Cara Menanam Pohon Buah Manggis dari Biji Yang Benar


Cara Budidaya Buah Manggis Agar Cepat Berbuah - Buah manggis (Garcinia mangostana L.) merupakan salah satu buah yang saat ini digemari masyarakat, buah ini selain memiliki rasa yang enak ternyata dipercaya juga banyak memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Bahkan saat ini banyak riset yang telah membuktikan manfaat dari kulit buah manggis, beberapa manfaat dari buah manggis diantaranya: Mencegah kanker, Mencegah Infeksi, Mengontrol tekanan darah, kaya akan antioksidan, dan lain sebagainya.

buah manggis, manfaat manggis, cara menanam buah manggis


Untuk membudidayakan tanaman buah manggis dapat dilakukan melalui biji (generatif) dan juga melalui sambung pucuk (vegetatif). Beberapa pendapat menyebutkan bahwa menanam manggis dari biji akan tetap menghasilkan buah yang sama dengan induknya, namun pohon buah manggis akan lama menghasilkan buah. Minimal pohon manggis akan berbuah pertama pada umur 10 tahun dari penanaman jika dibudidayakan dengan menggunakan biji. Untuk menghasilkan pohon manggis yang cepat berbuah dapat dilakukan dengan cara sambung pucuk, berikut beberapa langkah menanam pohon buah manggis yang benar agar cepat berbuah:

Menyiapkan Bibit Manggis

Untuk menyiapkan bibit buah manggis dengan cara sambung pucuk tidak berbeda jauh dengan cara menanam buah durian dan juga cara budidaya pohon buah srikaya. Untuk melakukan sambung pucuk anda harus menyemai biji buah manggis terlebih dahulu di polybag, setelah biji tumbuh dan memiliki diameter batang sekitar 1 cm, maka langkah selanjutnya adalah mengambil pucuk dari pohon manggis yang sudah terbukti berbuah. Usahakan ukuran ucuk dari pohon yang sudah berbuah sama dengan diameter bibit semain yang akan dijadikan pohon bawah.

Lakukan pemotongan pada batang bibit semaian dengan potongan rata, kemudian belah pada bagian tengahnya (sehingga membentuk huruf V). Selanjutnya sayat pucuk pohon manggis yang sudah berbuah membentuk huruf "V" juga sehingga dapat disatukan ke batang bawah. Masukkan pucuk pohon manggis dari bantang yang berbuah tadi ke dalam sayatan batang bawah, kemudian ikat dengan menggunakan tali secara kuat (jangan sampai menyebabkan bibit patah). Jangan lupa untuk memotong daun-daun dari pucuk yang disambung. Kemudian tutuplah sambungan dengan menggunakan plastik transparan. Letakkan pada area yang teduh, dan lakukan penyiraman pada pagi dan sore hari. Plastik bisa dibuka jika bibit sudah mulai mengeluarkan tunas daun.

Jika anda tidak ingin repot, anda dapat membeli bibit pohon manggis dari kios-kios jual tanaman dan bibit. Pilihlah bibit yang ada bekas sayatannya untuk memastikan bahwa bibit benar-benar hasil sambung pucuk. Kemudian yang pasti bahwa pilihlah bibit yang berkualitas baik dan tidak diserang hama atau jamur.

Menyiapkan Lubang Tanam

Buatlah lubang tanam dengan ukuran  60cm x 60cm dan kedalaman 50cm, isi lubang tanam dengan menggunakan campuran tanah dan pupuk kandang sampai 2/3 bagian terisi. Jika anda ingin membudidayakan buah manggis dalam sekala besar, maka buatlah lubang yang sama dengan jarak antar lubang 10m dan isilah juga dengan campuran tanah dan pupuk kandang. Biarkan lubang tanam selama 1 bulan sebelum ditanami untuk memastikan bahwa pupuk kandang menyerap dengan baik.

Menanam Bibit Buah Manggis

Setelah bibit buah manggis hasil sambung pucuk memiliki daun yang banyak dan memiliki tinggi batang sekitar 70cm, maka pindahkan bibit pohon mangis ke lubang tanam yang telah disediakan. Bukalah polybag semaian dengan cara merobek secara perlahan dan masukkan bibit ke lubang tanam. Tutup lubang dengan menggunakan tanah yang ada disekitar lubang, kemudian padatkan. Lakukan hal yang sama sampai semua lubang tertanami.

Melakukan Perawatan Pohon Manggis

Perawatan yang dilakukan adalah menyulam bibit manggis yang mungkin tidak tumbuh saat ditanam, dan melakukan pembersihan lahan tanam pohon manggis. Pemupukan sebaiknya dilakukan kembali setelah tanaman berumur 6 bulan setelah tanam, dan usahakan untuk terus melakukan pemupukan minimal 1 tahun sekali dengan pupuk kandang.

Itulah beberapa langkah budidaya pohon buah manggis agar cepat berbuah, silahkan anda memilih antara cara menanam pohon buah manggis dengan biji atau dengan cara metode sambung pucuk. Pohon buah manggis hasil sambung pucuk akan berbuah pada umur 7 tahun setelah penanaman, jika anda beruntung maka pohon manggis akan menghasilkan buah pertama pada umur tanam 5 tahun.

loading...

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BijiBersemi.Com

Blog, Updated at: 10:52 PM

0 komentar:

Post a Comment