Baca Tips Ini Agar Pohon Durian Anda Cepat Berbuah


Cara Menanam Durian Agar Cepat Berbuah - Durian adalah nama tumbuhan tropis yang berasal dari wilayah Asia Tenggara, sekaligus nama buahnya yang bisa dimakan. Nama ini diambil dari ciri khas kulit buahnya yang keras dan berlekuk-lekuk tajam sehingga menyerupai duri. Sebutan populernya adalah "raja dari segala buah" (King of Fruit). Durian adalah buah yang kontroversial, meskipun banyak orang yang menyukainya, namun sebagian yang lain malah muak dengan aromanya. (sumber : wikipedia)

durian

Terdapat lebih dari 55 varietas/jenis durian budidaya. Hingga 2005 terdapat 38 kultivar unggul yang telah diseleksi dan diperbanyak secara vegetatif, yaitu: (sumber : wikipedia)
  • 'Gapu ', dari Puncu, Kediri, Jawa Timur
  • 'Hepe', bijinya kempes dengan daging tebal
  • 'Kelud', dari Puncu, Kediri, Jawa Timur
  • 'Ligit', dari Kutai
  • 'Mawar', dari Long Kutai
  • 'Ripto', dari Trenggalek
  • 'Salisun', dari Nunukan
  • 'Selat', dari Jaluko, Muaro Jambi
  • 'Sememang', dari Banjarnegara
  • 'Tong Medaye', dari Lombok, NTB
  • 'Bentara', dari Kerkap, Bengkulu Utara
  • 'Bido Wonosalam', dari Jombang, Jawa Timur
  • 'Perwira', dari Simapeul, Majalengka
  • 'Petruk', dari Dukuh Randusari, Desa Tahunan, Jepara, Jawa Tengah
  • 'Soya', dari Ambon, Maluku
  • 'Sukun', bijinya kempes dengan daging tebal
  • 'Sunan', dari Boyolali
  • 'Kani' ("chanee", durian bangkok)
  • 'Otong', (alihnama dari durian "monthong", durian bangkok, di Malaysia disebut klon D159)
Untuk budidaya pohon durian dapat dilakukan dengan biji (generatif) dan melalui okulasi atau sambung pucuk (vegetatif). Berikut langkah-langkah menanam durian yang benar:


Menyiapkan Bibit Durian

Jika anda menginginkan pohon buah durian yang cepat menghasilkan buah, maka cara budidaya menggunakan biji akan sangat tidak cocok. Pohon durian yang ditanam dari budidaya melalui biji akan menghasilkan buah pada umur tanam sekitar 10 tahun, sedangkan bibit durian dari hasil okulasi atau sambung pucuk akan menghasilkan buah pada umur tanam 8 tahun. Namun jika kualitas pohon prima, anda akan melihat pohon durian yang anda tanam berbuah pada umur 5 tahun. Oleh karena itu, jika anda ingin pohon durian tanaman anda cepat berbuah, maka Anda perlu menyiapkan bibit hasil sabung pucuk atau okulasi.

Jika anda tidak ingin repot, maka lakukan pembelian bibit di kios-kios penjual bibit cangkokan. Bibit durian hasil cangkokan harganya juga cukup terjangkau. Sebaiknya anda tanyakan terlebih dahulu mengenai bibit durian jenis apa yang dijual di kios tersebut. Pilihlah bibit durian yang kondisinya prima, terlihat dari batang pohonnya dan juga kondisi daunnya.

Membuat Lubang Tanam

Pembuatan lubang tanam sebaiknya memperhatikan intensitas penyinaran matahari ke lokasi tanam tersebut, pohon durian memerlukan sinar matahari minimal 6 jam sehari. Sehingga lokasi pembuatan lubang sebaiknya di area yang tidak terlindung.

Untuk membuat lubang tanam dalam budidaya durian dapat dilakukan dengan cara menggali tanah dengan ukuran 50cm x 50cm dengan kedalaman 50-60cm. Setelah itu, isi lubang dengan pupuk kandang atau kompos sampai 2/3 bagian lubang terisi, tutup kembali lubang dan biarkan selama 1 bulan sebelum ditanami. Jika anda ingin menanam durian dalam jumlah banyak, maka buatlah lubang tanam dengan ukuran sama pada jarak 10m - 12m antar lubang.

Menanam Bibit Durian

Bibit yang sudah disiapkan dapat ditanam ke lahan tanam yang sudah disiapkan, lepas polybag secara perlahan agar tanah semaian tidak pecah. Gali kembali lubang dengan menggunakan cangkul, dan masukkan bibit ke dalam lubang tanam. Tutup dan padatkan lubang tanam secara perlahan. Lakukan cara yang sama sampai semua lubang tertanami, setelah itu lakukan penyiraman.

Bibit durian yang baru ditanam memerlukan penyiraman yang rutin pada pagi dan sore hari, kecuali saat musim penghujan. Oleh karena itu, sebaiknya anda mulai menanam pohon buah durian pada awal musim penghujan.

Merawat pohon Durian 

Perawatan yang dilakukan adalah dengan melakukan penyulaman bibit durian yang mati, serta melakukan pemupukan ulang dengan pupuk kandang saat umur tanaman mencapai 4 bulan setelah penanaman. Lakukan pembersiahan rumput dan semak yang tumbuh di sekitar bibit durian yang anda tanam, agar bibit durian bisa tumbuh dengan baik.

Itulah beberapa langkah tips agar pohon durian cepat berbuah, kunci dari perkembangan pohon durian adalah sinar matahari yang cukup, kondisi tanah netral dan subur. Buah durian memiliki rasa yang enak, dan juga bernilai ekonomis tinggi. Selain itu, buah durian juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, diantaranya: Memperkuat tulang dan gigi, mengontrol keseimbangan gula darah, mengatasi depresi, mengobati anemia dan insomnia, dan masih banyak lagi manfaat durian bagi kesehatan.

Referensi:
https://id.wikipedia.org/wiki/Durian

loading...

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BijiBersemi.Com

Blog, Updated at: 10:33 PM

1 komentar:

  1. hijaukan bumi kita yuuuk, dengan menanam buah durian....
    aneka jenis durian unggul ada di Indonesia, dengan membawa kelebihan dan keistimewaan masing-masing,

    jual bibit jeruk, mangga, durian, dll

    ReplyDelete