Langkah Sederhana Agar Bunga Kertas Menjadi Indah


Tips Budidaya Bunga Kertas - Bunga Kertas sangat banyak dijumpai hampir di seluruh wilayah di Indonesia, tanaman hias yang satu ini sangat mudah beradaptasi dan mudah tumbuh. Banyak pecinta bunga melakukan sambung pucuk pada bunga kertas untuk mendapatkan jenis bunga yang bervariasi. Bunga kertas memiliki banyak warna diantaranya merah muda, putih, kuning, dan ungu.


Bunga kertas merupakan tanaman hias yang bisa ditanam di taman ataupun pot, bunga kertas dapat dibentuk dan dibonsai sesuai keinginan. Keindahan bonsai dipadu dengan variasi warna bunga akan menghasilkan keiindahan pada bunga kertas. 

Seperti halnya cara menanam bunga mawar, menanam bunga kertas dapat dilakukan dari biji dan juga dapat dilakukan melalui stek batang. Untuk membudidayakan tanaman bunga kertas dapat dilakukan dengan beberpa langkah berikut.

Meyiapkan Benih Bunga Kertas

Untuk menyiapkan bibit bunga kertas dari biji dapat dilakukan dengan mengambil bunga kertasdari tanaman yang sudah tua, ambil bunga yang sudah jatuh dan jemur bunga sampai kering. Pisahkan biji yang ada di bunganya. Lakukan penyemaian dengan media semai yang telah disiapkan, isi media semai dengan campuran tanah, pupuk kandang, dan sekam padi dengan campuran 1 : 1 :1 . Taburkan biji bunga kertas dan siram secara teratur dengan spray. Setelah biji bunga kertas tumbuh dan mencapai tinggi 10cm, pindahkan bibit ke polybag yang diisi tanah dan pupuk kandang. Biarkan bibit sampai mencapai tinggi 30cm, setelah itu bibit dapat dipindahkan ke lahan tanam permanen.

Jika anda ingin menyiapkan bibit dari stek batang dapat dilakukan dengan memotong bantang bunga kertas dengan panjang sekitar 15-20cm dari pucuk. Tancapkan potongan tangkai bunga kertas ke polybag yang telah diisi tanah dan upuk kandang, tutup dengan menggunakan potongan botol air mineral yang diberi lubang kecil-kecil. Letakkan polybag di area yang teduh, dan lakukan penyiraman secara rutin pada pagi dan sore hari. Setelah bibit sudah mengeluarkan daun, bukalah botol penutup. Rawat sampai bibit memiliki akar dan daun yang banyak.

Menanam Bunga Kertas

 Setelah bibit bunga kertas sudah lumayan besar (tinggi sekitar 30cm), maka bibit dapat dipindahkan ke lahan tanam permanen seperti taman atau pot. Siapkan lubang tanam atau pot dan isi dengan campuran tanah dan pupuk kandang. Biarkan pot atau lubang tanam selama 1 minggu sebelum ditanami.

Setelah pot atau libang tanam telah didiamkan 1 minggu, pindahkan bibit ke lubang tanam atau pot bunga. Buka polybag dengan merobek secara perlahan, masukkan bagian akar bibit ke lubang tanam atau pot dan tutup dengan tanah.

Merawat Tanaman Bunga Kertas

Perawtaan bunga kertas dapat dilakukan dengan melakukan penyiraman secara teratur pada pagi dan sore hari. Namun jika musim penghujan, penyiraman dapat ditiadakan. Lakukan pemupukan ulang setelah 2 bulan tanam. Untuk membentuk tanaman bunga kertas dapat dilakukan dengan memotong beberapa tangkainya dan membentuknya dengan bantuan kawat.

Itulah beberapa langkah cara menanam bunga kertas yang benar, bunga kertas dapat memberikan nilai estetika di halaman rumah anda. Lakukan pembentukan batang bunga kertas untuk menjadikan tanaman hias yang menarik.

loading...

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BijiBersemi.Com

Blog, Updated at: 10:10 PM

2 komentar:

  1. Maaf, untuk stek batang pucuk apa harus yang sedang berbunga pucuknya atw cukup yang tdk sedang berbunga?
    Terimakasih, mhon jawabannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pak Yasmin,, untuk stek batang tidak perlu pucuk yang sedang berbunga,, Yang penting pohon bunga kertas tersebut pernah berbunga,,pilih saja salah satu tangkainya dan potong.

      Delete