Kandang Kambing Yang Baik dan Sehat, Kunci Keberhasilan Ternak Kambing


Cara Membuat Kandang Kambing Yang Sehat - Kandang Kambing juga memegang peranan penting dalam keberhasilan beternak kambing, kandang kambing yang ideal akan memberikan dampak yang baik pada kesehatan kambing. Kandang kambing yang baik dilihat dari beberapa faktor diantaranya luas kandang terhadap populasi atau jumlah kambing yang akan diternak, sanitasi atau kebersihan, dan juga arah kandang menghadap. Kandang kambing harus dibuat dengan benar-benar agar mampu menunjang keberhasilan ternak kambing, kandang kambing berfungsi menjaga ternak dari perubahan cuaca, gangguan luar seperti hewan buas, membantu pemilik untuk memudahkan dalam memantau.

Ciri-ciri kandang kambing yang sehat, Cara membuat kandang kambing yang sehat, bentuk kandang kambing yang ideal, syarat kandang kambing yang baik, Peternakan, Ternak Kambing, Kandang kambing


Bagaimana Kriteria Kandang Kambing Yang Sehat

Yap,,kandang kambing yang sehat haruslah terjaga kesehatannya agar ternak kambing dapat nyaman tinggal dan tidak terganggu karena kondisi kotor. Berikut beberapa kriteria kandang kambing yang ideal dan sehat:
  1. Mampu menampung Jumlah kambing yang ada, idealnya 1 ekor kambing menampati 1,5 meter x 1,5 meter.
  2. Kandang terbuat dari bahan yang kuat, dan memiliki atap yang menahan bocor dan panas.
  3. Desain kandang kambing memudahkan dalam melakukan pembersihan kotoran
  4. Desain kandang membuat kotoran kambing mudah jatuh sehingga tidak membuat kotor lantai
  5. Sirkulasi udara dan cahaya matahari mampu masuk ke kandang
  6. Kandang kambing mampu melindungi kambing dari ancaman hewan buas.
Melihat beberapa kriteria di atas tentunya sudah bisa ditentukan bagaimana cara membuat kandang kambing yang baik dan sehat.

Model Kandang Kambing

Model kandang kambing yang mampu menjaga kebersihan kandang adalah model kandang panggung, kandang panggung mendukung kebersihan kandang karena kotoran dan air seni kambing dapat langusng turun sehingga tidak mengotori atau menggenang di area kambing beraktifitas.

Ciri-ciri kandang kambing yang sehat, Cara membuat kandang kambing yang sehat, bentuk kandang kambing yang ideal, syarat kandang kambing yang baik, Peternakan, Ternak Kambing, Kandang kambing

Kandang type panggung juga memungkinkan pemiliki ternak bisa dengan mudah membersihkan kandang secara berkala, sehingga kebersihan kandang tetap terjaga. Hal ini akan menekan pertumbuhan jamur dan bibit penyakit.


Posisi Kandang Kambing

Kandang kambing yang sehat tentunya mendapat sinar matahari yang cukup setiap harinya, ketika membuat kandang kambing usahakan menghadap matahari terbit. Penyinaran matahari ini membuat kambing tetap sehat dan jauh dari serangan jamur yang dapat menyebabkan penyakit kulit.

Selain untuk mendapatkan sinar matahari, tentunya kenyamanan tetangga juga perlu diperhatikan. Kecenderungan kambing yang memiliki bau menyengat terutama kambing jantan tentunya perlu dipertimbangkan saat akan membuat kandang kambing. Buatlah kandang kambing minimal 10 meter dari rumah, dan bila diperlukan jauh dari perumahan.

Desain Tempat Makan Kambing

Dari beberapa sumber diperoleh bahwa posisi tempat makanan kambing sebaiknya dibuat lebih tinggi dari posisi kepala kambing saat normal, sehingga memungkinkan kambing makan dengan posisi badan bagian depat lebih tinggi dari badan bagian belakang.

Itulah beberapa kriteria membuat kandang kambing yang sehat dan ideal untuk menunjang keberhasilan beternak kambing. Namun, pembuatan kandang juga harus didukung dengan pembersihan kandang secara berkala dan tentunya cara memilih bibit kambing yang baik memegang peranan penting terhadap keberhasilan beternak.

loading...

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BijiBersemi.Com

Blog, Updated at: 10:12 PM

0 komentar:

Post a Comment