Inilah Cara Menanam Buah Mentega Yang Wajib Anda Tahu


Cara Menanam Buah Mentega - Buah mentega atau buah bisbul merupakan jenis tanaman buah yang masih satu rumpun dengan buah kesemek, dalam bahasa melayu buah ini sering disebut dengan buah lemak. Bentuk buah mentega hampir sama dengan buah kesemek, namun buah ini memiliki bulu-bulu halus di kulit buahnya. Warna buah mentega jika sudah matang adalah merah, dan isi dalamnya putih kekuning-kuningan. Buah mentega memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, diantaranya: Menjaga kesehatan mata, Menjaga kesehatan pencernaan, mencegah anemia, baik untuk memperbaiki sel tubuh yang rusak, dan masih banyak lagi.

Buah mentega, buah bisbul, menanam nuah mentega, budidaya bisbul

Untuk membudidayakan tanaman buah mentega/Buah Bisbul dapat dilakukan dengan  cara yang sama dengan cara menanam pohon kesemek, berikut beberapa lagkah cara menanam pohon buah mentega yang benar:

Menyiapkan bibit Buah Mentega

Cara membudidayakan mentega dapat dilakukan dengan beberapa cara diantaranya menggunakan biji, dan dengan sistem sambung batang/okulasi. Budidaya dengan cara biji dan tunas akar biasanya akan memerlukan waktu yang cukup lama untuk dapat berbuah, sekitar 7-10 tahun pohon Buah Mentega baru  akan berbuah.

Untuk membudidayakan Pohon Buah Mentega agar cepat menghasilkan buah dapat dilakukan dengan okulasi, yaitu menempelkan cabang pohon buah mentega yang sudah berbuah ke batang bawah hasil dari biji. Selain okulasi cara yang paling banyak digunakan adalah dengan sistem cangkok. Jika anda tidak ingin repot anda dapat membeli bibit di kios-kios penjual bibit tanaman, ciri bibit buah mentega hasil okulasi adalah adanya bekas sayatan di pangkal cabangnya atau berbentuk huruf V.

Bibit hasil pembelian sebaiknya jangan ditanam langsung, biarkan bibit 1-2 minggu untuk beradaptasi dengan lingkungan baru.

Membuat Lubang tanam

Buatlah lubang tanam dengan ukuran 50cm x 50cm dengan kedalaman 50cm, isi lubang dengan menggunakan pupuk kandang sampai 2/3 bagian terisi. Biarkan lubang tanam selama 2-3 minggu sebelum ditanami.
Buah Mentega, Buah Bisbul, Pohon Buah Mentega, Cara Menanam buah mentega
Pohon Buah Mentega

Jika anda ingin menanam dalam julah banyak, buatlah lubang yang sama dengan jarak antar lubang adalah 3m x 3m untuk mendapatkan jarak tanam yang memberikan ruang untuk pohon buah mentega tumbuh.

Menanam Bibit Buah Mentega

Bibit yang sudah disiapkan dapat ditanam ke lubang, lepaskan plastik polybag yang digunakan untuk pembibitan (jangan sampai Tanah pembibitan hancur). Tutup lubang menggunakan Tanah sisa galian yang ada disekitar lubang, dan lakukan penyiraman setelah penanaman selesai dilakukan. Sebaiknya penanaman dilakukan pada awal musim hujan agar anda tidak repot-repot untuk melakukan penyiraman.

Merawat Pohon Buah Mentega

Perawatan harus dilakukan seperti melakukan penyiangan rumput-rumput liar yang tumbuh disekitar tanaman, melakukan pemupukan tambahan menggunakan pupuk kandang setelah tanaman berumur 2-3 bulan dari penanaman, dan penyemprotan hama jika ada.

loading...

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BijiBersemi.Com

Blog, Updated at: 12:02 AM

1 komentar:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete