Perhatikan Hal Ini Untuk Menanam Apel dari Biji


Cara Menanam Buah Apel dari Biji - Apel adalah jenis buah-buahan, atau buah yang dihasilkan dari pohon buah apel. Buah apel biasanya berwarna merah kulitnya jika masak dan (siap dimakan), namun bisa juga kulitnya berwarna hijau atau kuning. Kulit buahnya agak lembek, daging buahnya keras. Buah ini memiliki beberapa biji di dalamnya. Orang mulai pertama kali menanam apel di Asia Tengah. Kini apel berkembang di banyak daerah di dunia yang suhu udaranya lebih dingin. Nama ilmiah pohon apel dalam bahasa Latin ialah Malus domestica. Apel budidaya adalah keturunan dari Malus sieversii asal Asia Tengah, dengan sebagian genom dari Malus sylvestris (apel hutan/apel liar).(sumber: wikipedia)


Budidaya buah apel akan memberikan keuntungan tersendiri mengingat harga buah apel lumayan tinggi di pasaran dibanding jenis buah lainnya. Untuk menghasilkan tanaman buah apel yang berkualitas dan mampu menghasilkan buah yang banyak tentunya perlu memperhatikan teknik penanaman yang benar dan perawatan yang maksimal. Untuk dapat menanam apel dari biji dapat dilakukan dengan beberapa langkah berikut:

Menyiapkan Benih

Untuk menghasilkan bibit pohon apel yang berkualitas, tentunya harus dilakukan seleksi biji yang benar. Pilihlah biji apel dari buah apel yang memiliki kualitas baik, ini bisa anda peroleh dari para petani apel yang ada disekitar anda. Namun jika hal itu tidak memungkinkah, anda dapat membeli dari kios-kios yang menjual bibit tanaman. Tidak jarang sekarang bibit tanaman buah sudah dijual di toko-toko online, sehingga anda tidak perlu repot untuk mendapatkannya. Anda bisa juga mengambil biji dari buah apel yang anda beli di pasar, namun bisanya daya tumbuhnya kecil.

Setelah anda mendapatkan benih apel yang terbukti kualitasnya, langkah selanjutnya adalah melakukan penyemaian. Buat media semai dengan menggunakan nampan semai atau polybag. Isi wadah semaian dengan campuran tanah, pupuk kandang dan pasir dengan perbandingan 1:1 :1.

Seperti halnya menanam pohon gaharu, rendam biji apel ke dalam air hangat terlebih dahulu, kemudian tiriskan dan setelah tidak ada air yang menetes selanjutnya taburkan biji apel ke media semai, kemudian tutup dengan tanah secara rata dan tipis. Lakukan penyiraman setelah selesai, penyiraman sebaiknya dengan spray agar tidak terlalu basah.

Setelah biji-biji apel tumbuh dan mencapai tinggi 10-15cm, lakukan pemindahan bibit ke polybag yang lebih besar agar bibit-bibit tersebut memiliki ruang tumbuh.

Menyiapkan Lahan Tanam

Buatlah lubang tanam dengan ukuran 40cm x 40cm dengan kedalaman 40cm. Buat lubang dengan ukuran yang sama pada jarak sekitar 3 meter antar lubang (jarak tanam 3 x 3). Isi semua lubang tanam dengan menggunakan campuran tanah dan pupuk kandang sampai 2/3 bagian terisi. Kemudian biarkan lubang selama 2-3 minggu sebelum ditanami.

Menanam Bibit Apel

Setelah bibit apel mencapai ketinggian sekitar 25-30cm, bibit apel dapat ditanam ke lahan tanam permanen. Robek polybag semaian secara perlahan dan masukkan bibit apel ke lubang tanam dengan sebelumnya menggali kembali lubang menggunakan cangkul. Setelah itu, tutup lubang dengan sisa galian tanah dan padatkan.

Merawat pohon Apel

Perawatan yang dilakukan adalah dengan melakukan penyulaman bibit apel yang mati, lakukan segera setelah terlihat ada pohob apel yang mati. Lakukan pemupukan secara berkala setiap 4 bulan dengan menggunakan pupuk kandang.

Jika pohon apel diserang oleh jamur batang dan hama, lakukan penyemprotan dengan insektisida dab pestisida. Selain itu, pemangkasan batang apel juga diperlukan seperti layaknya menanam srikaya agar tidak terlalu banyak cabang dan mempercepat proses pembuahan.

Itulah beberapa langkah cara menanam apel dari biji yang perlu anda tahu. Buah apel sangat banyak mengandung manfaat bagi kesehatan, diantaranya: mencegah dan mengobati kanker, menjaga kesehatan usus besar, menurunkan kolesterol dan mencegah penyakit jantung, baik untuk pencernaan, dan masih banyak lagi yang lainnya. Buah apel selain langsung dikonsumsi saat masih segar, juga banyak dimanfaatkan sebagai bahan minuman sari buah dan saus.

loading...

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BijiBersemi.Com

Blog, Updated at: 9:49 PM

0 komentar:

Post a Comment