Menanam Pohon Jeruk Manis - Baca Agar Tidak Salah


Cara Menanam Jeruk Manis - Jeruk manis sering disebut juga dengan Jeruk peras, pohon yang berkembang dengan baik di daerah tropis dan sub tropis ini menghasilkan buah yang segar dengan daging buahnya mengandung banyak cairan. Buah jeruk merupakan salah satu jenis buah yang banyak digemari masyarakat karena rasanya yang segar, selain itu juga kandungan vitamin C pada buah jeruk dapat bermanfaat bagi daya tahan tubuh. Beberapa manfaat buah jeruk manis bagi kesehatan diantaranya: Menurunkan risiko stroke, menstabilkan tekanan darah, mencegah kanker, menjaga kesehatan ginjal dan kesehatan mata.

jeruk manis, budidaya jeruk, cara menanam jeruk

Untuk membudidayakan pohon jeruk manis dapat dilakukan melalui biji (generatif) dan melalui cangkok atau okulasi (vegetatif). Berikut langkah-langkah menanam jeruk manis:

Menyiapkan Bibit Jeruk Manis

Jika anda ingin mempersiapkan bibit jeruk secara generatif (biji) maka anda harus mencari induk pohon jeruk yang kualitas buahnya telah terbukti baik. Anda bisa mendapat dari pertani jeruk atau membeli bibit dari kios pertanian. Untuk menanam biji jeruk anda harus menjemurnya terlebih dahulu sekitar 3 jam di terik matahari. Kemudian angkat dan letakkan di tempat yang teduh. Sebelum melakukan penyemaian sebaiknya biji jeruk direndam air hangat terlebih dahulu, angkat dan letakkan di kertas tisu selama 1 malam.

Siapkan media semai berupa tanah yang digemburkan dan dibentuk tegalan, campurkan pupuk kandang selama proses penggemburan. letakkan biji jeruk di lahan semai dan lapisi dengan tanah pada bagian atasnya. Setelah bibit mencapai tinggi 10cm - 15cm, pindahkan bibit ke polybag yang diisi dengan campuran tanah dan pupuk kandang. Jumlah polybag disesuaikan dengan banyaknya biji jeruk yang disemai. Letakkan polybag-polybag semaian di area yang teduh namun tetap mendapat sinar matahari. Biarkan sampai bibit jeruk siap ditanam ke lahan tanam permanen (tinggi bibit sekitar 80cm).

Jika anda menginginkan tanaman jeruk yang cepat berbuah, maka metode vegetatif akan sangat cocok. Seperti layaknya cara menanam srikaya dengan cangkok, menanam jeruk secara cangkok akan memberikan manfaat yaitu sifat asli induk pohonnya akan sama dengan hasil cangkokan. Lakukan pencangkokan pada tangkai jeruk yang tidak terlalu muda dan tidak terlalu muda, lapisi dengan tanah dan tutup dengan sabut kelapa atau pelastik. Biarkan sampai cangkokan mengeluarkan akar.

Jika tidak ingin repot, bibit jeruk manis dapat diperoleh di kios-kios yang menjual bibit buah dan bunga. Carilah pohon jeruk yang tidak terlalu banyak cabang dan diameter batangnya sekitar 1,5cm. Jangan memilih bibit jeruk yang batangnya berjamur atau terdapat ulat daun.

Menyiapkan Lahan Tanam

Buatlah lubang tanam dengan ukuran 40cm x 40cm dan kedalaman 40cm, isi dengan pupuk kandang sekitar 1/2 bagian terisi. Biarkan lubang tanam selama 2 minggu sebelum ditanami, campurkan kapur dolomite agar menetralkan tanah jika diperlukan. Buatlah lubang yang sama dengan jarak 3 meter antar lubang.

Menanam Bibit Jeruk Manis

Setelah bibit jeruk manis sudah siap tanam, maka pindahkanlah ke lubang tanam yang disiapkan. Robek polybag secara perlahan dan masukkan bibit ke lubang, kemudian lakukan penutupan menggunakan campuran tanah dan pupuk kandang.

Merawat pohon Jeruk manis

Perawatan yang dapat dilakukan adalah melakukan penyulaman pada bibit jeruk yang tidak tumbuh, dan melakukan penyiraman yang rutin pada awal penanaman. Namun jika musim hujan, penyiraman dapat dilewatkan.

Pemangkasan pohon jeruk juga diperlukan agar tidak terlalu banyak cabang, dan merangsang agar pohon jeruk dapat cepat berbuah. Lakukan pemupukan ulang setelah penanaman memasuki 6 bulan, dan selanjutnya lakukan setiap 6 bulan sekali dengan menggunakan pupuk kandang.

Memanen Buah Jeruk

Pohon jeruk akan berbunga pada umur sekitar 3 tahun, dan buah jeruk dapat dipanen sekitar 8 bulan setelah pohon jeruk berbunga. Cara pemanenan dapat dilakukan dengan memotong tangkai buahnya dengan menggunakan pisau atau gunting buah.

Itulah beberapa langkah cara menanam pohon jeruk manis, selain memiliki rasa yang segar, buah jeruk juga sangat bernilai ekonomis. Sehingga sangat cocok untuk dibudidayakan di perkebunan anda. Pohon jeruk manis selain ditanam di perkebunan juga banyak dibudidayakan sebagai tanaman buah dalam pot (tabulampot).

loading...

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BijiBersemi.Com

Blog, Updated at: 10:22 PM

0 komentar:

Post a Comment