Membuat Kanopi Dari Baja Ringan, Ini Kuncinya


Cara Memasang Rangka Atap Baja Ringan Yang Benar -Baja ringan merupakan terobosan baru untuk perlengkapan pembangunan rumah pengganti kayu, kelebihan-kelebihan yang dimiliki rangka baja ringan membuat banyak masyarakat mulai melirik untuk memanfaatkan baja ringan sebagai bahan bangunan sebagai pengganti kayu.Baja ringan tidak mudah karatan, relatif lebih ringan, dan sangat mudah untuk dibongkar dan pasang.

cara memasang atap baja ringan, cara memasang baja ringan untuk kanopi, harga rangka baja ringan, perhitungan kebutuhan baja ringan, Tips Praktis,

Berapa harga Rangka atap Baja Ringan ?

Harga baja ringan memang variatif tergantung dari merk dan ketebalan baja ringannya, namun kisaran harga baja ringan seperti daftar berikut:

- Kasau panjang 6 meter Rp 65,000 - Rp 70,000
- Reng panjang 6 meter Rp 43,000 - Rp 47,000
- Atap seng Rp 43,000 - Rp 50,000
- Atap seng multi roof Rp 50,000 - Rp 55,000


Kebutuhan bahan Baja ringan untuk Membuat Kanopi

Keperluan bahan untuk membuat kanopi tentunya sangat dipengaruhi oleh ukuran kanopi yang akan dibuat dan bentuk kanopinya, namun secara umum untuk membuat kanopi dengan ukuran 6 meter x 3 meter keperluan bahannya adalah sebagai berikut:
- Kasau panjang 6 meter 10 Batang
- Reng Panjang 6 Meter 5 batang (jika menggunakan atap seng panjang)
- Reng panjang 6 meter 12 batang (jika menggunakan atap seng multi roof)
- Baut seng dan Baut baja ringan sekitar Rp 150,000 (jumlah tidak pasti). 

Peralatan yang diperlukan membuat kanopi dari Baja ringan

Peralatan yang diperlukan untuk membuat kanopi dari rangka baja ringan adalah

  • Bor listrik
  • Mata bor khusus baut baja ringan (nomor 8)
  • Baut khusus baja ringan
  • Meteran
  • Penggaris Siku
  • Gunting Khusus Baja Ringan


Bagaimana Cara Membuat Kanopi dari Baja Ringan

Untuk membuat kanopi dari baja ringan tentunya langkah pertama adalah mengukur dan menentukan bentuk kanopi yang akan dibuat, hal ini akan sangat mempengaruhi kebutuhan rangka baja ringan.
cara memasang atap baja ringan, cara memasang baja ringan untuk kanopi, harga rangka baja ringan, perhitungan kebutuhan baja ringan, Tips Praktis,

1. Membuat Tiang-Tiang Penyangga

Bagian pertama yang harus dibuat adalah membuat tiang-tiang penyangga dari baja ringan kasau, pembuatan tiang penyangga dapat dibuat dengan berbagai bentuk sesuai keinginan dan ketersediaan bahan. Selain itu yang perlu diperhatikan adalah tinggi tiang penyangga, harus memperhitungkan kemiringan atap agar mampu mengalirkan air.

Untuk mengukur kemiringan atap dapat menggunakan water pass atau alat ukur lainnya yang bertujuan untuk mengetahui sudut kemiringan atap. Setelah tiang sudah dirangkai, langkah selanjutnya adalah menegakkan tiang dan merangkai antar tiang menggunakan kasau baja ringan.

Yang perlu diperhatikan adalah kelurusan tiang atau sering disebut dengan siku, setelah tiang dipastikan tegak, pasanglah penyiku dari sisa baja ringan.
cara memasang atap baja ringan, cara memasang baja ringan untuk kanopi, harga rangka baja ringan, perhitungan kebutuhan baja ringan, Tips Praktis,

2. Memasang Kasau

Setelah tiang dirangkai, langkah selanjutnya adalah memasang kasau dengan jarak 120 cm antar kasau (semakin rapat semakin kuat), pasanglah baut dengan menggunakan bor listrik. Pasang sampai semua kasau terpasang.

3. Memasang Reng dan atap

Setelah kasau terpasang, maka langkah selanjutnya adalah memasang reng dan atap. Jarak antar reng disesuaikan dengan panjang atap yang akan di pasang. Jika menggunakan atap seng panjang maka reng dipasang pada 3 bagian (ujung, tengah, dan ujung yang lainnya).

Setelah reng terpasang, dilanjutkan dengan pemasangan atap. Gunakan baut khusus atap seng yang dapat dibeli di toko-toko bangunan dekat rumah anda.

Itulah beberapa tips cara membuat kanopi dari baja ringan, cara memasang rangka baja ringan juga terbilang cukup mudah, anda cukup melihat dari konstruksi baja ringan yang ada disekitar tempat tinggal anda maka anda dapat melakukannya sendiri. Namun, anda juga memerlukan pengetahuan dasar pertukangan agar bisa menentukan sudut kemiringan dan kelurusan dari baja ringan yang akan dibuat kanopi, agar saat sudah jadi tidak mengecewakan. Sisa dari potongan-potongan rangka baja ringan juga bisa dimanfaatkan menjadi karya seni, seperti membuat kursi dari baja ringan.

loading...

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BijiBersemi.Com

Blog, Updated at: 10:36 PM

1 komentar:

  1. SELAMAT MALAM MAS...SAYA SANGAT TERTARIK DENGAN ARTIKEL MEMBUAT KANOPI DENGAN BAJA RINGAN...KALAU BOLEH SAYA MINTA GAMBARAN DETAILNYA MENGENAI CARA MEMBUAT SIKU-SIKUNYA, KUDA-KUDANYA DAN MERANGKAI TIANGNYA...EMAILKAN KE herirahmantotopdamtpr@yahoo.co.id .... YA MAS MKSH

    ReplyDelete