Wajib Baca Sebelum Menanam Pohon Jambu Biji Merah


Cara Menanam Jambu Biji Merah yang Benar - Jambu batu (Psidium guajava) atau sering juga disebut jambu biji, jambu siki dan jambu klutuk adalah tanaman tropis yang berasal dari Brasil, disebarkan ke Indonesia melalui Thailand. Jambu batu memiliki buah yang berwarna hijau dengan daging buah berwarna putih atau merah dan berasa asam-manis. (sumber: wikipedia)

cara menanam jambu biji, cara menanam jambu batu, jambu biji, jambu batu, jambiu klutuk, Psidium guajava

Untuk budidaya pohon jambu biji dapat dilakukan dengan biji, tunas akar, okulasi ataupun dengan cangkok. Jika anda menginginkan pohon jambu biji yang cepat menghasilkan buah maka dianjurkan dengan sistem cangkok. Selain menghasilakn tanaman yang cepat berbuah, metode cangkok juga memiliki keunggulan mewarisi sifat yang dimiliki induk tanaman. Berikut langkah-langkah menanam jambu biji dengancara mencangkok.

Menyiapkan Bibit Buah Jambu Biji

Seperti halnya Cara Menanam Buah Srikaya, dalam menyiapkan bibit pohun buah jambu biji perlu seleksi yang benar. Pilihlah pohon jambu biji yang menghasilkan buah dengan kualitas baik jika ingin dijadikan bibit, lakukan pencangkokan dengan cara yang benar, pilih salah satu batang pohon jambu yang tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda, kupas kulit batang secara melingkar sepanjang 12-15 cm, bersihkan kambium atau getahnya, dan tutup menggunakan tanah yang dilapisi penutup seperti pelastik atau sabut kelapa.

cangkok, cara mencangkok, cangkokan, okulasi, cara mencangkok pohon jambu biji
Pic/Cangkok (by: warasfarm)

Setelah cangkokan mengeluarkan akar, maka dapat dilakukan pemotongan pada bagian bawah cangkokan (sekitar 5cm dari batas bawah cangkokan mendekati pangkal cabang). Pindahkan bibit cangkokan ke dalam polybag yang berisi campuran tanah dan pupuk kandang. Lepas pembungkus cangkokan (pelastik atau sabut kelapa) secara perlahan dan tanam bibit beserta tanah cangkokannya. Biarkan bibit pohon jambi biji selama 1 bulan sebelum dipindahkan ke lahan tanam permanen agar bibit mampu beradaptasi dengan baik.

Sebenarnya bibit hasil cangkokan yang telah mengeluarkan akar dapat langsung ditanam ke lahan tanam permanen, namun biasanya daya tumbuhnya kecil karena akar masih pendek.

Menyiapkan Lubang Tanam

Buatlah lubang tanam dengan ukuran 50cm x 50cm dengan kedalaman 50cm, isi lubang dengan pupuk kandang atau kompos sampai 2/3 bagian terisi. Biarkan lubang tanam selama 2 minggu sebelum ditanami agar kondisi tanah stabil dan pupuk kandang tercampur atau meresap dalam tanam.

Lubang tanam sebaiknya di area yang tidak terlindung dari sinar matahari, pohon jambu sangat menyukai lahan yang disinari sekitar 6-8 jam setiap harinya. 

Selain ditanam ke tanah secara langsung, tanaman buah jambu biji juga bisa dibudidayakan di dalam pot. Siapkan pot yang besar atau potongan drum dan isi dengan campuran tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1, biarkan pot selama 2 minggu sebelum ditanami.

Menanam Bibit Jambu

Setelah bibit hasil cangkokan menunjukkan tanda-tanda tumbuh yang baik, langkah selanjutnya adalah memindahkan bibit dari polybag ke lahan tanam permanen. Buka pelastik polybag secara perlahan dengan cara merobek menggunakan cutter,  usahakan tanah yang ada di bibit tidak hancur. Masukkan bibit ke lubang tanam atau ke dalam pot yang telah disediakan dan tutup kembali dengan tanah, kemudian lakukan pemadatan secara perlahan. Lakukan penyiraman setelah bibit pohon jambu biji telah selesai ditanam.

Melakukan Perawatan

Perawatan pada pohon jambu biji tidaklah begitu sulit, tanaman ini sangat mudah tumbuh dan tahan terhadap serangan hama, hama yang sering menyerang adalah ulat bulu, lakukan pembasmian dengan insektisida. Perawatan yang dilakukan hanya dengan memberi pupuk tambahan secara berkala setiap 2 bulan dengan pupuk kandang. Setelah itu pemangkasan juga bisa dilakukan agar pohon jambu bisa dibentuk sesuai keiinginan.

Pohon jambu biji merupakan pohon buah yang tidak kenal musim, pohon ini bisa berbuah sepanjang tahun. Buah yang siap panen dapat dilihat dari cirinya seperti bau harum mulai tercium, perubahan warna kulit dari hijau menjadi merah muda, dan tekstur buahnya menjadi lunak.

Itulah beberapa langkah cara menanam pohon jambu biji atau jambu batu agar cepat berbuah baik ditanam di pot maupun di tanah secara langsung. Buah jambu biji atau jambu batu dipercaya banyak mengandung vitamin C, serta memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, diantaranya: mengurangi hipertensi, mengatasi diabetes, mencegah kanker, menambah jumlah darah sangat baik bagi orang yang terkena demam berdarah.

loading...

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BijiBersemi.Com

Blog, Updated at: 11:10 PM

1 komentar:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete