Budidaya Labu Kabocha, Baca Ini Agar Tidak Salah


Cara Menanam Labu Kabocha Yang Benar - Labu Kabocha merupakan jenis labu yang berasal dari Jepang, bentuk labu Kabocha sama dengan labu kuning yang ada di Indonesia. Namun warna kulit dari labu kabocha lebih merah dan ukuran labu kabocha lebih kecil dibanding dengan labu kuning. Labu Kabocha banyak memiliki manfaat pada kesehatan diantaranya menurunkan risiko osteoporosis, mencegah hipertensi, memperlancar pencernaan, mencegah kanker, menyehatkan jantung, dan mencegah penuaan dini. Cara tanam labu kabocha juga terbilang mudah, tanaman ini menjalar sehingga memerlukan anjir untuk menjalar.

labu kabocha, labu golden mama

Cara bercocok tanam labu kabocah yang benar dapat dilakukan dengan cara yang sama dengan cara menanam semangka atau blewah, namun perlu dibuat anjir seperti cara menanam kacang panjang sebagai tempat rambatan. Berikut beberapa langkah cara menanam labu kabocha yang baik dan benar.

Menyiapkan Bibit Labu Kabocha

Bibit labu kabocha saat ini sudah banyak dijual di toko-toko online yang menjual bibit tanaman, atau juga dapat diperoleh di kios-kios pertanian, baca dan periksa kemasan bibit dengan benar. Jangan sampai ada kerusakan kemasan dan kadaluarsa.

Jika anda memiliki rekan atau saudara yang pernah membudidayakan labu kabocha, anda bisa meminta biji labu kabocha yang berasal dari bua labu yang sudah cukup tua.

Cara menanam bibit labu Kabocha dilakukan dengan cara menanam langsung biji-biji labu kabocah ke lahan tanam yang telah disiapkan. 

Menyiapkan Lahan Tanam

Lahan tanam untuk menanam labu kabocha harus diolah terlebih dahulu seperti cara menanam lobak putih. Pengolahan dilakukan dengan menggemburkan tanah terlebih dahulu menggunakan bajak atau cangkul, setelah itu bentuklah bedengan dengan ukuran lebar 80cm - 120cm meter dan ketinggian 40 cm. Taburkan pupuk kandang secara merata dan jika ada jerami sisa panen padi dapat juga ditebarkan di atas tegalan. Jika anda menginginkan pelatik mulsa, pasanglah pelastik mulsa untuk mengurangi tumbuhnya rumput-rumput di area tanam blewah. Biarkan lahan taman selama seminggu sebelum ditanami. 

labu kabocha, labu golden mama, labu kuning, menanam labu kabocha

Menanam Biji Labu Kabocha
 
Seperti halnya menanam kedelai di sawah atau menanam jagung, biji labu kabocha ditanam dengan bantuan tugal (kayu yang diruncingkan). Buatlah lubang dengan cara menghujamkan tugal ke tanah dengan jarak 40 cm x 40cm antar lubang tanam. Jika anda menggunakan pelastik mulsa, maka sebelum membuat lubang tanam sebaiknya anda membuat lubang pada mulsa terlebih dahulu dengan menggunakan besi bulat yang dipanaskan.

Isikan 2 biji labu kabocha pada setiap lubang tanam yang dibuat, kemudian lakukan penutupan dengan menginjak lubang secara perlahan.  

Perawatan Pada Labu Kabocha

Cara merawat tanaman labu kabocha dapat dilakukan dengan penyulaman jika biji yang ditanam tidak tumbuh, bersihkan rumput-rumput yang tumbuh di sekitar tanaman. Dan lakukan pemupukan dengan pupuk kandang pada umur 3 minggu, jika diperlukan lakukan pemupukan dengan pupuk kimia yaitu pupuk NPK secukupnya.

Seiring pertumbuhannya, batang labu kabocha akan menajalar. Tanaman ini sebenarnya juga bisa menghasilkan buah jika dibiarkan menjalar di tanah seperti semangka. Namun hasil panennya tidak akan maksimal, oleh karena itu perlu dibuatkan anjir atau para-para untuk menopang dan sebagai rambatan batang labu kabocha.

Pembuatan para-para sebaiknya dari bambu yang kokoh, karena para-para atau anjir ini akan menahan beban yang besar dari buah labu kabocha. 

Pemanenan Buah Labu Kabocha

Budidaya labu kabocha terbilang cukup singkat, tanaman ini biasanya akan menghasilkan buah yang siap panen pada umur 3 bulan dari penanaman. Pemetikan dilakukan dengan memotong tangkai buah dengan pisau atau gunting. 

Buah labu kabocha juga tidak mudah busuk, buah ini mampu bertahan sampai 1 tahun setelah dipanen asalkan tangkainya disisakan di labunya saat pemanenan.

Itulah beberapa langkah cara menanam labu kabocha agar menghasilkan buah yang banyak. Labu kabocha sendiri selain dapat dibudidayakan di kebun, tanaman ini juga bisa di tanam di dalam pot atau polybag. Cara menanam labu kabocha di pot atau polybag tentunya hampir sama dengan menanam blewah di kebun, hanya saja lahan tanam yang perlu disiapkan adalah pot atau polybag.

loading...

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BijiBersemi.Com

Blog, Updated at: 5:19 PM

0 komentar:

Post a Comment