Ikuti Cara Ini Sebelum Menanam Buncis


Cara Menanam Buncis Yang Benar - Buncis merupakan salah satu tanaman sayuran, nama buncis berasal dari bahasa Belanda yaitu Boontjes. Tanaman yang berasal dari Amerika Tengah ini banyak dimanfaatkan sebagai bahan sayuran, tanaman ini banyak mengandung protein dan vitamin yang dapat membantu dalam menjaga kestabilan tekanan darah, baik untuk orang yang mempunyai diabetes karena mengontrol gula dalam darah. Pohon buncis tumbuh menjalar dan memerlukan penopang sebagai pegangan saat tumbuh.

buncis, pokok buncis, cara menanam buncis

Untuk menanam buncis dapat dilakukan dengan cara yang sama dengan menanam kacang panjang, yaitu: 

Memilih Bibit Buncis 

Bibit Buncis diambil dari kacang buncis yang telah tua dan mengering di batangnya, pilihlah kacang yang terlihat segar dan bentuknya baik (tidak keriput). Biarkan buah buncis tersebut sampai kulitnya menguning dan mengering di batangnya.

Setelah dipetik, buka kulit kacang buncis tersebut dan ambil bijinya. Jemur biji diterik matahari selama 1-2 jam saja dan angkat, kemudian letakkan pada wadah dan tempatkan di area yang teduh. 

Jika anda tidak mau repot, bibit buncis dapat dibeli di kios-kios pertanian. Lihat tanggal kadaluarsanya, pilih bibit yang memiliki tanggal kadaluarsa masih lama. Dan pastikan kemasan pembungkus bibit masih utuh dan tidak ada bolong-bolong sekecil apapun. Karena dikhawatirkan ada semut atau kutu yang memakan biji buncis yang ada dalam kemasan. 

Menyiapkan Lahan Tanam 

Seperti halnya menanam kacang panjang, lahan untuk menanam buncis harus dibuat tegalan dengan terlebih dahulu digemburkan. Gali dan gemburkan tanah menggunakan cangkul dan taburi dengan pupuk kandang kemudian diaduk-aduk. Bentuk tegalan dengan ukuran lebar 80cm dan ketebalan sekitar 20-30cm dengan panjang disesuaikan dengan area yang ada. Buatlah tegalan yang sama dengan jarak 30cm dari tegalan pertama, begitu selanjutnya. 

menanam buncis
 
 
Biarkan lahan tanam selama 1-2 minggu sebelum ditanami agar pupuk kandang telah tercampur sempurna dan unsur hara sudah stabil setelah digali. 
 
Menanam Bibit Buncis 
 
Untuk menanam Buncis dapat dilakukan dengan menggunakan kayu yang diruncingkan salah satu ujungnya (tugal), buatlah lubang dengan menghujamkan tugal ke tanah tegalan. Lubang dibuat 2 baris panjang (kolom) dengan jarak 50cm, buatlah lubang lain dengan jarak 40-50cm antar lubang.
Untuk menanam buncis, masukkan biji buncis sebanyak 2 biji setiap lubangnya dan kemudian tutup lubang dengan menginjak tanah yang ada disebelahnya secara perlahan sampai lubang benar-benar tertutup. Lakukan hal yang sama sampai semua lubang terisi biji buncis.
menanam buncis
Biji buncis akan mengeluarkan tunas sekitar 5-6 hari dari penanaman, lakukan penyiraman secara berkala pada pagi dan sore hari. Jika kondisi hujan, penyiraman cukup 1 hari sekali atau disesuaikan dengan kondisi hujannya.

Merawat Tanaman Buncis
Perawatan Buncis dilakukan dengan membersihkan rumput-rumput yang tumbuh di area penanaman, dan buatlah tiang anjir sebagai rambatan pohon buncis jika sudah mulai menjulur. Tanaman buncis juga rentan terserang kutu daun dan lalat kacang yang membuat tanaman buncis tidak tumbuh dengan baik dan daun akan menguning, untuk itu lakukan penyemprotan dengan menggunakan insektisida secukupnya sesuai takaran yang dianjurkan (baca aturan pakai pada kemasan).
 
menanam buncis
 
 
Pemanenan Buncis 
 
Tanaman buncis akan membuahkan hasil pada umur 40-50 hari dari penanaman. Panen sebaiknya dilakukan pada pagi hari untuk mendapatkan buncis yang segar.
 
Itulah beberapa langkah cara menanam buncis yang benar agar menghasilkan buah yang banyak dan segar secara organik. Selain banyak bermanfaat bagi kesehatan, buncis juga sangat bernilai ekonomis.

loading...

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BijiBersemi.Com

Blog, Updated at: 11:34 PM

0 komentar:

Post a Comment