6 Cara Mencegah Penyakit Jantung Sejak Dini


Tips Mencegah Serangan Jantung - Bagaimana cara mencegah penyakit jantung sejak dini ? Sekarang ini banyak orang yang kesulitan untuk menjaga pola hidup yang sehat terutama mereka yang merupakan masyarakan perkotaan. Pola hidup mereka cenderung kurang mengontrol kesehatan mereka misalnya saja duduk dengan lama, makanan yang dikonsumsi tidak sehat maupun dari gaya hidup mereka sendiri.

Tips Kesehatan, Tips mencegah serangan jantung, cara sederhana menghindari penyakit jantung, contoh cara menghindari penyakit jantung, Penyakit Jantung


Karena pola hidup yang tidak sehat itulah dapat menyebabkan berbagai macam resiko penyakit salah satunya adalah penyakit jantung. Yang telah kita ketahui bahwa penyakit jantung merupakan penyakit yang paling membunuh untuk setiap orang karena datangnya tidak terduga. Untuk itu Anda harus melakukan pencegahan terhadap penyakit jantung dan harus dilakukan sejak dini. Apa sajakah cara mencegah penyakit jantung sejak dini? Berikut ini Anda simak ulasannya.

1. Mengkonsumsi Makanan Sereal Kaya Serat

Cara mencegah penyakit jantung sejak dini yang pertama adalah dengan mengkonsumsi makanan sereal kaya serat setidaknya dalam seminggu Anda mengkonsumsinya sebanyak 4 kali. Dengan Anda mengkonsumsi secara rutin maka Anda dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung. Hal ini juga diutarakan dalam sebuah studi yang diterbitkan oleh American Journal of Clinic Nutrition jika wanita yang mengkonsumsi makanan sereal berserat tinggi sebanyak 23 gram akan lebih kecil mengalami resiko penyakit jantung sebesar 23%. Sedangkan pada pria persentase mengalami penyakit jantung lebih kecil sebesar 36% jika mengkonsumsi sebanyak 23 gram.

2. Mengonsumsi Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan sangat sehat untuk dikonsumsi dan dapat dijadikan sebagai cara untuk mencegah penyakit jantung sejak dini dan tergolong sangat efektif. Didalam kacang-kacangan terdapat folat yang dapat membantu menurunkan resiko terkena penyakit jantung sebesar 13% dan penyakit stroke sebesar 20%. Oleh karena itu konsumsilah kacang-kacangan ini secara teratur.


3. Melakukan Olahraga Secara Teratur

Dengan Anda berolahraga tentu tubuh Anda menjadi lebih sehat dan jantung Anda dapat bekerja dengan baik. Karena pada saat berolahraga maka jantung juga bekerja secara bersamaan sehingga jantung lebih produktif. Setidaknya Anda lakukan olahraga minimal 3 kali dalam satu minggu dengan waktu olahraga sekitar 15-20 menit maka jantung Anda menjadi lebih sehat.

4. Mengkonsumsi Buah Ceri

Buah juga sangat bagus untuk mencegah penyakit jantung salah satunya adalah buah ceri. Didalam buah ceri merah ini terkandung senyawa anthocyanin yang dipercaya dapat menurunkan resiko terkena penyakit asam urat didalam darah dimana penyakit tersebut merupakan pertanda munculnya serangan jantung serta stroke.

5. Mengonsumsi Ikan Lebih Banyak

Ikan dipercaya mampu mencegah penyakit jantung sejak dini terutama ikan yang mengandung omega 3 yang sangat baik untuk kesehatan jantung. Bagi Anda yang tidak suka ikan mulai saat ini beralihlah untuk suka mengkonsumsi ikan. Anda dapat mengolah ikan sedemikian rupa agar terlihat lebih enak untuk dimakan. Sebuah penelitian yang telah dilakukan dan terbitkan oleh Journal American Medical Association pada tahun 2002 bahwa dalam seminggu wanita mengkonsumsi ikan maka akan lebih rendah untuk mengalami resiko penyakit jantung hingga kematian yang disebabkan karena penyakit jantung jika dibandingkan dengan mereka yang hanya mengkonsumsi ikan sebulan sekali. 

Selain itu mengkonsumsi ikan secara rutin dan teratur akan membuat detak jantung tidak beraturan lebih berkurang serta fibrilasi atrium yang merupakan penyebab terjadinya kematian secara mendadak.

6. Tidur Teratur

Mulai dari sekarang Anda harus membiasakan diri Anda untuk tidur teratur dan tidak kurang dari 7 jam. Karena jika Anda tidur kurang dari 7 jam akan membuat resiko penyakit jantung lebih tinggi. Hal tersebut diungkapkan oleh para peneliti di Harvard. Untuk itu Anda harus tidur secara teratur dan lebih awal sebagai cara mencegah penyakit jantung sejak dini.

Itulah beberapa langkah sederhana untuk menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari penyakit jantung, pola hidup sehat memegang peranan penting agar jantung anda tetap sehat seperti mengatur pola makan dengan menghindari makanan-makanan yang mengandung kolesterol tinggi serta melakukan olah raga yang teratur.

loading...

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BijiBersemi.Com

Blog, Updated at: 9:31 PM

0 komentar:

Post a Comment