Ciri-Ciri Penyakit Kolesterol Menurut WHO Dan Karena Penyumbatan Arteri


Ciri-ciri Penyakit Kolesterol - Apakah Anda sering merasakan pusing kepala dan tulang-tulang terasa pegal padahal tidak melakukan aktivitas yang berat? Coba perhatikan lagi apakah tanda-tanda tersebut sering muncul setelah Anda mengkonsumsi jenis makanan tertentu. Jika ya, maka bisa jadi kadar kolesterol dalam darah Anda cukup tinggi. Mengapa kolesterol tinggi berbahaya bagi kesehatan? Karena kelebihan kolesterol yang ada di dalam tubuh bisa menyebabkan pengendapan pada saluran pembuluh darah yang berujung pada tidak lancarnya aliran darah. Beberapa penyakit yang bisa terjadi karena tidak lancar aliran darah adalah penyakit jantung, diabetes, stroke, asam urat, dan menyebabkan janin dalam kandungan tidak mendapat cukup nutrisi. Kenali kondisi tubuh Anda dengan ciri-ciri penyakit kolesterol berikut ini.

Tips Kesehatan, Ciri-ciri kolesterol, Bagaimana mengetahui kolesterol, tanda-tanda terkena kolesterol, batas kadar kolesterol normal


Kolesterol Tinggi Menurut WHO

Cara paling cepat dan akurat untuk melihat berapa kadar kolesterol Anda adalah dengan melakukan cek laboratorium. Dokter akan mengambil sampel darah Anda untuk dilakukan ujicoba demi mengetahui berapa kadar kolesterol yang ada pada darah Anda. Untuk melakukan uji lab ini sebelumnya Anda diwajibkan untuk puasa selama 12 jam, karena dibutuhkan darah dalam keadaan netral tanpa ada faktor dari zat-zat makanan dan minuman yang baru dikonsumsi. Menurut standar WHO, berikut adalah batas kolesterol normal dan tinggi pada manusia:

1. < 200 mg/dl

Jika hasil uji menunjukkan angka di bawah 200 maka Anda dinyatakan normal dan sehat. Kadar HDL, LDL, dan Trigliserida Anda masih ada di kisaran normal sehingga resiko penyakit akibat kolesterol tinggi masih kecil. Tapi tetap harus waspada terhadap makanan yang dikonsumsi.

2. 200 - 239 mg/dl

Jika angkanya berada di kisaran angka tersebut maka Anda harus mulai waspada karena di sini adalah lampu kuning untuk Anda. Artinya kadar kolesterol masih cukup normal tapi jika tidak dijaga maka akan dengan cepat masuk ke kategori kolesterol tinggi.

3. < 240 mg/dl

Kategori ini sudah masuk ke kolesterol tinggi sehingga sebaiknya Anda mengikuti saran dokter yang biasanya meliputi perbaikan gaya hidup atau bahkan akan diresepkan obat penurun kolesterol. Melebihi angka 240 maka resiko jantung koroner cukup tinggi.

Gejala penyakit kolesterol - Mengecek kadar kolesterol dengan uji laboratorium sebaiknya dilakukan setidaknya satu tahun sekali. Jangan sampai menunggu mengalami ciri-ciri penyakit kolesterol berikut ini baru ke dokter:

1. Pusing di belakang kepala

Disebabkan karena adanya penyumbatan di pembuluh darah pada bagian belakang kepala. Penyumbatan ini diakibatkan karena kelebihan kolesterol yang mengendap. Jika tidak segera diatasi bisa menyebabkan pembuluh darah pecah dan terjadi stroke.

2. Pundak dan tengkuk terasa pegal

Hal ini juga disebabkan karena adanya penyumbatan darah pada area tersebut. Karena letaknya yang dekat dengan jantung maka jika tidak segera diatasi maka bisa berakibat pada tekanan darah tinggi dan juga serangan jantung.

3. Kesemutan

Kesemutan adalah tanda bahwa ada aliran darah yang tidak lancar, biasanya terjadi karena terlalu lama duduk dalam posisi yang sama atau karena posisi tidur yang tertindih. Tapi jika terjadi sewaktu-waktu dan sering, bisa jadi karena kolesterol Anda tinggi.

4. Nyeri di dada kiri

Penyumbatan darah karena endapan kolesterol juga bisa terjadi di dada sebelah kiri tempat jantung memompa darah. Karena terhalang kolesterol, jadi jantung kesulitan untuk memompa darah sehingga akan ada rasa sakit yang timbul. Jika Anda perhatikan, ciri-ciri penyakit kolesterol di atas juga merupakan ciri-ciri Anda akan mengalami serangan jantung. Hubungan penyumbatan pembuluh darah dengan penyakit jantung memang sangat erat. Oleh karena itu lakukanlah apa yang Anda bisa agar tidak mengalami ciri-ciri penyakit kolesterol.

loading...

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BijiBersemi.Com

Blog, Updated at: 9:44 PM

0 komentar:

Post a Comment