Ketahui Cara Ini Sebelum Menanam Pohon Ketapang


Cara Menanam Pohon Ketapang Yang Benar - Ketapang atau katapang (Terminalia catappa) merupakan pohon yang memiliki dahan-dahan yang rindang, sehingga banyak yang memanfaatkan pohon ini sebagai tanaman peneduh di halaman rumah dan jalan-jalan. Pohon ketapang ini sejenis dengan pohon ketapang kencana, hanya saja pohon dan daun ketapang kencana lebih kecil. Cara membudidayakan pohon ketapang dapat dilakukan dengan beberapa langkah berikut:

Tanaman Perkebunan, Tanaman Hias, Cara menanam pohon ketapang yang benar, cara budidaya ketapang yang baik dan benar, cara merawat pohon ketapang,


Menyiapkan Bibit Ketapang

Untuk membudidayakan ketapang dengan menggunakan biji harus dilakukan penyemaian terlebih dahulu, pilih buah ketapang yang sudah tua dan  ambil bijinya. Jemur terlebih dahulu dibawah terik matahari selama 5-6 jam. Angkat dan letakkan di tempat yang teduh selama 24 jam. Semailah pada media semai seperti cara menanam pohon ketapang kencana atau di timbun dalam tanah secara langsung.

Setelah bibit ketapang tumbuh, pindahkan bibit ke dalam polybag. Jika anda sudah menyemai biji ketapang di polybag maka tidak perlu memindahkan, cukup menunggu bibit ketapang mencapai ketinggian 30cm untuk dipindahkan ke lahan tanam permanen.

Jika anda tidak ingin repot melakukan penyemaian, carilah bibit ketapang dari biji yang tumbuh di bawah pohon ketapang, biasanya banyak biji yang jatuh dan tumbuh di sekitar pohon induknya. Cabut dengan menyertakan tanahnya, dan pindahkan ke lokasi tanam yang diinginkan. 

Menyiapkan Lubang Tanam

Buatlah lubang tanam dengan ukuran 40cm x 40cm dengan kedalaman sekitar 40cm. Isi lubang dengan pupuk kandang sampai 1/2 bagian lubang terisi, biarkan lubang selama 2 minggu sambil menunggu bibit siap ditanam. Yang perlu di perhatikan, jangan menanam pohon ketapang dekat dengan bangunan rumah. Karena akar pohon ketapang dapat merusak konstruksi bangunan.



Menanam Bibit Ketapang

Bibit pohon ketapang yang telah disiapkan dapat dipindahkan ke lahan tanam permanen. Untuk menanam bibit ketapang maka polybag harus dirobek secara perlahan agar tanah semaian tidak pecah, masukkan bagian pangkal bibit ke dalam lubang tanam sedalam 15cm dan tutup dengan tanah. Lakukan penyiraman setelah bibit selesai di tanam. 

Merawat Tanaman Ketapang Kencana

Perawatan pada pohon ketapang yang perlu dilakukan adalah pemangkasan, pangkaslah dahan-dahan pohon kencana saat masih kecil agar tidak terlalu rindang dan tidak mengganggu kendaraan yang lewat jika di tanam di pinggir jalan. Namun jika di tanam jauh dari lalu lintas kendaraan, tidak perlu dipangkas.

Demikian artikel cara menanam pohon ketapang yang benar, jika anda menanam di halaman rumah dan berfungsi sebagai tanaman hias, maka sebaiknya pilih pohon ketapang kencana. Hal ini dikarenakan pohon ketapang kencana lebih kecil dan memiliki bentuk yang indah.

loading...

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BijiBersemi.Com

Blog, Updated at: 11:01 PM

2 komentar:

  1. berapa hari setelah penanaman ya ketapang berkecambah? mohon informasinya..

    ReplyDelete
  2. berapa hari setelah penanaman ya ketapang berkecambah? mohon informasinya..

    ReplyDelete