6 Tips Menjaga Kesehatan Bayi Yang Aman Diterapkan


Tips Menjaga Kesehatan bayi Yang Mudah Diterapkan - Tips menjaga kesehatan bayi diperlukan untuk membuat sang buah hati tetap aktif dan berkembang dengan baik. Perawatan pada anak yang diberikan meliputi perawatan gizi makanan, perawatan kesehatan fisik, dan perawatan lingkungan tempat tinggal yang menjadi penunjang kesehatan si buah hati. Tentunya tips-tips perawatan buah hati tersebut harus dilakukan secara rutin dan dengan cara yang benar. Berikut adalah beberapa tips yang dapat dipraktekkan untuk menjaga bayi agar tetap sehat.

Tips Kesehatan, Cara aman menjaga kesehatan bayi 2 tahun, perawatan kulit pada bayi 1 tahun, Tips cerdas merawat bayi, Menjaga kesehatan kulit bayi,
Pic/Pixabay


1. Memberikan ASI eksklusif

Salah satu cara yang dianggap paling efektif untuk menjaga kesehatan bayi adalah memberikan ASI eksklusif. Anda sebagai ibu bisa memberikan ASI hingga usia bayi 2 tahun, hal ini karena ASI adalah makanan utama yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh bayi mulai dari menyempurnakan organ, melancarkan sistem pencernaan, penyempurnaan sel saraf otak, dan membentuk daya tahan tubuh sang bayi. Namun demikian, pada saat pemberian ASI agar hasilnya maksimal sang ibu juga harus memperhatikan asupan gizi yang dikonsumsinya serta tidak dalam keadaan stres.

2. Membiasakan Konsumsi Buah dan Sayur

Agar bayi Anda tumbuh sehat dan kuat, secara tidak langsung Anda harus memenuhi asupan nutrisi yang dibutuhkan. Dalam hal ini Anda perlu membiasakan sang buah hati sejak masih bayi untuk mengkonsumsi buah dan sayur yang dapat diolah dalam bentuk bubur atau jus. Ada beberapa jenis buah dan sayur yang dapat membantu proses metabolisme sekaligus kinerja organ agar berlangsung lebih cepat, diantaranya adalah pisang, apel, brokoli, dan minyak sayur.

3. Membiasakan Konsumsi Madu

Tips menjaga kesehatan bayi lain yang dapat diterapkan adalah membiasakan sang buah hati untuk mengkonsumsi madu. Madu mengandung berbagai jenis mineral dan vitamin yang daapat digunakan untuk meningkatkan kekebalan tubuh bayi. Anda bisa membuat bayi Anda mengkonsumsi setidaknya 1-2 sendok makan madu per hari untuk membantu metabolisme sekaligus menjaga agar sang buah hati tidak mudah jatuh sakit.

4. Menjaga Sanitasi Lingkungan Rumah

Salah satu upaya yang bisa Anda lakukan untuk menjaga bayi tetap sehat adalah menjaga sanitasi ruangan tempat bayi beristirahat. Anda wajib memperhatikan suhu ruangan, pencahayaan, sekaligus pertukaran udara yang ada diruangan agar lingkungan untuk tumbuh kembang bayi tetap berjalan dengan baik. Terkait masalah sanitasi, perhatikan pula apakah ruangan tempat tidur bayi memiliki kelembaban yang cukup, karena jika ruangan yang digunakan sangat lembab, bukan tidak mungkin pernafasan sang buah hati akan mudah terganggu.

5. Menjauhkan Dari Binatang Peliharaan Berbulu

Bayi yang berusia dibawah 1 tahun masih sangat rentan terhadap serangan virus, bakteri, atau jamur yang berasal dari lingkungan, oleh karena itu selain melakukan vaksinasi, akan lebih baik jika Anda menjauhkan hewan peliharaan seperti anjing, kucing, atau hewan berbulu lainnya agar udara yang ada di ruangan tumbuh kembang bayi lebih bersih. Namun demikian, jika Anda merasa hewan peliharaan yang Anda miliki cukup aman untuk bermain dengan bayi, metode yang bisa dilakukan untuk menjaga agar bayi tetap sehat adalah membatasi waktu bermain saat berada didalam ruangan dan mengalihkan permainan bersama hewan peliharaan di luar ruangan seperti taman.

6. Menjaga Kesehatan Kulit Bayi

Pada saat buah hati Anda masih berusia dibawah 6 bulan, kesehatan kulit termasuk salah satu aspek yang harus diperhatikan jika Anda tidak ingin menderita penyakit kulit. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit bayi antara lain memberi minyak telon atau minyak oles yang dapat menghangatkan serta menjaga kelembaban tubuhnya. Jika Anda membawa bayi keluar rumah, jangan lupa untuk mengoleskan tabir surya yang tidak mengandung bahan kimia berbahaya.

Semoga dengan berbagai tips menjaga kesehatan bayi di atas dapat memberikan solusi bagi para orang tua, tentunya pertumbuhan anak bayi yang sehat dan aktif menjadi keinginan semua orang tua.

loading...

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BijiBersemi.Com

Blog, Updated at: 8:55 PM

0 komentar:

Post a Comment