Cara Menanam Srikaya Jumbo Ke Dalam Pot


Cara Menanam Buah Srikaya dalam Pot - Srikaya (Annona squamosa), adalah tanaman yang tergolong ke dalam genus Annona yang berasal dari daerah tropis. Buah srikaya berbentuk bulat dengan kulit bermata banyak (serupa sirsak). Daging buahnya berwarna Putih. Selain sebagai konsumsi buah yang menyehatkan, biji buah Srikaya dapat digunakan sebagai pestisida nabati. Misalnya ekstrak biji Srikaya digunakan untuk mengendalikan serangan hama ulat Spodoptera litura, Plutella xylostella, dan Rayap tanah. Ekstrak biji Srikaya berfungsi sebagai racun perut pada serangga hama tersebut (sumber : Wikipedia)

buah srikaya, cara menanam srikaya dari biji, cara menanam srikaya di pot
Beberapa manfaat buah srikaya bagi kesehatan adalah sebagai berikut:
  1. Menurunkan kolesterol
  2. Memperlancar pencernaan
  3. Mencegah asma
  4. Menurunkan hipertensi
  5. Mencegah penyakit jantung dan stroke

Seperti halnya cara menanam sirsak dan cara menanam mangga, untuk menghasilkan tanaman buah srikaya yang cepat berbuah, maka budidaya yang dilakukan adalah dengan vegetatif yaitu dengan okulasi atau cangkok. Berikut beberapa langkah menanam pohon buah srikaya dalam pot agar cepat berbuah. 

Menyiapkan Bibit

Jika anda menginginkan bibit dari hasil cangkokan maka anda harus melakukan pencangkokan pada pohon srikaya yang telah menghasilkan buah, lakukan pencangkokan dengan cara yang benar agar cangkokan yang dilakukan bisa mengeluarkan akar. keuntungan dari bibit hasil cangkokan adalah sifat dasar induk pohon yang dicangkok akan dimiliki oleh bibit hasil cangkokan, maka pilihlah pohon srikaya yang benar-benar sesuai kriteria yang anda inginkan.


cara menanam buah dalam pot, cara menanam srikaya, cara mencangkok
Pic/Cangkok (by: warasfarm)
Namun jika memilih untuk dengan sistem okulasi atau sambung pucuk, maka anda harus menyiapkan pohon srikaya dari biji untuk batang bawah, dan mencari jenis srikaya lain yang sudah berbuah sebagai penyambungnya.


cara okulasi, okulasi, cara menanam srikaya
Pic/Okulasi (by:permathic)
Apabila anda menginginkan cara yang lebih praktis, maka belilah bibit dari kios-kios penjual bibit tanaman hasil cangkokan. Bibit hasil beli sebaiknya jangan dtanam langsung, diamkan bibit terlebih dahulu selama 1-2 minggu agar bibit dapat menyesuaikan dengan lingkungan baru yang akan menjadi area tanamnya. 

Menyiapkan Pot

Pot yang digunakan untuk menanam tanaman buah dalam pot sebaiknya ukurannya besar atau bisa menggunakan potongan drum bekas yang dipotong menjadi dua bagian. Setelah pot sudah siap, maka langkah selanjutnya adalah mengisi pot dengan campuran Tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 2 : 1 (2 untuk Tanah : 1 untuk pupuk kandang). jangan diisi sampai penuh, cukup sisakan sekitar 20cm dari bagian atas pot. Biarkan pot yang telah diisi Tanah dan pupuk kandang selama 1 minggu sebelum ditanami. 

Menanam Bibit Srikaya

Bibit yang telah disiapkan dapat ditanam ke pot yang telah diisi Tanah dan pupuk. Buatlah lubang di bagian tengah Tanah isian, buka pelastik polybag yang digunakan untuk menyemai (cangkok atau okulasi). Usahakan jangan sampai Tanah yang ada di bibit hancur, karena Tanah tersebut berfungsi sebagai bahan makanan awal sampai akar tanaman srikaya mulai menjulur dan beradaptasi. Setelah bibit dimasukkan ke lubang tanam, tutup lubang dengan menggunakan Tanah dan sedikit padatkan. Lakukan penyiaraman setelah penanaman dilakukan.

Bibit srikaya juga bisa langsung ditanam di tanah secara langsung seperti halaman rumah atau kebun dengan membuat lubang tanam berukuran 50cm x 50cm dengan kedalaman 40cm - 60cm yang diisi dengan pupuk kandang juga. 

Merawat Tanaman

Perawatan pada tanaman srikaya tidak begitu banyak, cukup melakukan pemupukan secara berkala 2 bulan sekali. Perawatan lainnya adalah pemangkasan, pengurangan cabang dan pemangkasan agar tanaman tidak terlalu tinggi. Selain itu juga pemangkasan berguna untuk mempercepat tanaman berbuah. 

Memanen Buah Srikaya

Pohon Srikaya yang ditanam dari biji biasanya akan menghasilkan buah pada umur tanaman sekitar 3 tahun, namun jika dari hasil cangkokan atau okulasi dan perawatan yang baik akan menghasilkan buah sekitar umur 1,5 tahun.

Buah yang matang akan lebih lunak saat dipencet, dan mengeluarkan bau yang harum. Untuk menghindari dari serangan kelelawar atau hewan pemakan buah lainnya sebaiknya gunakan jaring atau sungkup saat buah mendekati matang.

Itulah beberapa langkah untuk menanam srikaya dengan benar dalam pot, apapun cara yang yang anda pilih baik menanam srikaya dari biji ataupun menanam srikaya dari cangkok batang akan menghasilkan buah jika perawatan yang dilakukan juga benar. Namun jika anda menginginkan cara menanam srikaya agar cepat berbuah maka anda harus menggunakan bibit dari hasil cangkokan atau okulasi. Buah srikaya memiliki rasa yang manis seperti sirsak, dan kaya akan manfaat bagi kesehatan.

loading...

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BijiBersemi.Com

Blog, Updated at: 10:14 AM

0 komentar:

Post a Comment