Yakin Ingin Menanam Bayam ? Baca Dulu Ini


Cara Menanam Bayam Di Polybag atau Kebun - Bayam merupakan tanaman sayuran yang kaya akan zat besi, tanaman sayuran yang satu ini banyak sekali diminati oleh masyarakat indonesia. Berbagai macam jenis masakan menggunakan bahan baku berupa daun bayam, selain sebagai bahan masakan, daun bayam juga digoreng menggunakan tepung sebagai camilan. Jenis bayam sendiri ada 2 macam yang sudah banyak dibudidayakan di Indonesia, yaitu Bayam cabut dan Bayam Tahun atau Bayam Hijau

bayam, budidaya bayam, bayam cabut, bayam merah, bayam hijau

Bayam sendiri memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia, diantaranya: menjaga kesehatan mata, menjaga kesehatan jantung, mencegah terjadinya kanker, menjaga kesehatan tulang, memperlancar pencernaan, dan baik untuk penderita anemia.

Cara membudidayakan tanaman bayam tidak jauh berbeda dengan cara menanam kangkung atau cara menanam kemangi, budidayanya dilakukan dengan cara menanam biji bayam. Berikut beberapa langkah cara menanam bayam yang baik dan benar

Menyiapkan Bibit Bayam

Bibi bayam dapat diperoleh dengancara mengambil biji-biji bayam yang terdapat pada bunga bayam yang telah tua dan mengering. Cara memisahkan biji bayam dapat dilakukan dengan jara memukul-mukulkan bunga bayam ke lantai secara perlahan-lahan, maka biji-biji bayam akan berjatuhan.

Jika anda tidak ingin repot, anda dapat membeli bibit bayam di kios-kios pertanian yang menjual bibit tanaman atau juga membeli di toko online yang menjual bibit.

Periksa kelayakan bibit dari waktu kadaluarsanya, kemasan bibit yang masih utuh dan tidak ada bolong-bolong. Baca secara seksama jenis dan syarat tumbuh bayak yang ada di kemasan bibit. Sesuaikan dengan wilayah yang ada di daerah anda. 

Untuk menanam bayam dapat dilakukan dengan melakukan penyemaian terlebih dahulu, juga dapat langsung menanamnya tanpa disemai. Namun sebaiknya lakukan penyemaian agar tanaman tidak terlalu rapat dan anda lebih mudah memilih kualitas bibit setelah tumbuh. 

Menyiapkan Lahan Tanam Bayam

Jika anda menginginkan menanam bayam di polybag atau pot, maka siapkan polybag atau pot kemudian isi dengan campuran tanah dan pupuk kandang. Jumlah polybag atau pot disesuaikan dengan keperluan anda.

Namun jika anda menginginkan budidaya bayam dalam jumlah yang banyak, maka anda harus melakukan pengolahan lahan tanam untuk bayam anda. Pengolahan lahan dapat dilakukan seperti cara menanam kacang panjang, yaitu dengan menggemburkan tanah menggunakan bajak dan cangkul. Kamudian bentuk bedengan memanjang dengan ukuran lebar 80cm, tebal 30cm dan panjang disesuaikan dengan panjang kebun anda.

Jangan lupa untuk menaburkan pupuk kandang sambil menggemburkan dan membentuk guludan. Biarkan lahan yang telah disiapkan selama 1 minggu sebelum ditanami, agar pupuk kandang tercampur sempurna dan kondisi tanah stabil.

Menanam Bibit Bayam

Setelah bibit bayam yang disemai tumbuh mencapai 10cm, lakukanlah pemindahan ke lahan tanam permanen yang telah ditentukan. Untuk memindahkan bibit bayam dapat dilakukan dengan mencabut bibit-bibit tersebut.

Sebelum melakukan pencabutan sebaiknya lakukan penyiraman pada area semaian, kemudian cabut secara perlahan agar akar pohon bayam tidak rusak. Setelah itu tanam bibit bayam ke lahan tanam permanen dengan cara membuat lubang terlebih dahulu menggunakan jari anda.

Masukkan pangkal bibit, kemudian tutup kembali lubang dengan menekan menggunakan tanah. Jangan terlalu kuat dalam menekan agar pohon bayam tidak patah. Jarak tanam antar bibit adalah sekitar 15-20cm.

Untuk mensiasati agar tidak melakukan penyiraman, sebaiknya penanaman bayam dilakukan pada awal musim penghujan.

Pemeliharaan Tanaman Bayam

Perawatan yang dilakukan adalah dengan cara membersihkan lahan tanam dari rumput yang menghambat pertumbuhan bayam, lakukan penyulaman pada bibit bayam yang mati.

Jika ada tanaman bayam yang terkena hama, sebaiknya langsung dicabut dan buang jauh dari area penanaman atau lakukan pembakaran.

Memanen Bayam

Bayam dapat dipanen sekitar umur 1 bulan dari penanaman, atau disesuaikan dengan keinginan anda namun disesuaikan dengan kondisi tumbuh tanaman bayam. Pemanenan dilakukan dengan cara mencabut (jika bayam cabut) atau juga dengan memotong (jika bayam hijau). Pemanenan bayam dilakukan sebelum tanaman bayam mengeluarkan bunga.

Itulah beberapa langkah cara budidaya bayam baik dalam polybag maupun di kebun untuk semua jenis bayam seperti bayam cabut, bayam merah, maupun bayam hijau. Tanaman bayam selain memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, juga memiliki nilai ekonomis. Bayam banyak dikonsumsi oleh masyarakat sebagai bahan masakan.

loading...

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BijiBersemi.Com

Blog, Updated at: 10:49 PM

1 komentar:

  1. Terimakasih artikelnya. Sangat bermanfaat untuk menambah wawasan Cara Menanam Bayam yang baik dan benar.

    ReplyDelete