Bumbu Dapur Jadi Obat Darah Tinggi.. Yakin ?


Cara Mengobati Darah Tinggi Secara Alami - Tekanan darah tinggi atau dikenal dengan istilah hipertensi merupakan penyakit yang umum diderita oleh masyarakat. Penyakit satu ini tak jarang menjadi momok menakutkan bagi kaum urban yang kerap menerapkan gaya hidup tak sehat. Pasalnya tekanan darah tinggi sendiri dapat memicu beberapa penyakit kronis lainnya di dalam tubuh. Itulah mengapa mencegah tekanan darah tinggi untuk kambuh dan mengatasi penyakit satu ini sangat disarankan oleh para dokter.

Tips Kesehatan, Mengobati darah tinggi dengan bumbu dapur, tips mengobati darah tinggi alami, mengobati darah tinggi dengan bawang,
Pic/Pixabay


Pada dasarnya tekanan darah manusia bekerja secara simultan setiap harinya. Tekanan darah sendiri dapat menjadi masalah kesehatan jika terjadi persistensi pada tekanan tersebut. Organ tubuh yang seharusnya menerima suplai oksigen pun mengalami ketegangan akibat tekanan darah tinggi. Bukan tidak mungkin akan mengganggu fungsi beberapa organ, layaknya otak dan jantung. Kondisi ini bila dibiarkan terus menerus akan berdampak tak baik pastinya, termasuk memicu penyakit kronis.

Normalnya tekanan darah seseorang tidak melebihi 140/90 mmHg. Jika tekanan darah Anda melebihi batas normal tersebut, perlu waspada dengan kemungkinan tekanan darah tinggi. Walaupun tekanan darah sendiri memang bisa berayun dari rendah ke tinggi mengikuti irama detak jantung. Bagi Anda yang sudah terdeteksi hipertensi, mencari cara menyembuhkan penyakit darah tinggi tentu menjadi keharusan. Ada baiknya pengobatan yang dilakukan bersifat tradisional dan alami, tidak melulu pengobatan medis.

Hal ini dimaksudkan untuk meminimalisir efek samping yang ditunjukkan oleh tubuh di kemudian hari. Tak sulit sebenarnya mengatasi tekanan darah tinggi dengan cara tradisional, seperti.

1. Lobak

Masyarakat Indonesia seringkali memanfaatkan lobak sebagai sayur-sayuran. Kita pun sering menjumpai lobak sebagai olahan lauk pauk yang menemani hidangan di meja makan. Namun tahukah Anda kalau lobak pun bisa dijadikan obat mengatasi hipertensi? Kandungan vitamin dan mineral didalam lobak diketahui berkhasiat menormalkan tekanan darah. Untuk pengobatan hipertensi menggunakan lobak, Anda cukup mengolah lobak menjadi jus dan mengkonsumsinya secara rutin.

2. Timun

Tidak memiliki biaya berlebih untuk mengatasi tekanan darah tinggi bukan berarti Anda tak bisa sehat. Anda pun bisa memanfaatkan cara satu ini yang terbilang sangat murah dan terjangkau bagi masyarakat. Timun yang kerap dijadikan lalapan bisa diolah menjadi jus atau mengambil sari timun untuk dikonsumsi secara rutin. Ramuan berbahan dasar timun tersebut bisa dikonsumsi tiga kali sehari untuk hasil maksimal. Cara menyembuhkan penyakit darah tinggi ini mudah diaplikasikan di rumah dan tidak mahal tentunya.

3. Kunyit

Siapa bilang kunyit hanya bisa digunakan sebagai rempah-rempah semata? Anda yang memiliki keluhan dengan tekanan darah tinggi pun bisa memanfaatkan bumbu dapur tersebut. Sama dengan ramuan herbal lainnya, kunyit cukup diparut hingga halus. Setelah itu peras parutan kunyit untuk mendapatkan sari pati yang bisa dikonsumsi. Sari kunyit tersebut sebaiknya dikonsumsi 3 kali dalam sehari guna mendapatkan hasil yang optimal.

4. Seledri

Layaknya kunyit, seledri pun dikenal sebagai pelengkap bumbu dapur. Tak jarang kita menjumpai seledri sebagai topping di makanan olahan berkuah untuk menambah citarasa. Bagi penderita hipertensi sendiri, cara menyembuhkan penyakit darah tinggi menggunakan seledri tidaklah sulit. Anda cukup merebus sekitar 16 batang seledri bersama 2 gelas air putih. Rebus sampai ramuan seledri hanya menyisakan setengah gelas. Jika dirasa rumit, Anda pun bisa membuat jus seledri yang siap dikonsumsi.

5. Bawang putih

Khasiat bawang putih untuk mengatasi hipertensi memang sudah tidak bisa dipungkiri lagi. Sudah banyak jurnal yang menyebutkan khasiat bawang putih sebagai pencegah tekanan darah tinggi. Cara mendapatkan khasiatnya sendiri pun tak sulit, yakni dengan mengolahnya seperti biasa. Entah itu disambal ataupun dicampur dalam makanan olahan yang hendak dikonsumsi.

Itulah cara sederhana dan alami mengatasi tekanan darah tinggi, tidak disangka bahwa bumbu masak yang selama ini kita konsumsi dapat bermanfaat bagi kesehatan. Sepertinya kita tidak perlu khawatir lagi karena tida perlu biaya yang besar untuk mengobati darah tinggi. Namun kita juga harus mengubah pola konsumsi agar permasalahan kesehatan tidak mengganggu. Silakan mencoba..

loading...

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BijiBersemi.Com

Blog, Updated at: 9:52 AM

0 komentar:

Post a Comment