Menanam Kacang Hijau - Ini Tips Mudahnya


Cara Menanam Kacang Hijau di Kebun - Kacang hijau (Vigna radiata) adalah sejenis palawija yang dikenal luas di daerah tropika. Tumbuhan yang termasuk suku polong-polongan (Fabaceae) ini memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari sebagai sumber bahan pangan berprotein nabati tinggi. Kacang hijau di Indonesia menempati urutan ketiga terpenting sebagai tanaman pangan legum, setelah kedelai dan kacang tanah. (sumber :wikipedia)

kacang hijau, cara menanam kcang hijau, budidaya kacang hijau

Untuk budidaya kacang hijau dapat dilakukan dengan beberapa langkah berikut:

Menyiapkan Bibit Kacang Hijau

Bibit kacang hijau banyak dijual di kios-kios pertanian yang menjual racun rumut dan bibit tanaman, harganya cukup terjangkau. Pilihlah bibit yang tanggal kadaluarsanya masih lama dan kondisi wadahnya masih utuh.

Namun jika anda menginginkan bibit kacang hijau yang jelas kualitasnya, maka anda dapat mempersiapkan sendiri dari hasil panen sebelumnya atau dari petani yang baru selesai panen kacang hijau. Pilih biji kacang hijau yang terlihat mengkilap dan tidak keriput, ukuran biji juga tidak terlalu kecil dan seragam. Lakukan penjemuran biji-biji kacang hijau sebelum ditanam.

Menyiapkan Lahan tanam

Seperti halnya cara menanam kacang tanah, lahan tanam harus digemburkan terlebih dahulu dengan menggunakan bajak atau cangkul. Buatlah tegalan atau gundukan agar drainase air teratur atau tidak menggenangi tanaman kacang hijau. Kalaupun tidak dibentuk tegalan, maka pengaturan drainase harus sangat diperhatikan agar air tidak menggenang saat musim hujan.

Taburkan pupuk kandang sembari menggemburkan tanah, buat tegalan menjadi beberapa baris dengan jarak antar tegalan sekitar 30-40cm.

Menanam Kacang Hijau

Menanam kacang hijau dapat dilakukan dengan menggunakan tugal atau tajuk (kayu yang diruncingkan salah satu ujungnya). Hujamkan ujung yang runcing ke lahan tanam untuk membuat lubang tanam. Jarak tanam untuk kacang hijau sekitar 20cm, masukkan 2 biji kacang hijau untuk setiap lubang yang dibuat. Tutup lubang tanam dengan cara menyapu lahan tanam menggunakan dahan kayu yang masih ada daunnya.

Merawat Tanaman  

Lakukan penyulaman pada lubang tanam yang bibitnya tidak tumbuh setelah 10 hari dari penanaman, kemudian lakukan penyiangan rumput atau gulma yang tumbuh disekitar tanaman kacang hijau agar nutrisi yang didapat tanaman kacang hijau lebih maksimal sehingga pertumbuhan bantangnya akan baik.

Lakukan pemupukan pada umur tanaman sekitar 1 bulan dengan menggunakan pupuk kimia seperti Urea, TSP dan KCL. Dosis yang biasanya digunakan adalah Urea 50kg/ha, TSP 100Kg/ha, dan KCL 50Kg/ha. Namun jika anda menginginkan tanaman kacang hijau yang organik, pemupukan sebaiknya tidak menggunakan pupuk kimia. Gunakanlah pupuk kandang atau pupuk organik yang banyak dijual di kios-kios pertanian.

Masa Panen Kacang Hijau

Budidaya kacang hijau akan mengahasilkan panen pada umur tanaman sekitar 3 bulan. Kacang hijau yang siap panen ditandai dengan daun tanaman mulai menguning, kulit buah kcang hijau mudah pecah. Pemanenan dapat dilakukan dengan pencabutan atau memotong batangnya, dan jemur pada terik matahari. Untuk memisahkan biji kacang hijau dari kulitnya dapat dilakukan dengan penggilasan baik secara manusl ataupun menggunakan mesin.

Itulah beberapa cara mudah menanam kacang hijau, pemilihan bibit dan perawatan tanaman memegang peranan penting dalam keberhasilan budidaya kacang hijau. Kacang hijau bisanya dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat bubur, dan minuman sari kacang hijau. Selain bernilai ekonomi tinggi, kacang hijau juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, beberapa manfaat kacang hijau bagi kesehatan diantaranya: Mengurangi potensi kanker usus, mengurangi kolesterol, sebagai antioksidan dalam tubuh, dan masih banyak lagi manfaatnya bagi kesehatan.

loading...

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BijiBersemi.Com

Blog, Updated at: 11:52 PM

0 komentar:

Post a Comment