Ini Dia Cara Mengatasi Penyakit Darah Tinggi Dengan Sederhana


Cara Mengatasi Penyakit Darah Tinggi – Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah salah satu akibat beruntun dari kolesterol tinggi. Kolesterol yang menutupi saluran transportasi darah akan menyebabkan tekanan di pembuluh darah meningkat karena jantung yang terus menerus memompa darah tapi darah tidak mengalir dengan lancar. Ketika melakukan uji lab, Anda akan dinyatakan memiliki tekanan darah yang tinggi apabila berada di atas 140/90 mmHg. Orang yang punya tekanan darah rendah juga bisa terkena tekanan darah tinggi tapi indikatornya lebih rendah dari orang normal. Tekanan darah tinggi sama resikonya dengan kolesterol tinggi bisa menyebabkan penyakit jantung dan stroke.

Lalu bagaimana cara mengatasi penyakit darah tinggi?

Tips Kesehatan, Cara Mengobati darah tinggi, Cara mengatasi tekanan darah tinggi, cara mudah mengobati darah tinggi, cara mudah mengatasi hypertensi

Turunkan berat badan

Bukan hanya kolesterol saja yang bisa menyebabkan tekanan darah tinggi tapi juga kelebihan lemak. Dengan menurunkan berat badan menjadi ke tingkat ideal, Anda sekaligus juga sudah menjaga tekanan darah ke level yang normal. Semakin banyak kelebihan berat badan seseorang biasanya tekanan darahnya juga semakin tinggi. Selain mewaspadai berat badan, Anda juga harus menjaga besarnya lingkar pinggang Anda. Berat badan yang harus diturunkan terutama adalah pada area perut yang buncit.

Teratur olahraga

Cara mengatasi penyakit darah tinggi yang kedua adalah dengan rajin berolahraga. Luangkanlah waktu setidaknya 30 sampai 60 menit pada pagi hari untuk melakukan olahraga dengan intensitas yang sedang. Meski sedang tapi jika dilakukan dengan rutin sudah sangat baik untuk tubuh ketimbang intensitasnya berat tetapi hanya sekali-sekali. Olahraga bisa melancarkan sistem metabolisme di mana kelancaran pembuluh darah adalah salah satu bagiannya. Pembuluh darah juga akan menjadi lebih lebar sehingga tidak mudah tersumbat.

Kurangi Konsumsi Natrium

Jika Anda sudah memiliki tekanan darah tinggi atau memiliki faktor resiko yang tinggi sebaiknya kurangi mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi natrium. Diet natrium selain untuk penderita tekanan darah tinggi juga disarankan untuk Anda yang memiliki masalah pernapasan, dan juga pembengkakan kaki yang terjadi karena retensi air. Beberapa makanan yang mengandung natrium tinggi adalah daging-dagingan dan kacang olahan termasuk yang sudah dikalengkan. Beberapa produk susu juga sebaiknya dikurangi seperti mentega, butter, dan juga keju. Makanan cemilan yang berupa keripik dan sejenisnya juga makanan yang mengandung banyak natrium bahkan melebihi kebutuhan harian.

Hindari Makanan dan Minuman Beralkohol atau Berkafein

Cara mengatasi penyakit darah tinggi selanjutnya adalah jauh-jauh dari alkohol. Minuman beralkohol bisa menyebabkan tekanan darah menjadi naik. Belum lagi efek-efek buruk lainnya seperti merusak hati dan fungsi organ lainnya. Anda yang punya faktor resiko tekanan darah tinggi juga sebaiknya membatasi mengkonsumsi makanan yang mengandung alkohol. Makanan yang mengandung alkohol misalnya seperti tape ketan atau buah durian. Kedua makanan tersebut memang lezat tapi jika berlebihan dampaknya bisa buruk untuk kesehatan Anda. Minuman yang berkafein juga diduga bisa menyebabkan lonjakan tekanan darah. Bagi Anda penggemar kopi sebaiknya minum kopi maksimal 2 kali dalam sehari saja.

Menjauh Dari Rokok

Baik Anda yang perokok aktif atau pasif sama-sama beresiko mengalami tekanan darah tinggi karena kandungan di dalam rokok yang hanya mengandung racun. Untuk perokok yang aktif, kandungan nikotin di dalam rokok bisa menyebabkan tekanan darah meningkat hingga 10 mmHg hanya dalam beberapa waktu setelah rokok habis. Maka dari itu ketika tekanan darah sedang naik sebaiknya menjauh dari asap rokok dan menghentikan kebiasaan merokok. Itulah beberapa cara mengatasi penyakit darah tinggi.

loading...

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BijiBersemi.Com

Blog, Updated at: 8:27 PM

0 komentar:

Post a Comment