Baca Ini Sebelum Menanam Lidah Buaya Di Pot


Cara Menanam Lidah Buaya Agar Subur dan Cepat Besar - Tanaman Lidah Buaya (Aloe Vera) merupakan salah satu tanaman yang sering digunakan sebagai bahan penyubur rambut, penyembuh luka, dan untuk perawatan kulit. Lidah buaya juga banyak dibudidayakan sebagai tanaman hias di rumah-rumah. Saat ini tanaman lidah buaya juga banyak digunakan sebagai bahan makanan dan minuman, serta banyak dimanfaatkan sebagai bahan baku kosmetik. 

Lidah Buaya, Manfaat Lidah Buaya, Aloe Vera, Menanam Lidah Buaya

Dari berbagai sumber bacaan online, diketahui bahwa lidah buaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Beberapa manfaat lidah buaya bagi kesehatan tubuh diantaranya: Menjaga kesehatan kardiovaskuler, Menjaga daya tahan tubuh, menjadi sumber asam amino, memperlancar sistem pencernaan, dan membantu penderita diabetes. Untuk membudidayakan lidah buaya sebagai tanaman hias dalam pot dapat dilakukan dengan beberapa langkah sederhana berikut:

Menyiapkan Bibit Lidah Buaya

Untuk menyiapkan bibit lidah buaya tidak berbeda jauh dengan cara mempersiapkan bibit bunga lidah mertua, agar menghasilkan tanaman lidah buaya yang cepat tumbuh maka pembibitan dilakukan dengan mengambil tunas yang tumbuh disekitar indukan. 

Ambilah salah satu tunas dari indukan lidah buaya yang subur dan memiliki rimpang yang sehat. Pada saat pencabutan tunas sebaiknya menggunakan alat bantu seperti pisau atau golok agar akar dari tunas tidak tertinggal.

Menyiapkan Pot Bunga

Siapkan pot Bunga dengan ukuran sedang, pastikan bahwa bagian bawah pot memiliki lubang untuk mengalirkan air. Masukkan pecahan genting atau batu split pada dasar pot, hal ini bertujuan agar lubang pot tidak tersumbat. 

Kemudian masukkan campuran tanah, pupuk kandang, dan pasir ke dalam pot dengan perbandingan 2 : 2 : 1 ( 2 Tanah : 2 Pupuk Kandang : 1 pasir). Pengisian tanah dilakukan sampai menyisakan sekitar 10 cm bagian pot saja yang tidak terisi. Biarkan pot tersebut selama 1 minggu sebelum di tanami.

Menanam Lidah Buaya

Cara menanam lidah buaya sama persis dengan cara menanam lidah mertua,  cukup dengan menancapkan tunas yang telah diambul dari indukan ke dalam pot atau lubang tanam yang telah disediakan. Penancapan bibit lidah buaya sebaiknya jangan terlalu dalam, tancapkan sekitar 15cm saja, kemudian tutup kembali dengan tanah yang ada disekitar lubang. Padatkanlah dengan menekan menggunakan tangan anda.

Siram lah ludah buaya yang baru anda tanam, namun jangan terlalu basa. Cukup dengan menggunakan sistem spray untuk menjaga kelembaban media tanam. Letakkan pot yang telah ditanami di area yang terkena sinar matahari, namun untuk awal penanaman sebaiknya jangan diletakkan di area yang terkena sinar matahari cukup terik. Letakkan di area yang teduh, namun tetap mendapat asupan sianr matahari.

Merawat Tanaman Lidah Buaya

Perawatan yang dilakukan pada tanaman lidah buaya adalah dengan melakukan penyiraman, namun sebaiknya jangan terlalu sering dilakukan karena tanaman bunga lidah buaya merupakan tanaman yang tidak terlalu menyukai lahan tanam yang basah. Oleh karena itu lakukan penyiraman 2-3 hari sekali.

Pemupukan juga sebnaiknya dilakukan kembali, pemupukan pertama setelah penanaman dilakukan setelah 1 tahun dari penanaman yaitu dengan menggunakan pupuk kandang atau kompos. 

Itulah beberapa langkah cara menanam lidah buaya di dalam pot yang dapat anda lakukan di rumah masing-masing. Tanaman ini akan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan keluarga anda. Selain ditanam di dalam pot sebagai tanaman hias, lidah buaya juga bisa ditanam di kebun untuk keperluan industri. Cara menanam lidah buaya di kebun juga tidak terlalu jauh berbeda dengan cara menanam lidah buaya di pot. Yang perlu disiapkan adalah lahan tanam yang digemburkan dan dibentuk tegalan seperti cara menanam cabe dan menanam kacang panjang.

loading...

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BijiBersemi.Com

Blog, Updated at: 4:14 PM

0 komentar:

Post a Comment