Cara Sederhana Menanam Seledri di Rumah


Cara Menanam Seledri dalam Polybag - Seledri (Apium graveolens L.) merupakan salah satu jenis tanaman sayuran yang banyak dimanfaatkan dalam pembuatan soto atau sop. Tanaman ini memberikan aroma yang nikmat pada kuah sayur. Selain dimanfaatkan sebagai bumbu masakan, seledri juga kerap dijadikan sebagai tanaman obat herbal. Tanaman seledri dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, berikut beberapa manfaat seledri bagi kesehatan, yaitu: Menjaga tekanan darah, menjaga kesehatan mata, mengobati rematik, dan lain-lain.

seledri, daun seledri, menanam seledri, menanam seledri di polybag

Untuk Budidaya seledri di polybag sebagai pemenuhan keperluan bumbu masak keluarga dapat dilakukan dengan beberapa langkah sederhana berikut:

Menyiapkan Bibit Seledri

Belilah bibit seledri dari kios-kios pertanian atau toko online yang menjual bibit tanaman. Pilih bibit yang kemasannya masih bagus dan tidak bocor atau berlubang, hal ini dikhawatirkan ada semut atau hama yang sudah masuk dan merusak biji seledri.

Selain kemasan yang bagus, periksa juga tanggal kadaluarsanya. Pilih bibit seledri yang tanggal masa berlakunya masih lama, karena semakin lama bibit disimpan maka kemampuan tumbuhnya akan berkurang.

Siapkan media semai, bisa menggunakan wadah semai atau bisa dengan menggemburkan tanah dan dibentuk guludan. Campurkan pupuk kandang sembari menggemburkan tanah dan membentuk guludan. Tebarkan biji seldri yang sudah dibeli secara merata, dan tutup dengan lapisan tanah tipis. Lakukan penyiraman dengan spray setelah biji selesai disemai.

Menanam Seledri

Sembari menunggu semaian bibit seledri tumbuh, siapkanlah polybag atau pot yang berukuran sedang. Isi polybag atau pot dengan campuran tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 1 : 1. Biarkan polybag sampai bibit seledri siap dipindahkan.

Setelah bibit seledri tumbuh dan memiliki tangkai daun sebanyak 4 buah atau tinggi sekitar 10cm. Maka bibit seledri dapat dipindahkan ke polybag atau pot. Untuk memindah bibit selederi sebaiknya lakukan penyiraman terlebih dahulu pada semaian, kemudian cabut bibit seledri secara perlahan.

Pindahkan bibit ke polybag atau pot yang telah disiapkan, buatlah lubang pada polybag atau pot dengan menggunakan jari anda, masukkan pangkal bibit seledri sedalam 3cm dan kemudian tutup kembali. Lakukan hal yang sama sampai semua bibit selesai dipindahkan.

Merawat Seledri

Perawatan pada seledri tidaklah sulit, cukup melakukan pembersihan rumput yang mungkin tumbuh di polybag atau pot. Lakukan penyiraman pada pagi dan sore hari terutama musim kemarau, jika musim penghujan maka penyiraman dapat disesuaikan.

Itulah beberapa langkah tips menanam seledri dari biji di polybag untuk keperluan di rumah. Langkah sederhana ini akan membantu anda dalam menghemat biaya keluarga.

loading...

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BijiBersemi.Com

Blog, Updated at: 3:13 PM

2 komentar: