6 Cara Membersihkan Wajah Yang Harus Anda Tahu


Tips Kecantikan dan Kesehatan bisa menjadi hal yang selalu Anda tunggu-tunggu terutama para wanita. Tips kecantikan dan kesehatan kali ini akan membahas mengenai bagaimana cara mencuci wajah yang benar. Mungkin mencuci wajah terlihat mudah, sehingga tidak diperlukan penjelasan mengenai rutinitas yang satu ini. Cukup berikan wajah sedit air kemudian tambahkan sabun pembersih lalu gosok sebentar, dan terakhir bilas.

cara cuci muka yang benar, Cara membersihkan wajah yang benar, Cara merawat wajah, langkah membersihkan wajah, Tips Kesehatan, tips merawat wajah alami,
Image Source :Google, copyright-free image under Creative Commons License

Sebenarnya membersihkan wajah memang tidak sulit, tetapi Anda perlu ingat bahwa untuk mendapatkan semua manfaat dari produk pembersih wajah dibutuhkan langkah perawatan kulit dasar yang benar. Hal ini artinya juga termasuk teknik yang tepat untuk membersihkan wajah Anda.


Langkah-Langkah Membersihkan Wajah

Berikut ini adalah tips kecantikan dan kesehatan yang diambil dari buku Heal Your Skin milik Dr. Ava Shamban. 

1. Atur Rambut Anda

Jika Anda memiliki rambut yang panjang atau jika Anda memiliki poni yang bisa menutupi area wajah, Anda harus mengikat atau menjepit rambut Anda. Hal ini tidak hanya memudahkan Anda untuk membersihkan seluruh wajah, tetapi juga memastikan bahwa tidak ada produk rambut akan ditransfer dari rambut ke wajah Anda.

2. Percikkan Air Secara Perlahan

Dengan lembut percikan air ke wajah Anda dengan air bersuhu kamar. Anda harus menghindari penggunaan air panas karena bisa membuat kulit Anda menjadi kering.  

3. Gunakan Pembersih Sedikit Saja

Letakan produk pembersih wajah di tangan Anda yang sudah dibasahi. Banyaknya produk pembersih yang dibutuhkan antara 14 mm sampai 18 mm kira-kira seukuran mutiara sedang atau besar. Gosok kedua tangan Anda secara bersamaan untuk memastikan bahwa produk pembersih akan diaplikasikan secara merata di wajah.  

4. Lakukan Pemijatan Lembut

Pijat lembut produk pembersih di seluruh wajah Anda, kecuali daerah mata. Jangan hanya berfokus pada satu area wajah Anda. Namun, Anda harus memastikan bahwa produk pembersih sudah mencakup semua area yang dilalui garis rambut, telinga, di bawah dagu, bahkan bagian belakang leher Anda (khusus untuk bagian belakang leher, Anda sebaiknya melakukannya di kamar mandi). Sebaiknya Anda menghitung sampai 30 untuk memastikan bahwa Anda sudah membersihkan wajah dengan benar.  

5. Lakukan Pembilasan dan Gunakan Kain Lembut

Bilas wajah secara menyeluruh. Anda bisa menggunakan kain lap bersih atau kain lembut yang sudah dibasahi. Kain basah digunakan untuk menghilangkan produk pembersih karena penggunaan air saja tidak cukup.

6. Jangan Menggosok Wajah Dengan Kain Terlalu Keras

Keringkan wajah Anda dengan handuk, dan jangan menggosok wajah dengan handuk terlalu keras. Sebaiknya gunakan handuk khusus untuk wajah, seperti handuk berbahan katun. Bahkan jika Anda memiliki jerawat, penggunaan handuk khusus wajah menjadi suatu keharusan. Sebab kulit wajah memiliki kebutuhan yang berbeda dari kulit di area tubuh lainnya, sehingga sangat penting untuk memiliki handuk yang dikhususkan untuk wajah. Hal ini juga untuk memastikan bahwa wajah Anda tetap bersih setelah mencuci, terutama jika Anda memiliki jerawat. Kemudian pastikan jika Anda mencuci handuk khusus wajah secara rutin untuk memastikan Anda tidak mentransfer kotoran dari handuk ke wajah Anda.

Tips Cara Lain Membersihkan Wajah

Beberapa orang suka menggunakan sikat pembersih wajah untuk membersihkan wajahnya. Sikat ini memang sangat membantu jika Anda menggunakan banyak make-up di siang hari, namun pastikan Anda tidak menekannya terlalu keras ketika menggunakan sikat ini.

Meski alat tersebut membantu, tetapi juga bisa merugikan kulit wajah jika digunakan secara berlebihan. Ketika wajah Anda merasa seperti kesat berlebihan, artinya kulit wajah Anda sedang kehilangan semua kelembaban yang dibutuhkannya, serta telah terjadi kerusak barrier kulit yang membutuhkan waktu untuk memperbaikinya.

Selain itu, selama pembersihan wajah dengan alat tersebut juga mungkin menyebabkan masalah lain seperti kulit kering dan merah dengan kondisi kronis, dan iritasi kulit. Jadi lakukan pembersihan kulit wajah dengan mudah, seperti penjelasan di atas mengenai tips kecantikan dan kesehatan.

loading...

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BijiBersemi.Com

Blog, Updated at: 8:31 PM

0 komentar:

Post a Comment