Menanam Gambas (Oyong), Baca Ini Agar Panen Banyak


Cara Menanam Gambas / Oyong Yang Baik dan Benar - Gambas atau sering disebut dengan Oyong merupakan tanaman sayuran yang banyak dibudidayakan di perkarangan rumah dengan memanfaatkan lahan kosong yang ada. Cara tanam gambas atau oyong sendiri terbilang cukup mudah, tanaman ini sangat mudah tumbuh di mana pun. Tanaman oyong merupakan tanaman sayuran yang merambat seperti halnya labu siam dan pare. Untuk budidayanya pun dilakukan dengan para-para atau anjir sebagai media rambatan. Buah gambas atau oyong yang dimanfaatkan adalah buah yang masih muda, buah yang tua sudah tidak enak dimakan karena akan banyak seraburnya. 

Budidaya gambas di rumah, Cara menanam gambas, Cara menanam gambas di polybag, cara menanam oyong yang benar, manfaat gambas bagi kesehatan, Tanaman Sayuran,


Cara bercocok tanam gambas atau oyong ini dapat dilakukan dengan cara yang sama seperti cara menanam labu siam atau cara menanam pare, berikut langkah-langkah cara menanam gambas atau oyong yang baik dan benar agar menghasilkan buah yang banyak. 

Memilih Bibit Gambas/Oyong 

Menyiapkan bibit gambas dilakukan dengan mengambil biji gambas atau oyong dari buah gambas yang tua di pohon, biarkan buah sampai mengerin di pohon. Setelah itu petiklah, belah kulit buah gambas dan ambil bijinya. Jemur biji diterik matahari selama 1hari  dan angkat, kemudian letakkan pada wadah dan tempatkan di area yang teduh.

Jika anda tidak mau repot, bibit gambas juga dapat dibeli di kios-kios pertanian. Lihat tanggal kadaluarsanya, pilih bibit yang memiliki tanggal kadaluarsa masih lama. Dan pastikan kemasan bibit masih utuh dan tidak ada bolong-bolong sekecil apapun. Karena dikhawatirkan ada semut atau kutu yang memakan biji yang ada dalam kemasan

Menyiapkan Lahan Tanam Gambas

Sepertihalnya cara menanam labu siam, lahan untuk budidaya gambas juga harus diolah terlebih dahulu dengan cara menggemburkan menggunakan traktor ataupun cangkul.  Setelah itu, tambahkan pupuk kandang dan lakukan pengadukan menggunakan cangkul agar pupuk lebih tercampur merata.

Biarkan lahan tanam selama 1 minggu sebelum ditanami agar pupuk kandang telah tercampur sempurna dan unsur hara sudah stabil setelah digali. 

Menanam Bibit Gambas

Cara Tanam Gambas atau oyong ini tidak memerlukan penyemaian terlebih dahulu, biji gambas dapat ditanam langsung ke lahan tanam yang telah disiapkan. Buat lubang terlebih dahulu menggunakan cangkul atau tugal dengan jarak tanam adalah 2m x 2m.

Masukkan 2 buah biji gambas pada setiap lubang, kemudian tutup menggunakan tanah. Bibit Gambas atau oyong akan mengeluarkan tunas pada umur 5 hari setelah tanam.

Merawat Tanaman Gambas/Oyong

Cara merawat tanaman gambas dapat dilakukan dengan membersihkan rumput-rumput yang tumbuh di area penanaman, dan buatlah para-para sebagai rambatan pohon gambas jika sudah mulai menjulur. Ukuran antar tiang pancang 2m x 2m sesuai dengan jarak tanam dengan tinggi sekitar 200cm. Untuk anyaman para bagian atas dapat menggunakan kawat atau juga bisa menggunakan bambu.

para-para labu siam, menanam labu siam, manfaat labu siam bagi kesehatan

Jika tanaman gambas diserang kutu daun atau hama lainnya maka lakukan penyemprotan dengan menggunakan insektisida secukupnya sesuai takaran yang dianjurkan (baca aturan pakai pada kemasan). Jika anda tidak ingin menggunakan bahan kimia, belilah obat semprot organik yang dijual di kios-kios pertanian.

Pemanenan Buah Gambas

Masa panen gambas adalah pada umur 3 bulan dari penanaman. Panen sebaiknya dilakukan pada pagi hari untuk mendapatkan buah gambas yang segar dan yang perlu diperhatikan bahwa buah gambas atau oyong yang enak adalah buah yang muda. Jangan terlalu lama membiarkan buah gambas di pohonnya karena akan menyebabkan tidak enak dikonsumsi.

Itulah beberapa langkah cara menanam gambas atau oyong yang benar dan cara perawatannya agar menghasilkan buah yang banyak dan segar secara organik. Jika anda tidak memiliki lahan yang luas untuk budidaya gambas di kebun, maka lakukan penanaman gambas di di pot atau polybag. Cara menanam gambas di dalam pot atau polybag juga tidak begitu sulit, cukup sediakan polybag atau pot yang besar dan isi dengan campuran tanah dan pupuk kandang. Untuk para-para dapat memanfaatkan pagar atau yang lainnya. Cara ini dapat menjadi solusi dalam memenuhi kebutuhan sayuran di rumah anda.

loading...

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BijiBersemi.Com

Blog, Updated at: 9:58 PM

1 komentar:

  1. Dengan cara tanam yang sama kadang hasil bisa berbeda gan... ketekunan juga sangat berpengaruh pada hasil... Salam Sukses...
    Halotani

    ReplyDelete