Yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Menanam Kacang Tanah


Cara Menanam Kacang Tanah Yang Baik - Kacang tanah (Arachis hypogaea L.) adalah tanaman polong-polongan atau legum anggota suku Fabaceae yang dibudidayakan, serta menjadi kacang-kacangan kedua terpenting setelah kedelai di Indonesia. Tanaman yang berasal dari benua Amerika ini tumbuh secara perdu setinggi 30 hingga 50 cm (1 hingga 1½ kaki) dengan daun-daun kecil tersusun majemuk.  Varietas kacang tanah di Indonesia yang terkenal, yaitu : (sumber:wikipedia)
  • Kacang Brul, berumur pendek (3-4 bulan).
  • Kacang Cina, berumur panjang (6-8 bulan).
  • Kacang Holle, merupakan tipe campuran hasil persilangan antara varietas-varietas yang ada. Kacang Holle tidak bisa disamakan dengan kacang lain karena memang berbeda varietas.

cara menanam kacang tanah yang baik, kacang tanah

Untuk budidaya kacang tanah yang baik agar berbuah banyak dapat dilakukan dengan beberpa langkah berikut:

Menyiapkan Bibit Kacang

Untuk menghasilkan tanaman kacang tanah yang unggul, maka pemilihan bibit harus sangat diperhatikan. Lakukan pemilahan bibit yang benar-benar memiliki biji yang prima dan riwayat buahnya kualitas bagus. 

Untuk menyiapkan bibit kacang tanah dapat diperoleh dari hasil panen sebelumnya, seleksi buah kacang tanah yang memiliki kulit kacang yang mengkilap, tidak keriput, dan bulir kacangnya terlihat sehat dengan ukuran yang besar. Sebaiknya jemur terlebih dahulu kacang yang masih dibungkus kulit agar memudahkan dalam membuka cangkangnya. Selain itu juga penjemuran diperlukan untuk mengurangi kadar air pada bulir kacang, agar tidak terjadi pembusukan saat ditanam dan tidak mudah diserang kutu atau semut.

Setelah dijemur, buka cangkang kacang. Kemudian seleksi kembali bulir-bulir kacang yang sudah dikupas kulitnya. Pilihlah biji-biji kacang yang memiliki keseragaman ukuran, dan pisahkan ukuran-ukuran yang lebih kecil (namun jangan dibuang, untuk cadangan bibit). Setelah itu jemur kembali, kadar air biji kacang yang digunakan untuk pembibitan sebaiknya berkisar antara 10% -20 saja.

Membuat Lahan Tanam

Sepertihalnya cara menanam kacang panjang, menanam kacang tanah juga memerlukan pengolahan tanah yang baik. Tanah untuk penanaman harus digemburkan terlebih dahulu dan dibentuk seperti bedengan/tegalan. Lebar tegalan sekitar 70cm - 80cm dengan ketebalan tegalan sekitar 20cm -30cm. taburkan pupuk kandang sembari mengaduk-aduk tanah agar pupuk kandang tercampur sempurna. Buatlah tegalan yang sama dengan jarak 40cm dari tegalan yang pertama dibuat, untuk panjang tegalan menyesuaikan dengan panjang lahan yang ada.

Penggemburan ini bertujuan agar umbi kacang dapat berkembang dengan baik, sehingga dapat menghasilkan buah kacang yang banyak. 

cara menanam kacang tanah, kacang tanah


Menanam Bibit Kacang

Untuk menanam kacang tanah dapat dilakukan seperti menanam jagung dan menanam kedelai, lakukan penanaman dengan menggunakan tajuk atau tugal (kayu yang diruncingkan salah satu sisinya). Buatlah lubang tanam dengan cara  menghujamkan bagian ujung yang runcing ke lahan tanam sedalam 10cm, buatlah lubang yang sama dengan jarak 20cm. Pembuatan lubang tanam tidak perlu lurus atau terlalu rapi, buatlah dengan menggunakan perkiraan jarak saja.

kacang tanah, cara menanam kacang tanah, lahan tanam kacang tanah


Sembari ada yang membuat lubang tanam dengan tugal, sebaiknya ada 1 orang lagi yang bertugas memasukkan bibit kacang tanah  ke dalam lubang. Masukkan 1-2 biji pada setiap lubang, kemudian tutup lubang dengan menginjak tanah disekitar lubang secara perlahan.

Penanaman sebaiknya dilakukan pada awal musim penghujan, agar anda tidak repot-repot untuk melakukan penyiraman.

Merawat Tanaman Kacang Tanah

Lakukan penyulaman untuk bibit kacang tanah yang tidak tumbuh, penyulaman sebaiknya dilakukan segera agar tanaman hasil sulaman tidak tertingal pertumbuhannya. Lakukan pemupukan kembali dengan menggunakan pupuk kandang pada umur tanaman sekitar 1 bulan. Bersihkan rumput atau gulma yang dapat mengganggu pertumbuhan tanaman kacang tanah.

Budidaya kacang tanah sebenarnya tidak begitu sulit, dan perawatannya juga tidak begitu rumit. Jangan pernah melakukan gangguan atau penyiraman pada saat tanaman kacang tanah mulai berbunga, hal ini akan mengganggu proses penyerbukan.

Tanaman kacang tanah sudah dapat dipanen pada umur tanam sekitar 3-4 bulan, lakukan pencabutan pada salah satu pohon untuk melihat apakah kacang tanah sudah siap panen. Jika cangkang kulit kacang tanah sudah mulai keras, daunnya sudah mulai rontok dan menguning, maka tanaman kacang tanah sudah siap untuk dipanen.

Itulah beberapa tips cara menanam kacang tanah agar panen yang banyak, cara budidaya kacang ini cukup mudah dan tidak memerlikan perawatan yang sulit. Kacang tanah banyak sekali manfaatnya, selain untuk bahan makanan dan cemilan, ternyata kacang tanah memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Beberapa manfaat kacang tanah bagi kesehatan adalah sebagai berikut: Mengurangi depresi, baik bagi ibu hamil, mengurangi risiko kanker usus, mencehag penyakit jantung, dan lain-lain.

loading...

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BijiBersemi.Com

Blog, Updated at: 11:07 PM

0 komentar:

Post a Comment