Memelihara Kambing, Perhatikan 3 Hal Berikut


Cara Memelihara Kambing Yang Baik dan Benar - Berternak Kambing dapat menjadi solusi bisnis anda, kebutuhan akan daging kambing juga tinggi terutama saat lebaran kurban dan harga jual kambing pada musim kurban dapat meningkat drastis. Tentunya untuk mengundang ketertarikan para pembeli haruslah ditunjang dengan kualitas dari kambing-kambing yang dijual, kualitas kambing sebagai hewan ternak tentunya tidak lepas dari bagaimana cara memelihara kambing tersebut. Beberapa faktor penting yang mendukung keberhasilan beternak kambing diantaranya:

Cara beternak kambing yang benar, Cara memelihara kambing, Faktor yang mempengaruhi kesuksesan ternak kambing, Peternakan, Ternak Kambing, tips berternak kambing,

1. Pembibitan Kambing

Jenis kambing memiliki peranan penting terhadap kualitas kambing itu sendiri, seperti bentuk, ketahanan terhadap penyakit, dan nilai jual. Beberapa jenis kambing yang banyak dibudidayakan di Indonesia diantaranya : Kambing Kacang dan Kambing Etawa.

Jenis kambing kacang paling banyak dibudidayakan, kambing ini memiliki perawakan yang relatif lebih kecil dibanding kambing etawa dan banyak dijumpai hampir di seluruh daerah di Indonesia. Namun dari harga, kambing etawa lebih mahal dibanding kambing jenis kacang.

Cara memelihara kambing, Faktor yang mempengaruhi kesuksesan ternak kambing, Ternak Kambing, Cara beternak kambing yang benar, tips berternak kambing,

Untuk menyiapkan bibit kambing untuk dikembangbiakkan maka perlu memeperhatikan beberpa hal berikut:
  • Pilih jenis kambing yang anda harapkan
  • Pilih Induk kambing yang memiliki badan sehat, bentuk badannya bagus, bulu tumbuh sehat dan mengkilap, tidak cacat.
  • Pilih kambing jantan yang sehat dan bagus untuk dijadikan pejantan.

2. Kualitas Makanan

Makanan untuk ternak kambing memberikan nutrisi yang berguna bagi kesehatan kambing peliharaan, pakan yang baik adalah rumput dan dedaunan hijau dari jenis tanaman yang disukai kambing. Namun pemberian pakan buatan juga bisa dilakukan sesekali untuk memenuhi kebutuhan vitamin.

Pemberian makanan juga harus rutin dilakukan karena kambing relatif sering makan, bila perlu kambing yang diternak dapat dilepas ke lahan yang ditumbuhi rumput-rumput (angon).

Bentuk wadah makanan kambing di kandang juga sebaiknya didesain lebih tinggi sehingga posisi kambing saat makan sedikit naik, hal ini dapat mempengaruhi pola makan kambing.



3. Kesehatan Kandang

Sanitasi kandang sangat berpengaruh terhadap kesehatan kambing-kambing yang ada di dalamnya, buatlah kandang menghadap ke timur agar mendapatkan sinar matahari pagi. Namun jika tidak memungkinkan menghadap timur, maka buatlah kandang jangan terlalu tertutup agar sikulasi udara dan sinar matahari dapat masuk dengan baik ke kandang.

Kondisi kandang yang tidak bersih dapat menimbulkan bibit penyakit pada kambing seperti jamur yang mengakibatkan masalah pada kulit kambing (gudik). Lakukan pembersihan kotoran-kotoran kambing secara berkala untuk mengantisipasi pertumbuhan bibit penyakit. Desain kandang untuk kambing yang paling baik adalah sistem panggung dengan lantai berongga, karena memungkinkan kotoran dapat langsung turun dan idak banyak menempel di lantai.

Luasan kandang juga memegang peranan penting terhadap kesehatan kandang, perhatikan daya tampung kandang saat berniat membuat kandang untuk kambing.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memeilihara kambing, tentunya faktor keberhasilan beternak kambing sangat banyak namun jika beberapa hal di atas sudah dilakukan dengan baik dan benar akan menghasilkan kambing yang sehat dan bernilai jual tinggi.

loading...

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BijiBersemi.Com

Blog, Updated at: 3:44 PM

0 komentar:

Post a Comment