Cara Paling Mudah Menanam Serai Wangi


Cara Menanam Serai Wangi - Serai (Cymbopogon citratus) atau sering dikenal dengan sebutan sereh merupakan tanaman penghasil minyak atsiri yang banyak dijumpai di asia tenggara terutama Indonesia dan India. Tanaman seai memiliki daun tunggal yang berjumbai, tumbuh berumpun, akar serabut. Selain menghasilkan minyak Atsiri, tanaman serai wangi atau sereh banyak dimanfaatkan untuk bumbu masakan. Masakan yang sering menggunakan serai adaalah sop.

serai wangi, sereh, daun serai, cara menanam serai wangi

Untuk membudidayakan tanaman serai wangi di rumah dapat dilakukan dengan beberapa langkah sederhana berikut:
  1. Siapkan batang serai yang memiliki akar dan potong daun atasnya sehingga tersisa batang 20cm dari pangkal batangnya. Biubiut dapat diperoleh dari pasar ataupun tukang sayur keliling.
  2. Gali lubang dengan menggunakan cangkul, berilah pupuk kandang ke dalam lubang.
  3. Tanamlah bibit serai, dan tutup kembali. Sebaiknya penanaman dilakukan pada awal musim penguhujan.
Tanaman serai merupakan tanaman yang sangat mudah tumbuh dan tidak memerlukan perlakuan khusus. Jika anda menginginkan penanaman serai dalam skala besar, maka perlu persiapan lahan yang matang.

Persiapan Lahan

Bersihkan lahan dari semak belukar atau rumput yang tumbuh di kebun anda, gunakan herbisida untuk membasminya. Kemudian lakukan penggemburan dengan menggunakan bajak atau dicangkul, Buatlah lubang tanam dengan jarak tanam sekitar 50cm antar lubang. Jangan lupa untuk memasukkan pupuk kandang pada setiap lubang.

Menanam Serai di Kebun

Untuk kapasitas penanaman yang besar, maka perlu persiapan bibit yang banyak. Masukkan 2 batang serai pada setiap lubang tanam, kemudian tutup dan padatkan. Lakukan hal yang sama sampai semua lubang tertanami.

Perawatan Tanaman Serai Wangi

Perawatan yang dilakukan adalah melakukan penyulaman pada bibit serai yang tidak tumbuh, dan melakukan penyiraman jika tidak ada hujan. Oleh karena itu sebaiknya penanaman dilakukan pada awal musim penghujan. Pembersihan rumput-rumput liar yang tumbuh juga sangat diperlukan agar tanaman serai dapat tumbuh dengan baik.

Panen  Serai

Tanaman Serai dapat dipanen pada umur 5-6 bulan setelah penanaman untuk pemanenan pertama, panen selanjutnya dapat dilakukan 3-4 bulan setelah pemanenan pertama.

Itulah beberapa langkah cara menanam serai yang dapat dijadikan panduan dalam budidaya serai wangi/sereh baik sekala kecil maupun dalam jumlah banyak.

loading...

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BijiBersemi.Com

Blog, Updated at: 10:38 PM

3 komentar:

  1. kalo ga ada akarnya pada batang serai yang kita beli di pasar apa bisa tumbuh jika ditanam bang?

    ReplyDelete
  2. Bsa tumbuh mas nanti keluar sndri juga akarnya

    ReplyDelete
  3. Oh gitu ya. Beberapa hari ini saya mencari lavender utk mengusir nyamuk tapi ga ketemu. Saya denger serai juga bisa utk mengusir nyamuk. Mantap gan artikelnya terima kasih.

    ReplyDelete