buncit adalah tanda dari level Trigliserida yang tinggi dan menurunkan kadar kolesterol baik atau HDL.

3. Usia dan Tingkat Aktivitas

Anda yang sudah dewasa sebaiknya semakin paham mengenai penyakit kolesterol dan pencegahannya karena kolesterol tinggi lebih mudah terjadi pada orang yang berusia 20 tahun ke atas. Resikonya semakin besar apabila aktivitas fisik yang dilakukan sedikit alias jarang berolahraga.

4. Faktor Keturunan

Orang yang punya riwayat keluarga mengalami kolesterol tinggi atau penyakit yang berhubungan seperti hipertensi, jantung, dan stroke, memiliki resiko lebih tinggi mengalami kolesterol tinggi juga. Oleh karena itu jika Anda punya riwayat keluarga yang memiliki kondisi tersebut jagalah baik-baik pola makan, rajin olahraga, dan hindari merokok. Makanan yang baik untuk mencegah kolesterol tinggi

Jika kolesterol tinggi bisa disebabkan karena jenis-jenis makanan tertentu terutama yang banyak mengandung lemak, ternyata kolesterol juga bisa diturunkan dan dijaga kadarnya dengan makanan juga. Makanan-makanan di bawah ini tidak kalah enak untuk dikonsumsi demi mencegah kolesterol meningkat:

1. Tomat

Tomat tidak hanya banyak mengandung vitamin dan juga zat antioksidan tapi juga bisa untuk menjaga kadar kolesterol tetap pada level normal. Anda bisa mengkonsumsi buah tomat dengan dijadikan bahan makanan ataupun dibuat menjadi jus yang segar. Tapi jangan mengkonsumsi tomat dalam bentuk saos botolan karena justru bisa meningkatkan kadar kolesterol.

2. Alpukat

Alpukat adalah buah berwarna hijau yang memiliki rasa enak ketika dibuat menjadi minuman. Alpukat bisa meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL pada tubuh sehingga kadar LDL semakin berkurang. Dengan demikian akan mengurangi resiko kelebihan kolesterol mengendap di pembuluh darah.

3. Bawang putih

Bumbu masak yang memberikan rasa gurih ini juga bisa menjaga kadar kolesterol agar tetap pada level normal. Anda cukup menyertakan bawang putih untuk masakan-masakan Anda setidaknya sebanyak satu suing dalam satu hari. Bawang putih juga memiliki zat antikanker yang bisa mengurangi resiko Anda terkena penyakit kanker. Pada dasarnya semua makanan sayuran dan buah-buahan bisa dikonsumsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. Asal bervarias dan dalam jumlah yang wajar. Sekian mengenai faktor resiko penyakit kolesterol dan pencegahannya.

loading...

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BijiBersemi.Com

Blog, Updated at: 9:26 PM

0 komentar:

Post a Comment