11 Cara Yang Harus Dilakukan Untuk Mencegah Penyakit Jantung


Tips Untuk Mencegah Serangan Jantung - Cara mencegah penyakit jantung merupakan cara yang sangat dibutuhkan terutama untuk masyarakat Indonesia. Di Indonesia sendiri penyakit jantung termasuk dalam kategori penyakit yang mematikan dan selalu ikut andil dalam meningkatkan angka kematian di Indonesia.

Selain menjadi penyakit yang dikhawatirkan bagi masyarakat Indonesia penyakit ini juga ditakuti oleh hampir semua manusia di seluruh dunia. Sebelum menjelaskan lebih lanjut mengenai cara mencegah penyakit jantung, berikut sedikit penjelasan mengenai gejala-gejala awal yang timbul pada penderita penyakit kronis ini.

Gejala Awal Pada Penderita Penyakit Jantung
  1. Penderita akan merasakan debaran pada jantung dengan rasa seperti tertekan oleh sesuatu.
  2. Sesak nafas disertai keringat dingin yang cukup banyak disekujur tubuh dan merasakan kesemutan pada bagian lengan, punggung dan lainnya.
  3. Nyeri pada dada seperti tertusuk sesuatu
  4. Penderita akan lebih mudah lelah serta kesulitan memulai tidur.
Tips Kesehatan, Cara mengobati penyakit jantung, makanan untuk mengobati jantung, tips sehat untuk para penyandang penyakit jantung,

Cara Mencegah Penyakit Jantung

1. Berhenti Merokok

Jika Anda seorang yang masih aktif mengkonsumsi rokok, maka segeralah berhenti. Mengisap rokok merupakan kebiasaan yang tidak baik bagi kesehatan jantung. Berhenti merokok dapat menjadi salah satu cara mencegah penyakit jantung.

2. Mengkonsumsi Antioksidan

Polusi udara seperti asap kendaraan dan asap rokok ternyata menimbulkan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas tersebut berdampak pada penyumbatan pembuluh darah. Antioksidan berperan menangkap dan membuang radikal bebas tersebut. Antioksidan dapat Anda temukan dari beberapa macam buah dan sayur.

3. Mengenali Tekanan Darah

Kenali tekanan darah Anda, jika terlalu tinggi atau rendah lakukan usaha apapun agar tekanan darah mencapai 115/75. Anda dapat melakukan olahraga secara teratur terutama untuk mengurangi lemak pada perut Anda. Lemak tersebut dapat menutupi organ-organ penting dalam tubuh.

4. Perbanyak Konsumsi Kacang-kacangan

Kandungan dalam kacang yakni Omega 3 yang tinggi, protein serta serat yang juga cukup tinggi. Konsumsi minimal 250gr kacang-kacangan setiap harinya dapat meningkatkan kolesterol baik serta menurunkan radang.

5. Ketahui Kadar HDL Dalam Tubuh

Kenali kadar HDL dalam tubuh dan jaga hingga mencapai angka 50. Anda dapat melakukan olahrga, konsumsi makanan yang mengandung lemak sehat (canola, zaitun, vitamin B5, dll), jauhi minuman keras.

6. Hindari Terlalu Banyak Konsumsi Minyak Jenuh

Usahakan maksimal hanya mengkonsumsi 20gr minyak jenuh per hari. Hindari menggunakan minyak trans yang berada dalam margarin atau mentega, karena minyak trans dapat menyebabkan terjadinya radang pada pembuluh arteri.

7. Pengaturan Pola Makan Sehat

Minimal konsumsi 9 porsi buah dan sayur setiap harinya. Tingkatkan jumlah konsumsinya secara perlahan dan jangan terlalu drastis karena akan berpengaruh pada proses pencernaan Anda.

8. Jauhi Konsumsi Alkohol dan Obat-obatan Terlarang

Jauhi zat-zat pemicu penyakit jantung seperti konsumsi alkohol, obat-obatan terlarang dan zat bahaya bagi jantung lainnya.

9. Olahraga Ringan Secara Rutin

Usahakan minimal jalan selama kurang lebih 30 menit dalam setiap harinya. Anda dapat melakukan olahraga ringan lainnya seperti jogging, naik turun tangga, berenang gym dan masih banyak lagi.

10. Menghindari Stress dan Berpikir Positif

Tetap berpikiran positif dan hindari penyebab-penyebab stress. Hal tersebut karena pada saat Anda stress maka hormon cortisol akan meningkan dan berakibat pada kakunya pembuluh darah. Selain itu tubuh juga akan meningkatkan hormon norepinephrine yang berakibat tingginya tekanan darah.

11. Istirahat Secukupnya

Istirahat cukup dapat membantu dalam menstabilkan detak jantung. Hindari juga melakukan aktivitas berat di malam hari. Jangan membiasakan untuk begadang di malam hari. Istirahat secukupnya dapat menjadi salah satu cara mencegah penyakit jantung.

loading...

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BijiBersemi.Com

Blog, Updated at: 8:34 PM

0 komentar:

Post a Comment