Hindari ini saat Menanam Pohon Buah Kiwi


Cara Menanam Pohon Buah Kiwi Dari Biji - Kiwi adalah sejenis buah beri dengan kelompok kultivar dari kayu pohon anggur Actinidia deliciosa dan hibrida antara ini dan spesies pada genus Actinidia. Actinidia asli berasal dari Shaanxi, Cina. Buah kiwi yang normal berbentuk oval, kira-kira sebesar telur ayam (5–8 cm / 2–3 in dan diameter 4.5–5.5 cm / 1¾–2 ). Buah ini kaya serat, kulit berwarna hijau-kecokelatan dan daging buah berwarna hijau terang atau keemasan dengan biji kecil, hitam, dan bisa dimakan. Tekstur buah ini sangat halus dan rasanya yang unik, saat ini buah kiwi sudah ditanam di berbagai negara. Buah ini awalnya bernama Gosberi Cina, buah ini dinamai kembali dengan alasan ekspor marketing pada tahun 1950-an, menjadi melonette, kemudian kiwi. Nama buah ini berasal dari kiwi — burung yang tak bisa terbang dari Selandia Baru. (sumber : wikipedia)

buah kiwi, menanam buah kiwi, manfaat buah kiwi bagi kesehatan


Budidaya buah kiwi dari bijinya dapat dilakukan dengan beberapa langkah berikut:

Menyiapkan Bibit Buah Kiwi

Menyiapkan bibit kiwi dari biji dapat dilakukan dengan memilih buah kiwi yang sudah tua, ambil bijinya dan jemur selama 5-6 jam di bawah terik matahari. Angkat dan letakkan di tempat yang teduh. Siapkan media semai dengan menggali tanah dan menggemburkan menggunakan cangkul. Gemburkan tanah dan campur dengan pupuk kandang, masukkan tanah ke dalam polybag. Siapkan 3 polybag yang sama dan isi juga dengan campuran tanah dan pupuk kandang.

Rendam biji kiwi ke dalam air hangat selama 3 jam, angkat dan letakkan di kertas tisu. Biarkan selama 1 malam. Setelah itu, tebarkan biji kiwi ke media semai dan taburi dengan lapisan tanah yang tipis. Lakukan penyiraman dengan menggunakan spray pada pagi dan sore hari. Letakkan polybag semaian di area yang teduh.

Setelah biji tumbuh dan bibit tanaman buah kiwi sudah mencapai tinggi sekitar 10cm, pindahkan bibit ke polybag masing-masing agar bibit dapat tumbuh.

Menyiapkan Lahan Tanam

Untuk menanam pohon kiwi, sebaiknya harus di lahan yang subur agar pohon kiwi dapat tumbuh dengan baik. Selanjutnya buatlah lubang tanam dengan ukuran 40cm x 40cm dengan kedalaman 20cm. Isi Lubang dengan pupuk kandang sampai penuh. Biarkan lubang selama 1 minggu sebelum ditanami.

Menanam Bibit Buah Kiwi

Setelah bibit kiwi mencapai ketinggian 30cm - 40cm, maka pohon kiwi dapat dipindah ke lahan tanam permanen. Buka polybag semaian dengan merobek secara perlahan agar tanah semaian tidak hancur. Gali kembali pupuk kandang yang ada di lubang tanam, dan masukkan bibit kiwi di tengah lubang. Tutup dengan sisa tanah galian yang ada di sekitar lubang, kemudian padatkan secara perlahan.

Merawat Tanaman Buah Kiwi

Perawatan pohon kiwi dapat dilakukan dengan pembersihan rumput-rumput yang tumbuh disekitar pohon kiwi. Lakukan pemupukan ulang dengan pupuk kandang pada umur tanaman mencapai 4 bulan dari penanaman.

Pohon kiwi memerlukan air yang lumayan banyak, oleh karena itu lakukan penyiraman secara teratur terutama pada musim kemarau. Saat pohon mulai berbuah, maka berilah penopang pada pohon agar pohon tidak ambruk atau patah karena beratnya buah kiwi.

Itulah beberapa langkah cara menanam buah kiwi dari biji. Selain ditanam di kebun, pohon kiwi dapat ditanam di pot yang besar atau potingan drum. Buah kiwi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, diantaranya adalah melancarkan pencernaan, menstabilkan tekanan darah, membersihkan racun dalam tubuh, dan masih banyak lagi yang lainnya.

loading...

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BijiBersemi.Com

Blog, Updated at: 10:15 PM

0 komentar:

Post a Comment