10 Hal Ini Akan Membantu Anda Yang Susah Tidur


Tips menjaga kesehatan merupakan salah satu cara agar Anda tetap dalam kondisi prima setiap harinya. Kesehatan bisa Anda dapatkan salah satunya melalui kualitas tidur yang baik, namun disadari atau tidak kualitas tidur masyarakat modern memang tidak baik dan kurang teratur. Berikut ini adalah tips menjaga kesehatan dengan mengatur kualitas tidur yang baik setiap harinya.

Cara agar bisa tidur cepat, cara mengatasi insomnia, Cara menjaga kualitas tidur, Tips Kesehatan, tips mengatasi penyakit susah tidur, Mengatur tidur yang cukup,
PIC/Pixabay
1. Jadwal beristirahat 

 Kebiasaan tidur juga harus Anda miliki berupa rutinitas beristirahat yang terjadwal dan benar-benar Anda patuhi. Anda harus tidur dan bangun di waktu yang sama setiap harinya, termasuk ketika akhir pekan. Jika Anda memiliki agenda untuk datang ke pesta di akhir pekan, Anda bisa datang ke acara tersebut kemudian sesegera mungkin untuk pulang jika sudah dekat jadwal beristirahat.
 
2. Lakukan Olahraga

Olahraga teratur juga memainkan peran penting untuk mendapatkan tidur malam yang berkualitas. Anda sebaiknya melakukan olahraga di pagi hari, bahkan jika mungkin di sore hari, seperti yoga atau peregangan. 

3. Monitor Konsumsi kafein

Anda tidak perlu menghindari secangkir kopi di pagi hari. Namun, Anda harus memperhatikan cangkir kedua yang biasanya dikonsumsi di kantor ketika masih pagi hari. Kemudian cangkir ketiga dan keempat yang biasanya dikonsumsi setelah makan siang. Kebanyak orang tidak menyadari jumlah kafein yang dikonsumsinya, terutama di sore hari. Jadi cobalah berhenti mengonsumsi minuman berkafein setelah jam 4 sore. 

4. Atur Waktu Tidur siang

Cara agar bisa tidur cepat, cara mengatasi insomnia, Cara menjaga kualitas tidur, Tips Kesehatan, tips mengatasi penyakit susah tidur, Mengatur tidur yang cukup,
PIC/Pixabay
Orang dewasa terbilang sangat jarang melakukan hal ini, tetapi tidur siang juga baik untuk kesehatan. Bagi Anda yang ingin tidur siang sebaiknya batasi waktu tidur siang selama 15 hingga 20 menit saja. Tidur siang dalam durasi yang lama akan sangat berpengaruh terhadap pola tidur di malam hari.

5. Tubuh dan pikiran santai

Ketika mendekati jadwal tidur, sebaiknya buat tubuh dan pikiran santai. Hindari aktivitas berat, makanan terlambat dan rencanakan kegiatan yang tidak terlalu merangsang otak, seperti membaca novel atau majalah. Anda sangat tidak disarankan untuk membaca dokumen yang berhubungan dengan pekerjaan, mengurus pembayaran tagihan atau melakukan percakapan serius tepat sebelum waktu tidur. 

6. Pergi ke kamar mandi

Untuk membantu mengurangi kemungkinan waktu tidur yang terganggu, sebaiknya hindari mengonsumsi minuman dua jam sebelum tidur dan pergi kamar mandi tepat sebelum tidur. Hal ini dilakukan untuk mengurangi pergi ke kemar mandi ketika sedang tidur di malam hari. 

7. Tingkatkan melatonin

Di apotek, Anda memang dapat membeli melatonin booster yang menjadi kunci utama untuk mendapatkan tidur malam yang nyenyak, tetapi tubuh Anda dapat memproduksinya secara alami. Caranya dengan tidur di kamar yang gelap agar tubuh dapat memproduksi zat melatonin secara alami. Di sisi lain, terpapar sinar matahari selama satu jam di siang hari juga membantu produksi melatonin. 

8. Buat Senyaman Mungkin

Buatlah kamar tidur yang nyaman dan dapat memanjakan Anda. Pastikan kasur Anda adalah tempat yang kokoh dan dapat mempertahankan bentuk serta kenyaman Anda. Jangan lupa untuk secara teratur mencuci bantal Anda agar tetap bersih dan segar. Jika bantal Anda sudah lebih dari 2 tahun, itu artinya waktu untuk mengganti yang baru. 

9. Tujuan pergi ke kamar tidur

Buang kebiasaan bekerja dengan laptop di tempat tidur atau tertidur dengan TV menyala di kamar tidur. Buat lingkungan tidur yang optimal dengan tidak memiliki layar komputer, perangkat elektronik atau gadget lainnya yang bisa memancarkan cahaya sepanjang malam karena cahaya dari perangkat elektronik memberitahu otak Anda untuk bangun.

10. Pilih Makanan Yang Dikonsumsi

Tips menjaga kesehatan tidur yang terakhir adalah makanan. Apa yang Anda konsumsi juga dapat mendorong kualitas tidur. Jadi sebaiknya konsumsi makanan yang mengandung melatonin tinggi, seperti ceri tart, pisang dan ikan yang tinggi vitamin B6, produk susu dan sayuran hijau yang tinggi kalsium serta biji-bijian yang tinggi magnesium.

Itulah beberapa cara untuk menjaga kualitas tidur tetap baik, Semoga informasi di atas bermanfaat dan dapat Anda aplikasikan, terutama bagi anda yang susah tidur setelah membaca tips menjaga kualitas tidur ini akan memberikan dampak baik pada pola tidur anda dan membantu dalam mempertahankan kualitas kesehatan tubuh.

loading...

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BijiBersemi.Com

Blog, Updated at: 9:43 PM

2 komentar: