Menanam Pohon Cemara di Taman, Baca ini


Cara Menanam Pohon Cemara Udang Yang Benar - Cemara Udang merupakan salah satu pohon cemara yang banyak diminati masyarakan untuk ditanam di halaman rumah sebagai tanaman hias, bentuk pohon cemara udang sendiri berbeda dengan cemara-cemara yang biasa dijumpai dengan batang yang lurus menjulang, tanaman ini emiliki pohon yang bengkok-bengkok dan cabangnya tumbuh banyak serta rapat dengan daun-daun yang rapat, tidak mengherankan jika tanaman cemara udang ini jika tidak dirawat benar-benar akan sangat rimbun. Perawatan dan pemotongan tangkainya akan membantu pohon cemara menjadi indah dan menyerupai tanaman bunga yang dibonsai.

Menanam Tanaman Hias, Tanaman Hias, Cara menanam Bunga cemara udang, cara budidaya cemara udang yang benar, Cara membuat bonsai cemara udang, cara memperbanyak bibit cemara udang,


Tanaman cemara udang ini bukan dinikmati keindahan bunganya seperti tanaman hias lainnya, keindahan pohon cemara udang ini didapat dari bentuk batang-batangnya dan daunnya yang menyerupai tanaman bonsai. Menanam pohon cemara udang di halaman rumah akan menambah keindahan rumah anda.

Cara membudidayakan pohon cemara udang sebagai tanaman hias dapat dilakukan dengan beberapa langkah berikut. 

Menyiapkan Bibit Cemara

Cara budidaya pohon cemara udang dapat dilakukan dengan cara vegetatif (Stek) dan generatif (biji), cara memperbanyak bibit dengan menggunakan biji dinilai sangat membutuhkan waktu yang lama. Pembibitan dilakukan dengan mencari biji yang tua, dan melakukan penyemaian. Oleh karena itu, banyak pengrajin tanaman hias lebih memilih memperbanyak bibit cemera udang dengan cara mencangkok (vegetatif).

Pencangkokan dilakukan pada tangkai yang memiliki diameter sekitar 1cm, cara mencangkok pohon cemara dapat dilakukan dengan cara yang sama seperti cara mencangkok pohon srikaya atau tanaman yang lainnya. Buka kulit pohon cemara, dan tutup menggunakan tanah. Biasanya pencangkoka akan menghasilkan akar setelah 4 minggu.

Setelah cangkokan mengeluarkan akar, langkah selanjutnya potong pada bagian bawah ikatan cangkokan. Buka pembungkus tanah cangkokan (jangan sampai tanah cangkokan pecah). Tanam dan besarkan di polybag.

Menyiapkan Lahan Tanam

Jika anda ingin menanam pohon cemara udang di pot, maka siapkan pot dengan ukuran yang besar. Isi pot dengan campuran tanah gembur dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1. Isi pot sampai 2/3 bagian terisi tanah. dan biarkan pot sampai bibit pohon cemara siap dipindahkan.


Jika penanaman akan dilakukan di tanah secara langsung, maka sebaiknya pilih lokasi yang mendapatkan penyinaran matahari yang cukup lama (min 6 jam sehari) dan memiliki kondisi tanah yang subur. Penanaman di tanam pada halaman rumah akan memberikan keindahan pada rumah anda. Gali lubang tanam dengan ukuran 50cm x 50cm dengan kedalaman 50cm, isi lubang dengan pupuk kandang sampai 1/2 bagian terisi dan campurkan sedikit pasir (1 ember kecil). Biarkan lubang selama 3 minggu sebelum ditanami agar pupuk tercampur dengan baik ke tanah.

Menanam Bibit Cemara Udang

Setelah bibit hasil cangkokan hidup dan tumbuh di dalam polybag, langkah selanjutnya adalah memindahkan bibit cemara udang ke lahan tanam permanen yang sudah disiapkan. Buka plastik polybag secara perlahan agar tanah semaian tidak hancur. Masukkan bibit ke lubang tanam, dan tutup dengan sisa tanah galian.

Lakukan penyiraman sesaat setelah bibit cemara udang ditanam, dan lakukan perawatan yang rutin setelah tanaman tumbuh.

Merawat Tanaman Hias Cemara Udang

Cara perawatan tanaman hias cemara udang dilakukan dengan melakukan pemupukan ulang pada umufr tanam 4 bulan, gunakan pupuk NPK sebanyak 2 sendok saja. Taburkan pupuk disekitar pangkal pohon, namun jangan terlalu dekat.

Pemupukan ulang dengan menggunakan pupuk kandang juga diperlukan setelah umur tanam 6 bulan dan 1 tahun. Pemberian pipuk kandang juga jangan terlalu banyak agar tidak menyebabkan jamur atau pohon terserang hama.

Cara membuat bonsai cemara udang dilakukan dengan memotong dahan pohonnya dan bentuk sesuai keinginan anda. Pemotongan sebaiknya dilakukan secara perlahan dan sabar agar bentuk pohon dan daun lebih bagus.

Itulah beberapa langkah cara menanam pohon cemara udang sebagai tanaman hias, tanaman cemara udang akan menghiasi taman atau halaman rumah anda. Tanaman hias cemara udang jika sudah jadi dengan bentuk yang bagus dapat dihargai antara Rp 500rb sampai Rp 2jt, tentunya ini bisa menjadi solusi menambah penghasilan anda.

loading...

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BijiBersemi.Com

Blog, Updated at: 8:48 PM

0 komentar:

Post a Comment