Ini Dia 6 Tips Menjaga Kesehatan Anak Yang Mudah Dilakukan


Tips menjaga kesehatan anak - Kesehatan putra putri sangat penting untuk diperhatikan agar anak mampu tumbuh dengan baik dan dapat berkembang sesuai dengan umurnya, tips-tips kesehatan anak perlu diterapkan jika Anda ingin putra putri Anda tumbuh dengan baik. Berikut adalah beberapa tips yang bisa diterapkan tentunya dengan kerjasama yang baik antara Anda sebagai orang tua dan sang buah hati.

Tips Menjaga Kesehatan Anak, Cara menjaga pertumbuhan anak, tips agar anak tumbuh sehat, cara menjauhkan anak dari penyakit, Tips Kesehatan,
Pic/Pixabay

Mengatur kebiasaan istirahat siang


Dalam masa perkembangannya, tentu seorang anak ingin selalu bermain untuk memuaskan rasa penasaran yang dimiliki. Namun jika Anda sebagai orangtua tidak mampu membatasi waktu bermain anak, maka bukan tidak mungkin waktu yang dibutuhkan untuk memaksimalkan perkembangan fisik menjadi berkurang. Oleh karena itu, penting bagi anak yang masih balita hingga usia 8 tahun untuk memiliki kebiasaan tidur siang. Dengan memiliki waktu istirahat siang setidaknya satu jam, proses pertumbuhan maupun produksi hormon anak menjadi lebih stabil dan anak tidak akan mudah merasa kelelahan.

Mengkonsumsi Susu


Susu kaya akan protein, mineral, dan vitamin yang berfungsi untuk meningkatkan sistem pertahanan tubuh serta membentuk sistem metabolisme yang stabil. Oleh karena itu, jika And aingin anak Anda tumbuh sehat, akan lebih baik jika Anda membiasakan anak untuk mengkonsumsi 200ml susu setiap pagi dan malam hari sebelum tidur. Dengan mengkonsumsi susu secara teratur, pertumbuhan tulang dan organ akan tersempurnakan dengan baik. Namun demikian, tidak semua anak cocok dengan susu yang berasal dari susu sapi atau kambing, sehingga saat memberi susu, jangan lupa untuk mengenali gejala yang terlihat pada anak. Jika sang buah hati terlihat tidak cocok dengan susu sapi atau kambing, Anda bisa menggantinya dengan susu nabati dari kedelai.

Mengkonsumsi makanan bergizi seimbang


Tips menjaga kesehatan anak yang bisa Anda terapkan selanjutnya adalah membiasakan anak yang bersangkutan untuk mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Karena masih dalam masa pertumbuhan, sebagai orangtua Anda harus tahu bagaimana cara mengkreasikan menu yang cocok untuk dijadikan bekal agar anak tidak suka jajan diluar. Mengetahui cara pengolahan makanan yang benar akan membuat anak terhindar dari berbagai jenis makanan yang mengandung pengawet atau bahan aditif lainnya. Anda bisa mengkombinasikan makanan yang terbuat dari bahan baku sayur dan buah dalam bentuk salad, jus, sayur, atau gorengan yang menggunakan minyak zaitun.

Membiasakan cuci tangan

Karena anak kecil umumnya sangat senang bermain, Anda tentu tidak bisa selalu mengontrol barang apa yang telah disentuh oleh sang buah hati dan bagaimana tingkat kebersihannya. Oleh karena itu, akan lebih baik jika sebelum putra putri Anda melanjutkan aktivitasnya didalam rumah, biasakan pada mereka untuk mencuci tangan hingga bersih dengan menggunakan antiseptik. Dengan membiasakan cuci tangan disertai penjelasan yang benar tentang pentingnya cuci tangan, anak Anda akan tumbuh menjadi anak yang sehat sekaligus disiplin.

Berikan Imunisasi

Seorang anak lebih rentan penyakit daripada orang dewasa, itulah sebabnya untuk menghindari penyakit tertentu Anda wajib memberikan imunisasi berkala agar sistem imun anak juga menjadi lebih kuat.

Menjaga anak dari kontaminasi debu ataupun asap rokok 

Pada saat musim hujan ataupun cuaca kering, kontaminasi debu dan asap rokok dapat dengan mudah membuat anak Anda sakit. Oleh karena itu, untuk menjaga kesehatan mereka, tak ada salahnya membekali anak dengan sapu tangan dan masker yang bisa digunakan selama perjalanan. Namun demikian, jika sang buah hati sudah terlanjur sakit, salah satu metode yang bisa Anda lakukan adalah segera membawanya ke dokter yang profesional.

Semoga dengan penerapan berbagai tips menjaga kesehatan anak diatas, putra putri Anda akan selalu ceria. Tentunya cara-cara merawat kesehatan anak tersebut cukup sederhana dan bisa dilakukan di rumah.

loading...

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BijiBersemi.Com

Blog, Updated at: 9:00 PM

0 komentar:

Post a Comment