Pohon Leci Berbuah Lebat, Ini Cara Menanamnya


Cara Menanam Buah Leci dari Biji dalam Pot - Buah Leci (Litchi) atau sering juga disebut Buah Lici  merupakan salah satu tanaman buah favourit yang banyak disukai masyarakat, rasanya yang segar dan manis menjadikan buah leci kerap dijadikan sebagai bahan pembuatan minuman. Buah Leci sekilas nampak seperti rambutan, namun tidak memiliki rambut-rambut pada kulitnya, kulit buah leci memiliki duri kecil seperti Buah durian namun tidak tajam. Jika dibuka, daging buah dan bijinya menyerupai kelengkeng. Buah leci juga memiliki nilai jual yang cukup tinggi dibanding jenis buah yang lainnya. Manfaat buah leci bagi kesehatan juga cukup banyak seperti menyehatkan jantung, mencegah kanker, dan menyehatkan tulang. Cara membudidayakan Buah Leci juga tidak begitu sulit, untuk menanamnya dapat dilakukan dengan cara yang sama seperti cara menanam kelengkeng.

Tanaman Buah, Cara menanam buah leci dari biji, budidaya buah leci kom yang baik dan benar, manfaat buah leci bagi kesehatan, Cara menanam buah leci dari biji, Merawat pohon leci agar cepat berbuah, Menanam Tanaman Buah,

Cara menanam buah leci agar cepat berbuah harus memperhatikan keseburan tanah dan juga perawatan yang benar, Buah Leci memerlukan suhu antara 10-12 derajat celcius, namun ada varian dari buah leci yang mampu hidup di suhu panas yaitu Leci Kom. Berikut beberapa langkah cara menanam buah leci dari biji yang baik dan benar.

Menyiapkan Bibit Buah Leci

Untuk menanam buah leci dari biji, maka harus dilakukan dari biji yang berasal dari buah leci yang benar-benar tua dan dari silsilah pohon yang sehat dan berbuah lebat. Ambil Bijinya dan lakukan penjemuran di terik matahari selama 1 hari untuk mengurangi kandungan airnya.

Untuk mempercepat proses penunanasan, maka lakukan pendinginan biji leci seperti cara menanam bunga mawar. Biji leci ditempatkan pada kertas tissue dan letakkan pada lemari pendingin selama 3 hari (jangan di freezer).

Setelah itu Siapkan media semai menggunakan polybag yang diisi dengan campuran tanah dan pupuk kandang. Setelah biji dikeluarkan dari lemari pendingin, maka langkah selanjutnya adalah menanam biji ke media semai yang telah disiapkan.

Letakkan media semai pada area yang teduh, namun tetap terkena sinar matahari. Lakukan penyiraman dengan spray untuk menjaga kelembaban media semai agar membantu percepatan tunas.

Rawat bibit buah leci secara baik agar mendapatkan bakal pohon yang sehat dan batangnya kuat. Bibit hasil semai biji dapat ditanam ke lahan tanam permanen jika sudah memiliki tinggi sekitar 50cm.

Jika anda tidak ingin repot dan tidak mau menunggu lama untuk memiliki pohon buah leci yang berbuah, maka cara vegetatif merupakan cara yang tepat. Yaitu dengan menyiapkan bibit hasil cangkok atau okulasi. Bibit leci sudah banyak dijual di kios-kios penjual bibit tanaman. Tanyakan secara detail tentang jenis bibit leci yang akan anda beli, dan perhatikan kesehatan bibitnya. Hal ini menjadi kunci sukses dalam menanam buah leci.

Menyiapkan Lahan Tanam

Tanaman buah leci sangat menyukai tanah yang gembur dan subur, oleh karena itu anda harus menentukan area yang tepat untuk menanam buah leci agar mendapatkan tanaman buah leci yang berbuah lebat.

Untuk menanam tanaman buah Leci di dalam pot, maka anda harus menyiapkan pot dengan ukuran yang besar atau bisa memanfaatkan drum bekas yang dipotong, isi pot tersebut dengan campuran tanah gembur dengan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1.

Namun jika anda ingin menanam buah leci di pekarangan rumah, maka pilihlah area yang subur, mendapat sinar matahari, dan tidak tergenang air saat hujan. Buatlah lubang tanam dengan ukuran 60cm x 60cm dengan kedalaman 50cm. Isi lubang dengan pupuk kandang sampai 2/3 bagian terisi. Biarkan lubang tanam seama 2 minggu sebelum ditanami agar pupuk kandang dapat terserap dengan sempurna. 

Menanam Bibit Buah Leci

Bibit buah leci dari hasil semai biji dapat dipindahkan jika sudah mencapai sekitar 50cm, untuk memindahkan bibit ke lubang tanam (pot atau halaman rumah), maka perlu disiram terlebih dahulu agar memudahkan melepas polybag semaian. Robek polybag dengan menggunakan pisau, dan pisahkan bibit beserta tanah semaian.

Masukkan bibit ke dalam pot atau lubang tanam yang telah disediakan, lalu tutup menggunakan sisa tanah yang ada. lakukan penyiraman sesaat setelah bibit selesai ditanam. Jika anda menanam pada area atau lahan yang luas maka jarak penanam buah leci yang baik adalah 8m x 8m.

Melakukan Perawatan Tanaman Buah Leci

Perawatan pada tanaman buah leci cukup dengan melakukan penyiangan dan pemupukan ulang menggunakan pupuk kandang. Pemupukan sebaiknya dilakukan setiap 3 bulan sekali pada 2 tahun awal agar pohon leci cepat pertumbuhannya. Pemupukan juga bisa menggunakan pupuk kimia, namun dosisnya jangan terlalu banyak dan jangan memupuk dekat dengan pangkal pohonnya, berikan jarak sekitar 20cm dari pangkal pohon buah leci.

Lakukan juga penyiraman sebanyak 2 kali dalam 1 haru pada awal-awal tanam, namun jika kondisi musim hujan penyiraman dapat dikurangi atau ditiadakan menyesuaikan tingginya curah hujan.

Masa Panen Buah Leci

Masa Panen bauh leci adalah sekitar 4-5 tahun setelah penanaman, namun bibit buah leci yang sudah banyak dikembangkan saat ini bisa menghasilkan buah pada umur 3 tahun seperti buah Leci Kom.

Pemanenan buah leci dapat dilakukan dengan cara memotong tanglai buahnya, bauh leci yang matang terasa lebih lunak saat dipencet, agar yakin saat melakukan pemanenan sebaiknya ambil beberapa sampel buah untuk dites kematangannya.

Itulah beberapa langkah cara menanam buah leci dari biji dan dari cangkok, penanaman di dalam pot maupun kebun memiliki kelebihan masing-masing tentunya. Harga buah leci di pasaran juga sangat tinggi, bisa mencapai 60rb per kilo. Ini bisa menjadi solusi memanfaatkan lahan kebun agar bisa dibudidayakan tanaman buah leci. Jika produksi buah leci anda besar, maka sasaran pasarnya adalah industri makanan atau minuman olahan.

loading...

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BijiBersemi.Com

Blog, Updated at: 3:19 PM

7 komentar:

  1. kalau soal buah, antara leci dataran tinggi dan leci com perbedaan yang mencolok apa ya??

    jual bibit jeruk, mangga, durian, dll

    ReplyDelete
  2. di tepi rumah saya ada sepohon pokok laici yg ditanam dari biji.kata ibu udah hampir mencecah 10tahun tapi sampai sekarang masih belum berbuah apalagi mau lihat bunganya.pohonnya cantik dan daunnya lebat rendang tapi enggak pernah berbuah.tau nggak apa perlu dibuat agar pokok lici ini bisa berbuah? trima kasih ya =)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin bisa di semprot ganda sil b pak atau gardena b agar merangsang pembentukan bunga

      Delete
  3. jual bibit leci dataran rendah harga 200 rb an
    hub dalbo 08563268832

    ReplyDelete
  4. saya juga tanam leci dari biji lebih dari 15 th subur tinggi dan rindang tp belum ada tanda tanda berbunga ...selalu berkhayal bs berbuah...

    ReplyDelete
  5. saya juga tanam leci dari biji lebih dari 15 th subur tinggi dan rindang tp belum ada tanda tanda berbunga ...selalu berkhayal bs berbuah...

    ReplyDelete